Di periode awal membangun bisnis, salah satu kendala besar yang dihadapi pengusaha selain kurangnya modal adalah sulitnya mencari partner. Keberadaan partner memang sering dianggap remeh oleh beberapa orang, karena mereka mengganggap semuanya bisa dikerjakan sendiri. Lambat laut, membangun bisnis menjadi terasa sulit. Padahal dengan delegasi pekerjaan, membangun bisnis menjadi lebih ringan. Jika Anda kurang kuat soal keuangan, Anda tidak perlu menghabiskan waktu belajar keuangan. Cukup temukan partner yang ahli keuangan, masalah Anda selesai.

Tidak hanya partner, sekedar koneksi juga akan membantu Anda dalam membangun bisnis. Koneksi bisnis dapat meningkatkan penjualan, dan walaupun lebih jarang, ada kalanya koneksi bisnis pun dapat berubah menjadi partner. Simak tips berikut ya.

Datang ke acara yang berhubungan dengan bisnis Anda

Ketika membangun sebuah bisnis, jangan sampai Anda mengkotak-kotakkan diri dan menganggap diri Anda spesial. Usahakan ketika ada acara yang berhubungan dengan bisnis Anda, Anda datang dan membaur dengan yang lain. Acara komunitas, baik yang dihadiri ratusan atau hanya belasan orang akan sangat membantu Anda mendapatkan koneksi bisnis. Entah koneksi tersebut sekedar kenalan, namun dapat juga berakhir menjadi partner bisnis Anda.

Ikut komunitas

Cara berikutnya adalah ikut dan aktif dalam komunitas. Sesuaikan komunitas yang Anda pilih dengan bidang bisnis Anda. Bila bisnis Anda di bidang kuliner, Anda bisa ikut komunitas kuliner. Apakah Anda harus ikut komunitas yang sejenis? Tidak juga, Anda juga dapat ikut komunitas lain yang tidak sejenis, tetapi sesuai dengan minat Anda. Yang penting adalah mencari koneksi bisnis yang dapat membantu Anda suatu hari.

Membangun komunikasi dengan pelanggan

Apakah setiap pelanggan Anda adalah koneksi bisnis? Tidak selalu. Koneksi bisnis adalah orang yang akan membantu Anda nantinya di dalam bidang bisnis. Nah, karena Anda tidak tahu latar belakang setiap pelanggan Anda, alangkah baiknya Anda membangun komunikasi yang baik dengan setiap pelanggan Anda. Selain membangun kepercayaan di mata pembeli Anda, siapa tahu pembeli Anda suatu hari dapat membantu bisnis Anda.

Pelanggan yang puas juga dapat menjadi koneksi bisnis yang meningkatkan volume penjualan Anda. Mereka dapat menjadi alat word of mouth yang menceritakan keunggulan produk bisnis Anda kepada rekan mereka sehingga Anda memiliki pelanggan-pelanggan baru.

Manfaatkan media sosial

Untuk mempromosi bisnis kecil, media sosial adalah tempat yang paling mudah (bahkan gratis) untuk melakukan promosi dan juga membangun koneksi bisnis. Ketika Anda sudah menjalankan bisnis, Anda akan melihat beberapa followers yang rajin melakukan engagement terhadap bisnis Anda. Sama seperti poin sebelumnya, Anda harus bisa menjalin komunikasi dengan pelanggan Anda, baik secara langsung ataupun melalui media sosial.


Semakin banyak koneksi bisnis yang Anda punya, semakin banyak kesempatan yang Anda miliki. Kesempatan apa maksudnya? Mulai dari promosi gratis, meningkatkan penjualan, juga mendapatkan rekan bisnis, semua dibantu koneksi bisnis. Jadi luaskan jaringan bisnis untuk perkembangan usaha Anda!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.