4 Bentuk Gotong Royong dalam Usaha Mikro

Usaha mikro merupakan sebuah kegiatan ekonomi berskala kecil yang dilakukan oleh masyarakat dan bersifat tradisional. Jenis usaha ini biasanya informal, belum terdaftar, tercatat, maupun berbadan hukum. Keuntungan yang dihasilkan usaha mikro pun tidak terlalu besar. Meskipun demikian, usaha mikro menghadirkan manfaat besar sehingga butuh gotong royong untuk memajukannya. Lantas, apa saja bentuk gotong royong dalam usaha mikro? Berikut informasi lengkapnya!

Semangat Membeli Produk Lokal

Gotong royong dalam usaha mikro bisa dilakukan baik oleh pihak pembeli maupun penjual. Bagi pembeli, gotong royong tersebut bisa dilakukan dengan cara menumbuhkan semangat membeli produk lokal. Indonesia pun saat ini tengah gencar melakukan kampanye untuk lebih mencintai produk-produk lokal. Menumbuhkan semangat membeli produk lokal tentu bukan tanpa alasan, ada banyak manfaat yang diberikan,  salah satunya meningkatkan pendapatan negara.

Langkah ini juga dapat memperluas lapangan pekerjaan, membantu industri penghasil produk tersebut memperluas lapangan pekerjaannya. Tidak ketinggalan meningkatnya kesejahteraan masyarakat mengingat semakin luasnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Kualitas produksi juga idealnya akan meningkat karena penjualan yang meningkat biasanya diiringi dengan peningkatan kualitas barang. Tidak ketinggalan pula munculnya rasa bangga terhadap produk lokal Indonesia.

Lihat juga: “Menemukan Makna Kebangkitan Nasional Melalui Usaha Mikro “

Layani Kebutuhan Pembeli Produk Terbaik

Semangat pembeli dalam menggunakan produk dalam negeri tentunya tidak bisa ditumbuhkan tanpa adanya kualitas. Oleh karena itu, penjual produk-produk lokal harus memenuhi kebutuhan pembeli akan produk terbaik. Menciptakan produk terbaik bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga menjamin daya tahan pakai produk yang ditawarkan.

Dukungan Pemerintah Sebagai Regulator

Berkembangnya usaha mikro secara maksimal bisa dicapai dengan lebih mudah apabila ada dukungan pemerintah sebagai regulator. Kabar baiknya, dukungan pemerintah terhadap pelaku usaha mikro terwujud dengan adanya penurunan tarif PPh Final UMKM menjadi 0,5%. Kebijakan tersebut diharapkan dapat menghadirkan peluang dari keuntungan yang diperoleh usaha mikro untuk melakukan ekspansi usaha.

Lebih lanjut: “Memaksimalkan Penggunaan Dana Kredit untuk Memajukan Usaha “

Permodalan Modalku

Untuk memberikan layanan yang lebih mudah, ringkas, cepat, dan tetap terpercaya, peer-to-peer (P2P) lending hadir yang menjadi jawaban atas kebutuhan pengguna layanan keuangan di ranah digital sekarang. P2P lending sendiri adalah wadah marketplace yang memberikan ruang bagi peminjam dan pemberi pinjaman saling bertemu secara online. Permodalan Modalku ini mewujudkan ciri gotong royong yang selama ini dijunjung tinggi oleh masyarakat Indonesia.

Apabila dibandingkan dengan instrumen investasi yang telah ada sebelumnya, P2P lending memiliki sejumlah keunggulan. Tidak hanya memiliki tujuan menghubungkan peminjam dan pemberi pinjaman, P2P lending juga mampu memberikan proses yang jauh lebih ringkas, mudah, efisien. Selain itu, P2P lending juga menyediakan jumlah dana yang bervariasi berkat sistem dan teknologi yang digunakannya.

Pemilik usaha mikro akan terbantu dengan pinjaman modal usaha. Sedangkan pemberi pinjaman mendapatkan return yang menarik. Semua pihak saling membantu dan saling menguntungkan. Ini membuktikan bahwa Modalku merupakan alternatif investasi yang mampu memajukan ekonomi Indonesia.


Apakah Anda tertarik mengembangkan usaha mikro Anda bersama Modalku? Tak hanya membantu usaha mikro, return yang menarik juga bisa Anda dapatkan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply