6 Trik Jitu Menambah Modal Bisnis yang Kian Berkembang

Ketika ingin merintis bisnis, banyak hal yang harus dipersiapkan. Terkadang, Anda sudah memiliki ide dan business plan yang tersusun rapi, namun bisnis tetap saja tak kunjung bisa direalisasikan karena ketiadaan modal materi. Memang ada beberapa bisnis yang membutuhkan modal yang minim. Namun tak bisa dipungkiri untuk beberapa usaha, modal bisnis menempati urutan pertama yang harus dipersiapkan, meskipun bisnis yang dijalankan merupakan usaha skala kecil.

Jika tak memiliki modal cukup, tak perlu khawatir dan jangan langsung berkecil hati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suntikan dana dalam modal bisnis, termasuk modal tambahan untuk mengembangkan bisnis yang sudah berjalan. Berikut ini beberapa trik jitu menambah modal bisnis yang kian berkembang.

Gandeng Partner Bisnis Baru

Untuk mendapatkan modal bisnis, gandenglah partner yang bisa diajak bekerja sama. Cobalah terlebih dahulu mengajak kerabat atau teman untuk menjadi partner bisnis yang akan dijalankan atau sudah dijalankan ini. Dengan mengajak partner baru, maka selain diuntungkan dengan tambahan modal, partner bisnis juga akan membantu Anda dalam mengurangi serta berbagi risiko bisnis.

Kerugian akan dibagi sesuai dengan jumlah modal yang disetor atau berdasarkan kesepakatan lainnya. Bisnis yang dijalankan bersama juga memiliki manfaat untuk membantu Anda lebih konsisten dalam menjalankan bisnis. Tentunya karena ada fungsi saling mengawasi, baik dalam urusan operasional maupun pengelolaan keuangan.

Jual Aset Bisnis

Menjual aset adalah langkah alternatif untuk mendapatkan modal bisnis. Anda bisa menjual aset yang memang tidak terlalu dibutuhkan sekarang, seperti kendaraan, properti, perhiasan, dan sebagainya.

Namun, jangan sembarangan menjual aset, jual aset yang bukan pendukung utama operasional bisnis. Lepaslah aset setelah memperhitungkan untung-rugi. Jangan sampai menjual rugi aset jauh di bawah harga pasaran hanya karena terdesak dan membutuhkan uang secepat mungkin. Menjual aset sendiri sebenarnya sama dengan menggunakan tabungan. Seperti ketika membeli aset properti berupa tanah, yang kemudian bisa dijual setiap saat ketika membutuhkan dana.

Lakukan Crowdfunding

Crowdfunding merupakan aktivitas penggalangan dana untuk mendanai proyek tertentu, biasanya berupa kegiatan amal atau non-profit guna membangun usaha bersama-sama. Saat ini, sudah banyak sekali platform di internet yang menyediakan jasa crowdfunding yang menghubungkan pebisnis yang membutuhkan suntikan dana dengan mereka yang memiliki keinginan untuk memberikan dana sebagai alternatif investasi.

Investor yang ikut iuran menyumbang dana dalam crowdfunding akan mendapatkan imbalan berupa reward sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat, atau berdasarkan keuntungan yang telah disepakati.

Lebih lanjut: Tips Mendapatkan Dana Crowdfunding

Ganti Sistem Pembayaran Jadi Pre-order

Bagi pemilik usaha dengan modal cekak, penggunaan metode pembayaran pre-order adalah jalan keluarnya. Pembayaran pre-order ini semakin banyak diminati, yakni di mana proses pengiriman barang baru bisa dilakukan setelah sebelumnya konsumen melakukan order.

Pre-order tak hanya berlaku untuk bisnis sektor perdagangan, namun juga untuk usaha pembuat barang dan jasa. Secara garis besar, pekerjaan baru bisa dilakukan setelah ada komitmen pemesanan. Strategi ini jelas mampu menekan modal yang keluar lantaran pebisnis tak perlu mengeluarkan uang untuk menyetok barang. Pesanan baru bisa dibeli atau dibuat setelah ada konsumen yang berminat.

Cari Angel Investor

Angel investor atau investor malaikat adalah pihak yang melakukan suntikan dana kepada perusahaan-perusahaan baru atau rintisan yang masih dalam tahap awal pengembangan bisnis, bahkan saat perusahaan masih belum menghasilkan keuntungan.

Para angel investor biasanya menghendaki keuntungan setelah perusahaan mulai mencetak profit. Investasi berupa modal bisnis yang dikeluarkan akan dikonversi menjadi kepemilikan saham. Tak hanya suntikan dana saja, angel investor juga biasanya akan membantu dalam pengembangan produk dan manajemen. Mereka biasanya hanya akan mendanai perusahaan yang memiliki prospek bagus di masa depan.

Ajukan Pinjaman Modal

Pinjaman adalah salah satu alternatif yang paling sering digunakan untuk mendapatkan modal bisnis. Selain kredit dari perbankan, beberapa lembaga keuangan non-bank juga menyediakan bantuan pinjaman modal. Salah satunya yakni platform Modalku, platform peer-to-peer lending yang menyediakan modal bisnis bagi pelaku usaha UMKM dengan persyaratan sangat mudah.

Lihat juga: 4 Manfaat Memiliki Pinjaman Modal Usaha Bagi Pemilik Bisnis Online

Sudah ribuan pengusaha berhasil mengembangkan bisnis dengan pinjaman usaha di Modalku, lho. Modalku juga tidak mewajibkan pelaku usaha menyerahkan agunan. Pinjaman modal usaha disediakan hingga Rp500 juta dengan tenor sampai 12 bulan, tentunya dengan bunga terjangkau. Tunggu apa lagi, klik di bawah untuk cari tahu selengkapnya!

Cek di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply