Melakukan proses pemasaran produk kini tak hanya dapat dilakukan secara langsung di dunia nyata. Tak dapat dipungkiri bahwa media sosial juga telah menjadi tempat yang baik untuk pemasaran. Kita tahu bahwa jumlah pengguna media sosial Indonesia tidak sedikit sehingga melakukan pemasaran melalui media sosial dapat mendongkrak keuntungan bisnis Anda, baik melalui iklan maupun posting-an yang berupa promosi. Namun tentu saja, hal itu tergantung pada bagaimana Anda memanfaatkannya. Berikut lima panduan cara memanfaatkan media sosial yang bisa Anda coba.

Jangan Hanya Menge-Tag Produk

Biasanya para pelaku bisnis menge-tag para follower-nya ke foto produk baru mereka. Tak hanya itu, terkadang mereka juga mem-posting promo dan hal lain seputar promosi dan iklan. Nah, hal-hal seperti ini bisa membuat follower Anda bosan. Lebih baik, Anda tidak terlalu memfokuskan penggunaan media sosial untuk penjualan. Berikan juga tips, motivasi, atau hal bermanfaat lainnya yang tidak bersifat komersial. Ini adalah cara lain mengambil hati pelanggan di media sosial.

Penggunaan Video

Saat ini sudah mulai banyak penjual yang membagikan review produk berupa video di media sosial. Review produk berupa teks dianggap terlalu monoton dan akan kurang efektif untuk menarik minat pelanggan Anda yang kurang suka membaca. Akibatnya, posting-an Anda akan terlewat begitu saja di newsfeed-nya. Buatlah konten video menarik yang berisi penjelasan mengenai produk baru Anda. Jika tidak memungkinkan, mulailah dengan mem-posting gambar. Tapi ingat, harus yang menarik ya!

Bekerja Sama dengan Public Figure

Suatu produk cenderung dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat jika produk tersebut pernah dipakai oleh artis, blogger terkenal, atau public figure lainnya. Dengan begitu, masyarakat akan percaya bahwa produk tersebut memang pantas untuk dibeli. Mintalah public figure tersebut me-review produk Anda, bisa berupa teks atau video (lebih baik). Jika berupa teks, sebaiknya sisipkan link untuk mengarah ke situs tepat review tersebut di-post. Hindari menge-post review teks secara langsung di media sosial karena akan terlihat sangat banyak dan membuat orang malas untuk membacanya.

Buat Media Sosial yang Interaktif

Bagi pelaku bisnis UKM yang masih pemula, membangun ikatan dengan pelanggan adalah hal yang penting. Anda bisa melakukannya sambil memasarkan produk. Berusahalah untuk menanggapi pertanyaan pelanggan dan pastikan akun media sosial Anda bersifat interaktif. Jangan hanya menge-post lalu mengabaikan komentar dan pertanyaan pelanggan. Membangun ikatan dengan pelanggan sambil melakukan pemasaran melalui media bisa Anda lakukan tanpa modal usaha, bukan?

Jangan Hanya Fokus ke Media Sosial

Jadikan media sosial sebagai ajang untuk menjaring para konsumen. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat akun media sosial yang menarik. Namun, jangan cantumkan semua info melalui media sosial ini. Buatlah situs usaha atau blog yang berisi ulasan mengenai bisnis Anda secara lebih lengkap. Jangan lupa selalu menyertakan tautan situs tersebut di posting-an media sosial Anda untuk membawa pelanggan menuju situs Anda. Dengan begitu, pelanggan bisa mengenal perusahaan Anda lebih jauh.

Memanfaatkan media sosial sebagai lahan pengembangan usaha sebaiknya tidak dilakukan begitu saja. Perhatikan lima hal di atas untuk membantu bisnis UKM Anda lebih dikenal masyarakat luas.