Mencari klien baru sangat penting untuk melebarkan sayap Anda di dunia bisnis. Tanpa pelanggan baru, bisnis Anda lebih sulit berkembang. Tapi bagaimana bila budget yang Anda miliki untuk melebarkan koneksi tidak besar? Masih ada cara lain untuk menambah klien. Simak lima tips berikut!

Bergabung dengan Komunitas Tertentu

Cara pertama untuk mendapatkan klien baru adalah dengan bergabung di komunitas tertentu. Pastikan komunitas yang Anda masuki berkaitan dengan produk dan jasa yang Anda jual. Di sini Anda bisa mempromosikan kelebihan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Selanjutnya, orang-orang di komunitas dapat Anda jadikan sebagai testimoni produk Anda untuk memperoleh klien baru.

Berkolaborasi

Agar produk tidak monoton, cobalah untuk berkolaborasi dengan perusahaan atau orang lain. Dengan menghasilkan produk baru hasil partnership, Anda berkesempatan mendapatkan klien baru yang sebelumnya tidak tertarik dengan produk atau bisnis Anda. Berkolaborasi juga menjadi peluang usaha baru karena dari situ Anda bisa mengembangkan ide-ide secara lebih luas lagi.

Memanfaatkan Media Sosial

Usaha yang satu ini tidak memerlukan modal usaha berlebihan karena Anda bisa membuat akun media sosial secara gratis. Gunakan akun-akun tersebut untuk menge-post promosi tentang produk dan jasa Anda. Lain cerita jika Anda ingin memasang iklan di Facebook. Cara yang satu ini memang memerlukan dana, tapi tidak seberapa banyak hingga Anda harus mencari pinjaman dana. Memasang iklan di sosial media dinilai efektif karena lebih berpotensi terlihat oleh para pengguna media sosial. Seperti yang kita tahu, pengguna media sosial semakin hari semakin banyak jumlahnya, bukan?

Buat InfografikĀ 

Saat ini, menyajikan produk melalui artikel saja sudah mulai kurang diminati. Orang lebih tertarik dengan penyajian informasi berupa gambar atau video. Ini disebut infografik. Review, tawaran, atau iklan produk atau jasa yang dikemas dalam bentuk video dan gambar dinilai lebih menarik ketimbang kumpulan teks artikel yang monoton. Untuk gambar, Anda hanya perlu memiliki editing skill yang bagus untuk menyampaikan maksud gambar Anda, sedangkan untuk pembuatan video Anda perlu merogoh kocek untuk pembelian alatnya.

Membuat Website yang Menarik

Membuat infografik dan memasarkan produk Anda melalui media sosial saja saja tidak cukup. Untuk menunjukkan profesionalitas perusahaan Anda, buatlah situs khusus. Usahakan tampilannya semenarik mungkin sehingga orang yang mengunjungi situs Anda bisa tertarik untuk membeli produk atau jasa yang Anda jual. Jika perlu, minta jasa seorang web designer untuk hal ini.

Dari beberapa cara di atas, dapat kita simpulkan bahwa untuk memperoleh klien baru tak harus memiliki modal usaha tambahan, karena hal tersebut bisa dilakukan dengan cara-cara yang cukup terjangkau.