Pernah merasa bahwa bisnis Anda tidak berkembang setelah berjalan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun? Tenang! Anda tidak sendirian karena itu adalah permasalahan yang sangat umum terjadi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan bisnis Anda berhenti, mulai dari modal, kreativitas, promosi kurang sampai Anda sudah merasa puas. Padahal bisnis yang baik akan terus mengalami perkembangan walaupun hanya sedikit.

Jika Anda sudah merasa sudah maksimal dan melakukan segala cara dalam usaha mengembangkan bisnis, itu berarti Anda sudah saatnya mencari inspirasi yang pas. Sekarang kita akan mencoba memberikan Anda sedikit inspirasi, bagaimana taktik mendongkrak pertumbuhan bisnis berikut ini.

Perluas bisnis Anda

Taktik pertama adalah perluas bisnis Anda. Definisi perluas bisnis Anda ini adalah mengembangkan atau meningkatkan startegi bisnis yang sudah ada. Jika sebelumnya strategi bisnis Anda termasuk sangat sederhana, sekarang coba buat yang lebih kompleks. Misalnya tambahkan bagaimana kualitas dan harga dari produk kompetitor, lalu bagaimana harga vendor di tempat lain dan bagaimana strategi promosi Anda sekarang. Dari situ Anda bisa melihat apakah ada yang salah dengan strategi lama Anda. Lalu dengan strategi baru ini, Anda bisa mulai memperlebar pasar dan jangkauan bisnis Anda.

Tingkatkan kualitas dan layanan produk

Selanjutnya adalah tingkatkan kualitas dan layanan produk. Cara yang paling ampuh untuk memulai taktik ini adalah dengan lebih dekat pelanggan. Cari beberapa pelanggan yang paling setia, dan berikan beberapa pertanyaan seputar produk dan layanan Anda. Pelanggan paling setia ini akan memberikan jawaban paling jujur yang nantinya akan menjadi masukan penting bagi Anda. Setelah mendapatkan hasil survey, langsung ubah kualitas dan layanan dari produk Anda tersebut sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Tingkatkan loyalitas konsumen

Bagi usaha kecil, loyalitas konsumen akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis. Anda tidak perlu mendapatkan jumlah pelanggan yang sangat tinggi, tetapi Anda harus berusaha mendapatkan kesetiaan pelanggan yang ada. Para pelanggan Anda yang setia ini dapat menjadi alat marketing bagi Anda. Mereka akan secara natural mempromosikan produk Anda ke circle mereka sendiri. Jadi mulai sekarang Anda harus memperbaiki bagaimana pelayanan kepada pelanggan Anda. Mendapatkan kepercayaan para pelanggan harus menjadi prioritas pertama Anda dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Masuk ke ranah online

Taktik terakhir ini akan berhubungan dengan taktik pertama, yaitu perluas bisnis Anda. Ranah online adalah suatu potensi bisnis yang harus Anda coba. Pertama karena pengeluaran tidak akan sebanyak Anda membuka cabang baru dan kedua adalah hampir semua cara promosi di ranah online ini gratis. Membuat media sosial seperti Facebok, Twitter dan Instagram juga gratis. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan banyak uang ketika memperluas pasar ke ranah online.

Itulah beberapa taktik yang bisa Anda lakukan untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis. Selain itu Anda bisa membuat target dan selalu me-review apakah target tersebut tercapai atau tidak. Dengan adanya target, tujuan berbisnis Anda akan terlihat dan terpantau.