7 Tips Membuat Perencanaan Keuangan Menjelang Lebaran

perencanaan keuangan

Jelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya orang akan melakukan pengeluaran lebih karena harus menyiapkan berbagai keperluan. Perencanaan keuangan dalam menyambut lebaran sangatlah penting agar isi dompet Anda tak terkuras habis. 

Atur keuangan Anda dengan baik dan teratur agar Anda bisa memantau dan mengalokasikan dana ke pos pengeluaran yang lebih penting. Bagi para pelaku UMKM, khususnya, Anda harus lebih teliti dalam membuat perencanaan keuangan. Simak tips merencanakan keuangan menjelang lebaran di bawah ini agar usaha Anda tetap lancar.

1. Buat perencanaan keuangan pribadi dan bisnis

Membuat rencana keuangan pribadi dan bisnis secara terpisah sangatlah penting bagi Anda para pegiat UMKM. Pisahkan catatan keuangan Anda agar dapat melakukan perhitungan dengan baik dan benar. Buat daftar kebutuhan prioritas yang membutuhkan perhatian khusus Anda. Catat dana pemasukan dan besaran uang yang akan dikeluarkan menjelang dan saat lebaran, misalnya biaya promosi hingga THR karyawan.

2. Pastikan kebutuhan terpenuhi

Saat Anda membuat daftar prioritas, pastikan kebutuhan Anda terpenuhi terlebih dahulu. Pada bulan puasa ini, bukan cuma nafsu makan dan minum yang harus dijaga, tapi juga keinginan atas hal-hal yang sebetulnya tak diperlukan.

Hindari mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidak urgent. Misalnya, jika Anda masih memiliki baju yang bagus dan layak pakai untuk merayakan lebaran, Anda tak perlu membeli yang baru. Bagi Anda pelaku UMKM, pastikan kebutuhan primer usaha Anda juga terpenuhi, misalnya biaya produksi dan promosi. 

3. Penuhi stok barang di awal

Seperti sudah disinggung sebelumnya, Anda perlu memperhatikan dan merencanakan biaya produksi. Ada baiknya, Anda menyediakan stok barang di awal sehingga Anda tak kewalahan jika barang habis di pertengahan bulan. Namun, jika hal itu terjadi pastikan Anda memiliki sisa biaya produksi yang bisa digunakan saat dibutuhkan. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk memiliki dana darurat yang bisa digunakan saat paling dibutuhkan.

4. Catat semua transaksi bisnis

Catatlah semua transaksi bisnis Anda. Melakukan pencatatan dengan baik akan berdampak baik pula bagi perencanaan keuangan Anda. Perhatikan dana masuk dan dana keluar agar Anda bisa mengontrol dan konsisten pada rencana awal Anda. Buatlah catatan secara berkala yang mencakup seluruh detail keuangan Anda. Pangkas dana yang tak perlu dan fokus pada sektor yang penting.

5. Jangan lupakan sedekah

Ramadan adalah bulan penuh berkah. Jadi, jangan lupa bersedekah untuk menambah pahala Anda. Dengan bersedekah, Anda juga bisa membantu lebih banyak orang yang membutuhkan, apalagi pada masa yang sulit ini. Sedekah juga merupakan wujud syukur atas kelancaran usaha Anda selama ini.

6. Siapkan bujet hari raya

Hal yang tak kalah penting dalam merencanakan keuangan jelang lebaran adalah menyiapkan dana untuk hari raya. Bagi Anda pelaku UMKM yang memiliki karyawan, pastikan Anda sudah menyisihkan dana untuk membayar THR pegawai Anda. Selain itu, jika Anda pribadi ingin melakukan perjalanan mudik saat lebaran, perhatikan keperluan apa saja yang membutuhkan biaya lebih, seperti biaya transportasi hingga oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat terdekat.

7. Jalankan perencanaan keuangan dengan komitmen teguh

Tips merencanakan keuangan terpenting lainnya adalah komitmen. Jika Anda pernah mendengar ungkapan ‘komitmen adalah kunci sukses’, itu benar adanya. Berkomitmenlah pada rencana keuangan yang sudah Anda buat di awal. Jangan mudah tergoda dengan  hal-hal yang tidak perlu dan tidak membawa keuntungan bagi UMKM Anda. 

Jika Anda tidak konsisten dalam mewujudkan perencanaan keuangan Anda, maka apa yang sudah Anda lakukan akan menjadi sia-sia. Namun, bila Anda bisa konsisten dan berkomitmen teguh, mengatur keuangan akan menjadi lebih mudah dan bisa menghindari Anda dari keborosan serta tagihan yang membengkak.


Untuk membantu perencanaan keuangan UMKM Anda, Modalku hadir sebagai platform pendanaan digital untuk UMKM di Indonesia. Dengan Modalku, Anda bisa menikmati fasilitas pinjaman dana tunai tanpa agunan. Dana tersebut bisa Anda gunakan untuk memperluas bisnis sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih jelang lebaran tahun ini. Syarat dan ketentuannya pun mudah, siapa pun yang memiliki UMKM bisa mengajukan pinjaman di Modalku. Informasi lebih lanjut mengenai fasilitas Modalku dapat Anda klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan