Jangan dikira modal membangun usaha adalah uang saja. Memiliki banyak uang memang akan memudahkan Anda, tetapi ada hal lain yang juga tak kalah penting, yaitu skill. Tak sedikit pelaku bisnis pemula yang terpaksa harus menutup usahanya karena kurang memiliki skill bisnis. Berikut adalah lima skill yang wajib Anda miliki jika ingin menjadi seorang pengusaha sukses.

Kepemimpinan

Skill utama yang harus Anda miliki adalah kepemimpinan. Dalam menjalankan usaha, Anda tentunya tidak sendiri, bukan? Mungkin pada awalnya Anda sendiri, tapi seiring berkembangnya bisnis UKM yang Anda kelola, dua hingga tiga orang akan Anda perlukan untuk membantu Anda. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu menggerakkan staff Anda sekaligus memberi mereka motivasi untuk memajukan bisnis Anda. Anda bisa mempelajari skill ini secara otodidak dengan membaca buku maupun ikut pelatihan-pelatihan leadership. Tanpa skill kepemimpinan yang baik,  Anda akan kesulitan mengayomi bawahan Anda.

Manajemen

Setelah berhasil memimpin para bawahan Anda, tugas Anda selanjutnya adalah mengatur dan mengelola. Anda harus mampu mengalokasikan sumber daya yang ada untuk kemajuan bisnis UKM Anda. Sumber daya Anda bukan hanya manusia sebagai karyawan, tetapi juga pinjaman modal usaha, ketersediaan barang mentah untuk produksi Anda, serta yang tak kalah penting, waktu. Tanpa kemampuan manajemen waktu yang baik, akan sulit bagi Anda untuk mengatur jadwal keseharian. Apalagi bila Anda seorang karyawan atau ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan lain selain mengelola bisnis. Ketangkasan Anda dalam mengelola waktu adalah kunci agar bisnis Anda tetap dapat berjalan.

Komunikasi

Dalam berbisnis, Anda tentunya akan berhubungan dengan banyak orang, bukan? Entah itu dengan karyawan, supplier, bahkan pelanggan. Memang tidak semua orang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga bila Anda kurang memiliki bakat alami, Anda harus banyak belajar. Kurangnya komunikasi yang baik dengan karyawan juga bisa menimbulkan kesalahpahaman dalam berbisnis. Begitu pula komunikasi dengan pelanggan. Menjalin interaksi yang baik dengan pelanggan dapat membuat mereka betah membeli produk atau layanan Anda. Ingat, pelanggan yang setia dapat memberi Anda keuntungan bertahun-tahun. Mereka juga dapat merekomendasikan produk Anda ke pelanggan baru, sehingga Anda mendapatkan sumber penghasilan baru.

Persuasi

Jika Anda seorang pebisnis pemula, mau tidak mau Anda sendiri yang harus melakukan pemasaran, kecuali Anda memiliki cukup keuntungan untuk menggaji jasa marketing. Berjalan atau tidaknya bisnis Anda bergantung pada keuntungan yang Anda dapatkan. Keuntungan hanya dapat Anda peroleh jika Anda berhasil melakukan penjualan. Untuk itu, Anda harus memiliki kemampuan untuk menjual produk. Hal ini berkaitan dengan skill komunikasi yang Anda miliki. Semakin baik skill komunikasi dan persuasi Anda, maka akan semakin mudah Anda melakukan pemasaran, baik secara online maupun oflfine.

Akuntansi

Skill terakhir yang satu ini juga tak kalah penting. Apa jadinya jika Anda kurang cekatan dalam mengelola modal usaha yang telah susah payah Anda dapatkan? Apa yang akan terjadi jika Anda tidak rajin mencatat pengeluaran dan pemasukan bisnis UKM Anda? Sebagai seorang pengusaha, Anda wajib memiliki kemampuan akuntansi dasar untuk menghitung arus kas bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa tahu perusahaan Anda sedang mengalami untung atau rugi. Tak peduli sekecil apapun skala bisnis UKM Anda, jangan sepelekan skill akuntansi ini.

Kelima skill tersebut harus ada pada Anda jika ingin menjadi pengusaha. Kurang satu saja skill di atas bisa mengganggu keseimbangan Anda dalam berbisnis. Skill tersebut tentu saja tidak bisa Anda dapatkan secara instan, tapi memerlukan waktu untuk membuatnya terasah dan semakin baik.