Tak seperti beberapa tahun lalu, kini belanja secara online semakin banyak diminati. Hal ini selain didukung oleh banyaknya pengguna smartphone dan mudahnya akses internet, juga didorong praktisnya belanja secara online. Tak harus mengunjungi toko fisik dan melakukan pembayaran, belanja dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Oleh sebab itulah pengusaha UKM juga tidak boleh kalah. Pelaku UKM harus mengikuti perkembangan teknologi untuk bisa mengoptimalkan bisnisnya melalui dunia digital. Berikut lima cara agar UKM Anda lebih digital.

Beriklan di Media Sosial

Media sosial seperti Facebook dan Instagram cukup banyak penggunanya, sehingga memasang iklan produk dan jasa Anda di dua media sosial ini bisa membantu pemasaran secara efektif. Namun ingat, selain membuat tampilan iklan yang menarik, Anda juga harus memperhatikan kata kunci yang banyak dicari. Sesuaikanlah kata kunci tersebut dengan bisnis UKM Anda.

Membuat Tampilan Situs yang Menarik

Pastikan Anda membuat situs bisnis dengan user interface yang menarik. Setiap orang yang mengeklik iklan akan diarahkan pada landing page (biasanya di website Anda). Karena itu, Anda wajib membuat landing page sebagus mungkin. Jangan sampai iklan yang sudah Anda buat bagus dan menarik klik pelanggan akhirnya mengecewakan juga karena ketika pelanggan diarahkan ke landing page ia melihat tampilan yang membosankan. Akhirnya, ia akan meninggalkan situs Anda begitu saja. Ini akan berpotensi menurunkan jumlah pelanggan. Jika perlu, lengkapi landing page Anda dengan video yang menarik terkait produk dan jasa yang Anda jual.

Memakai Provider Email yang Meyakinkan

Belilah domain khusus untuk alamat situs Anda. Memang hal ini memerlukan modal usaha, tetapi percayalah bahwa hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Email akan menjadi salah satu media bagi Anda untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis maupun dengan pelanggan. Oleh sebab itu, memberikan alamat email dengan domain sesuai situs Anda akan meningkatkan profesionalitas Anda sebagai pelaku UKM.

Situs yang Mobile Friendly

Karena orang yang melakukan belanja secara online tak hanya melalui desktop namun juga mobile device, maka Anda perlu membuat tampilan yang mobile-friendly untuk situs Anda. Tak hanya tampilan, situs yang Anda buat harus bersifat responsif ketika diakses melalui mobile device. Jika tampilan kurang oke dan isi situs lama dimuat melalui smartphone, pelanggan akan merasa enggan membeli di situs Anda.

Update Info di Situs Secara Berkala

Anda sudah membuat situs mengenai bisnis, tapi jangan berhenti sampai di sini. Sesibuk apapun Anda dalam menjalankan bisnis, sempatkan waktu untuk meng-update info di situs Anda. Situs yang upto-date akan membuat pelanggan kembali mengunjunginya di lain waktu dan tak menutup kemungkinan ia akan menyarankan situs Anda sebagai referensi untuk orang lain. Semakin banyak orang berkunjung di situs Anda, maka produk UKM Anda juga akan lebih dikenal luas secara digital, bukan?

Untuk membuat UKM Anda dikenal secara digital, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Penting bagi Anda untuk melihat bagaimana perilaku konsumen. Dengan memahami perilaku konsumen, Anda bisa membuat konten digital serta iklan yang tepat sasaran.