Memaksimalkan Penggunaan Dana Kredit untuk Memajukan Usaha

Pada umumnya, jumlah dana yang diperlukan setiap pebisnis untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya tidaklah sedikit. Selain itu, modal usaha yang dimiliki juga harus terus diputar agar menghasilkan keuntungan maksimal. Tak jarang banyak pebisnis yang justru terhambat akibat kehabisan modal usaha. Beruntung saat ini ada beragam jenis kredit usaha rakyat yang tersedia dan diawasi secara langsung oleh pemerintah.

Dengan kredit tersebut, para pengusaha dapat membuka atau mengembangkan usaha, membeli bahan baku, membiayai proses distribusi, dan pemeliharaan alat produksi. Namun, diperlukan cara yang jitu untuk memaksimalkan dana kredit yang didapatkan agar usaha terus maju. Lantas, bagaimana caranya?

Pisahkan Uang Pinjaman dan Uang Pribadi

Untuk memaksimalkan kredit usaha, Anda sudah harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Pastikan untuk selalu memisahkan antara uang pinjaman dan uang pribadi agar tidak bercampur. Hal ini perlu dilakukan agar Anda lebih mudah mengontrol jumlah pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya. Sebaliknya, ketika keuangan bercampur aduk, maka Anda akan semakin sulit mengelola dan memaksimalkan kredit usaha yang sudah diberikan debitur.

Lebih lanjut: “Cara Praktis Mengelola Utang Agar Tidak Menjerat Bisnis Anda”

Buat Skala Prioritas

Mendapatkan kredit usaha tentu menjadi kabar yang menyenangkan, terlebih jika bisnis Anda sudah terlalu lama stuck di satu titik. Namun, bukan berarti Anda bisa bebas membeli apa saja dengan uang pinjaman tersebut. Daripada menghabiskannya untuk hal-hal yang kurang diperlukan, mulailah untuk menyusun skala prioritas atas kebutuhan bisnis yang ingin dipenuhi.

Melalui skala prioritas tersebut, Anda bisa lebih memaksimalkan kredit usaha untuk keperluan ekspansi bisnis. Selain itu, daftar prioritas Anda akan meminimalisir kemungkinan adanya kebutuhan bisnis yang terlewatkan. Dengan begitu, jalannya usaha Anda akan semakin terarah dan keuangan dapat diatur dengan lebih baik.

Investasikan Hasil Keuntungan

Apabila kredit usaha sudah dipakai dan berhasil memberikan keuntungan untuk Anda, sebaiknya sisihkan sebagian keuntungan untuk investasi. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan investasi adalah dengan membelanjakan keuntungan tadi untuk alat produksi atau menambah jumlah karyawan agar usaha Anda nantinya dapat berkembang semakin luas. Tanpa disadari, kredit usaha yang diterima justru akan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda untuk Anda!

Selalu Bayar Angsuran Tepat Waktu

Setelah memanfaatkan kredit usaha, pastikan Anda selalu menyiapkan dana yang akan digunakan untuk membayar angsuran. Jangan lupa untuk menyisihkan setiap pemasukan untuk membayar angsuran setiap bulannya. Jika tidak, maka Anda akan kesulitan untuk membayar angsuran tepat waktu dan bunga pinjaman akan terus membengkak. Hal itu akan membuat jumlah uang yang harus dibayarkan menjadi jauh lebih besar.


Itulah tadi cara-cara efektif yang dapat memudahkan Anda dalam memaksimalkan kredit usaha yang diperoleh. Tertarik mengajukan kredit untuk modal usaha? Percayakan saja pada layanan peer-to-peer lending berbasis online dari Modalku. Pinjaman Modalku merupakan pinjaman dana cepat untuk kebutuhan modal usaha hingga Rp 2 miliar.

Pinjaman modal usaha cepat tanpa agunan dari Modalku juga terdaftar dan diawasi secara langsung oleh pemerintah Indonesia melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kredit usaha Anda jelas lebih aman dan menguntungkan. Tunggu apa lagi? Tingkatkan bisnis Anda sekarang juga!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply