Pengertian Traditional Marketing dan Keunggulannya

traditional marketing

Traditional marketing adalah suatu teknik pemasaran yang dilakukan secara konvensional. Teknik marketing ini sudah dilakukan sejak lama dan tetap terlihat relevan hingga saat ini. Itulah mengapa walaupun sudah muncul digital marketing, teknik traditional marketing tetap dijalankan. Sebenarnya apa pengertian secara lebih mendalam dari teknik pemasaran ini? Apa saja keunggulannya? Anda bisa memahami informasi selengkapnya di bawah ini bersama Modalku.

Pengertian Traditional Marketing

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, traditional marketing merupakan teknik pemasaran yang masih menggunakan cara-cara konvensional, atau bisa disebut sebagai non digital. Jika ditanya apa saja media pemasaran traditional marketing, kira-kira apa yang ada di pikiran Anda? Benar sekali, jawabannya seperti pemasangan iklan di majalah, radio, TV, hingga papan reklame. Penggunaan brosur dan poster untuk pemasaran juga termasuk ke dalam teknik marketing ini.

Selain itu, traditional marketing juga dapat diartikan sebagai suatu momen di mana orang mampu menemukan bisnis karena diberikan referensi oleh pihak lain. Jadi walaupun tetap menggunakan media teknologi konvensional, pemasaran dari mulut ke mulut tetap masuk ke dalam traditional marketing. 

Keunggulan Traditional Marketing

Perkembangan zaman dan teknologi memberikan pilihan pemasaran secara digital yang disebut sebagai digital marketing. Mungkin Anda sendiri sudah pernah mendengar teknik pemasaran ini, atau bahkan telah menerapkannya pula dalam bisnis. 

Digital marketing yang sedang naik daun dan terus berkembang dalam beberapa tahun ini memanfaatkan media elektronik. Contohnya seperti Google Ads, website, hingga e-book. Perkembangan digital marketing tidak bisa lepas dari pemerataan akses internet di berbagai daerah. Bisnis sadar bahwa semakin meningkatnya pengguna internet sama dengan meningkatnya jumlah konsumen potensial. Inilah mengapa banyak bisnis yang mulai beralih dari traditional marketing ke digital marketing.

Namun walaupun fakta di lapangan banyak yang berpindah ke digital marketing, traditional marketing tetap dimanfaatkan oleh bisnis. Baik bisnis dengan skala kecil hingga skala besar. Mereka semua memahami bahwa traditional marketing tetap relevan karena beberapa keunggulan di bawah ini.

1. Permanen

Keunggulan pertama traditional marketing adalah bersifat permanen. Mengapa bersifat permanen? Ketika Anda menggunakan teknik pemasaran ini dengan memasang iklan di majalah atau koran, sudah pasti materi promosi tersebut tidak akan mudah hilang. Sifatnya permanen, bahkan dapat kembali dilihat hingga beberapa tahun kemudian. 

Semakin ke sini juga banyak orang yang lebih mengapresiasi iklan dalam bentuk cetak. Ada beberapa pihak yang mengumpulkan cetakan iklan-iklan dari zaman dahulu karena terkesan klasik. Walaupun begitu, promosi dalam bentuk iklan di majalah dan koran memang tetap bisa hilang jika sudah dibuang.

Baca Juga: Ketahui Cara Mendapatkan Bantuan UMKM untuk Usaha Anda

2. Lebih Berkesan

Orang yang melihat iklan dalam kehidupan nyata atau secara fisik mampu merasakan kesan lebih dalam. Mereka bahkan dapat lebih fokus kepada isi pesan di dalam iklan tersebut. Perhatian yang diberikan ini sangat bagus untuk semakin memperkenalkan promosi tersebut kepada para konsumen. 

Hingga saat ini, pembicaraan iklan yang menarik di media sosial masih berputar di dalam iklan dengan konsep traditional marketing. Barisan bisnis masih tetap berlomba-lomba memberikan iklan dengan teknik pemasaran tradisional agar menjadi viral di media sosial. 

3. Mudah Dimengerti

Jika Anda sedang melihat sebuah iklan di papan reklame saat sedang beraktivitas di luar rumah, hal-hal di dalamnya lebih mudah dimengerti, bukan? Iklan dengan teknik pemasaran tradisional dapat memiliki unsur warna yang mencolok, bahasa yang lucu, hingga desain out of the box yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya. 

Poin-poin tersebut yang akhirnya membuat iklan lebih mudah diingat. Unsur lebih mudah dicerna dan menghibur juga dapat ditekankan dalam traditional marketing. 

Baca Juga: 7 Tips Liburan Akhir Tahun Hemat. Kenapa Tidak?

4. Menjangkau Target Audiens Lokal Lebih Mudah

Ada beberapa produk yang memang dibuat untuk mengincar konsumen lokal atau berada di daerah tertentu. Target ini dapat dicapai dengan mudah melalui media pemasaran tradisional. 

Anda bisa menggunakan radio, televisi, surat kabar, hingga pemasangan papan reklame di daerah tersebut untuk menjangkau target audiens lokal. Memaksimalkan sumber daya lokal untuk menjangkau target audiens di daerah tersebut menjadi jauh lebih mudah dengan traditional marketing. Praktik ini sendiri sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. 

5. Sudah Dikenal Terlebih Dahulu

Traditional marketing selalu dinilai kuno dibandingkan digital marketing yang mengandalkan teknologi maju. Padahal sudah jelas traditional marketing telah terlebih dahulu dikenal. Poin ini merupakan keunggulan tersendiri, khususnya bagi bisnis yang mengincar target audiens para orang tua atau lansia.

Penggunaan media pemasaran tradisional dapat lebih mudah dilihat dan dipahami. Target audiens bahkan lebih tertarik untuk melihat isi dari iklan tersebut, dibandingkan ketika melihat iklan menggunakan media digital marketing.

Baca Juga: 7 Langkah Memilih Jenis Strategi Pemasaran yang Tepat

Jadi itulah pengertian traditional marketing dan keunggulannya. Anda yang sedang menjalankan bisnis jangan lupa untuk memanfaatkan media pemasaran tradisional karena masih tetap relevan, sekaligus berdampak besar pada saat ini. Pengembangan bisnis tidak hanya dapat dilakukan dari cara promosinya namun juga memanfaatkan layanan pinjaman online tanpa agunan dari Modalku. Tunggu apalagi? Yuk, cek program dari Modalku yang praktis dan bermanfaat ini sekarang juga!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan