Sudah tidak diragukan lagi bahwa sosial media telah menjadi bagian dari hidup masyarakat Indonesia. Sosial media (sosmed) pun sangat berperan dalam pemasaran UKM. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, beberapa platform sosial media serta penggunanya bertambah dari tahun ke tahun. Kondisi ini semakin mempermudah proses penjualan produk UKM Anda ke calon pelanggan. Berikut beberapa platform sosial media terbaik yang bisa Anda manfaatkan.

Facebook

Dengan total pengguna sebanyak 1,6 miliar pada tahun 2016, Facebook adalah platform sosial media terbesar di dunia. Dengan pengguna dari seluruh penjuru dunia, Facebook merupakan media yang sangat efektif untuk memasarkan produk bisnis UKM, baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Tidak hanya itu, Facebook juga menawarkan harga iklan untuk bisnis yang lebih terjangkau.

Twitter

Dikenal sebagai platform penyebar segala sesuatu yang viral di seluruh dunia, Twitter mempermudah Anda melakukan promosi acara, promo produk, dan memberikan informasi cepat tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan produk Anda. Fitur hashtag yang populer di Twitter juga memudahkan calon pelanggan untuk mencari produk Anda.

LinkedIn

LinkedIn memang populer sebagai CV online bagi para individu dan kelompok profesional. Namun LinkedIn juga banyak digunakan untuk memasarkan produk. Dari data yang dilansir dari Jarvis-store.com, penggunaan LinkedIn di dunia marketing telah mencapai 70% dari total keseluruhan penggunanya. Melalui platform LinkedIn, Anda akan menemukan konsep, peluang bisnis, hingga lowongan pekerjaan yang sangat menarik. Di LinkedIn, Anda juga dapat mengatur seperti apa profil yang Anda inginkan serta menyesuaikan cara promosi.

Instagram

Dengan 150 juta pengguna aktif per bulan, Instagram menjadi platform sosial media untuk marketing yang tidak diragukan. Lewat Instagram, pengguna dapat saling membagikan foto atau video dengan pengguna lain melalui perangkat atau gadget yang dimilikinya. Karena itulah Instagram telah menjadi senjata promosi paling ampuh untuk para pemilik online shop. Mirip dengan Twitter, Anda juga dapat menyematkan hashtag pada foto produk Anda, sehingga pengguna mudah mencari produk Anda.

Youtube

Platform sosial media berbasis video streaming Youtube kini telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Dengan volume pengguna yang besar, Youtube menjadi sarana promosi yang ideal bila digunakan secara optimal. Bila Anda benar-benar ingin memaksimalkan akun Youtube Anda, pastikan Anda telah mengoptimalkan kualitas video Anda agar dapat menarik perhatian pengguna Youtube. Jangan lupa gunakan kata kunci yang dapat mempermudah penjualan Anda. Usahakan tidak upload video yang terlalu panjang. Tambahkan pula URL perusahaan Anda dan hubungkan dengan akun sosial media perusahaan Anda lainnya ke saluran Youtube bisnis Anda.

Itulah beberapa platform sosial media yang dapat Anda manfaatkan untuk melebarkan eksistensi produk dari bisnis UKM Anda. Pastikan Anda telah menggunakan sosial media tersebut dengan bijak, jangan biarkan akun sosial media tersebut tidur. Perbaharui terus akun-akun tersebut setidaknya setiap minggu. Konsistensi adalah kunci pemasaran bisnis secara digital.

Untuk tambahan tips menggunakan sosial media untuk mendongkrak UKM dan bisnis, bacalah “5 Panduan Media Sosial bagi UKM”.