Meraih Kebebasan Finansial bagi Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga memiliki kebanggaan tersendiri. Seluruh perhatian dan kasih sayang bisa tercurah pada suami dan anak-anak. Saat semua urusan rumah tangga beres, orang di dalam rumah bisa lebih nyaman dan sehat. Kebahagiaan rumah tangga pun lebih mudah diwujudkan.

Namun, banyak orang yang menganggap pekerjaan ibu rumah tangga bukan pekerjaan produktif, karena tidak menghasilkan uang. Anggapan ini cenderung meremehkan pekerjaan ibu rumah tangga. Padahal meski banyak menghabiskan waktunya di rumah, ibu rumah tangga juga bisa meraih kebebasan finansial lho! Bagaimana caranya?

Lihat juga: “Meraih Kebahagiaan Pernikahan dengan Menyusun Keuangan Rumah Tangga”

Kesempatan di Era Digital

Era digital telah menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia dalam suatu wadah online. Wadah yang terbuka bagi siapa saja untuk meraih berbagai kesempatan, termasuk ibu rumah tangga. Pada era digital, ibu rumah tangga bisa meraih kesempatan apapun yang mereka inginkan.

Rumah bukan lagi sekedar tempat beristirahat, tapi juga tempat bekerja dan mengeksplorasi berbagai potensi. Ibu rumah tangga bisa berkarya di sela-sela kesibukannya mengurus rumah. Waktu luang yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk menekuni hobi yang selama ini terabaikan. Banyak ide kreatif di era 4.0 yang bisa digali lebih dalam. Bukan tidak mungkin, hobi tersebut bisa membawa Anda menuju kebebasan finansial.

Kebebasan finansial adalah kondisi dimana seseorang sudah punya tabungan cukup banyak dan relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhannya untuk hidup dengan gaya hidup yang diinginkan. Era digital memungkinkan ibu rumah tangga untuk tetap produktif, meskipun sebagian besar waktunya habis untuk pekerjaan rumah tangga.

Lihat juga: “Cara Meraih Kebebasan Finansial ala Milenial”

Tekuni Hobi Anda!

Jika sebelumnya hobi hanya dilakukan saat waktu senggang, mulai sekarang coba lakukan hobi Anda secara rutin. Alokasikan waktu khusus untuk hobi tersebut. Dengan menekuni hobi, keterampilan Anda akan terasah. Selain itu, Anda juga akan menghasilkan sebuah karya. Nah, karya ini nanti bisa Anda jual.

Misalnya Anda gemar merangkai bunga, coba asah dan tekuni lagi hobi tersebut. Alokasikan waktu khusus untuk membuat kreasi-kreasi rangkaian bunga. Setelah selesai merangkai bunga, foto dan bagikan di media sosial. Siapa tahu ada yang suka dan memesan rangkaian bunga dari Anda. Bermula dari hobi ini, Anda bisa menjadi pebisnis online florist.

Hal serupa juga bisa Anda lakukan dengan hobi lain, seperti menulis. Kini, banyak platform online yang mempertemukan pemberi kerja dan pekerja freelance. Penulis lepas menjadi salah satu pekerjaan yang cukup banyak dicari. Tanpa terikat waktu, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Tidak hanya sebagai penulis lepas, Anda juga menulis blog, novel, ataupun buku populer. Tentu, penghasilannya tidak bisa didapatkan secara langsung karena harus melewati proses yang lumayan panjang. Meskipun begitu, dengan kesabaran dan ketekunan, novel dan buku Anda akan mendatangkan uang tidak sedikit bila banyak orang menyukainya.

Masih banyak pekerjaan-pekerjaan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga, seperti mengajar privat, bisnis kuliner, hingga pedagang online shop. Tanpa meninggalkan status ibu rumah tangga, Anda bisa produktif dan berpenghasilan. 

Investasikan Pendapatan Anda!

Setelah hobi Anda menghasilkan uang, jangan terburu-buru menghabiskan uangnya. Alokasikan pendapatan tersebut untuk investasi. Jika kebutuhan sehari-hari sudah ditanggung oleh pendapatan suami, maka Anda bisa mengalokasikan dana penghasilan tambahan untuk investasi.

Terdapat banyak instrumen investasi yang beredar di pasar. Jika dibagi berdasarkan periodenya, ada investasi jangka pendek dan jangka panjang. Kedua investasi ini memiliki karakter yang berbeda, namun sama-sama menawarkan keuntungan yang layak dipertimbangkan. Anda harus memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Ingat bahwa tujuan Anda adalah mencapai kebebasan finansial.

Lihat juga: “Memilih Instrumen Investasi Sesuai Kebutuhan”

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan risiko investasi. Kenali risiko di masing-masing instrumen. Dengan cara ini Anda bisa lebih optimal dalam mengumpulkan return. Kerugian pun dapat dihindari. Selalu lakukan diversifikasi dalam investasi. Ingat prinsip “jangan meletakkan telur dalam satu keranjang”. Alokasikan dana ke berbagai instrumen yang sudah Anda pahami.

Saat pendapatan tambahanmulai stabil, misalnya Rp 1 juta per bulan, mulailah membeli instrumen investasi secara rutin. Pilih instrumen yang terjangkau seperti reksa dana, saham, obligasi, hingga surat utang negara. Anda juga bisa menabung emas secara online. Setelah instrumen tersebut menghasilkan return, alokasikan kembali dana tersebut sehingga uang Anda terus berkembang.

Jadilah Pakar di Bidang Anda!

Investasi bukan hanya dalam bentuk uang, tapi juga pengetahuan. Setelah menekuni hobi, Anda perlu mengembangkannya. Misalnya dengan ikut seminar, workshop, hingga berbagai pelatihan. Dengan demikian, bukan hanya dana Anda saja yang berkembang, tapi juga kemampuan Anda. Bukan tidak mungkin, nanti Anda akan menjadi pakar di bidang Anda masing-masing.

Dengan kemampuan merangkai bunga yang mumpuni dan dibuktikan dengan portfolio rangkaian bunga, Anda akan diakui sebagai pakar merangkai bunga. Berbagai komunitas merangkai bunga akan mengundang Anda untuk berbagi ilmu. Network profesional Anda pun akan semakin kaya. Tentu, peluang bisnis dan kolaborasi akan makin terbuka.

Sebagai penulis, Anda juga bisa mengikuti berbagai pelatihan. Tentukan dahulu, mahakarya apa yang ingin Anda ciptakan? Apakah novel, buku populer, atau website blog? Jika novel atau buku Anda belum berhasil memukau pembaca, jangan menyerah! Belajarlah dari kesalahan dan terus tingkatkan kemampuan. Secara otomatis, kepakaran Anda akan semakin terasah dan bukan tidak mungkin karya Anda akan diminati banyak orang.


Semua orang layak meraih kebebasan finansial, tak terkecuali ibu rumah tangga. Dengan menekuni hobi, meningkatkan kemampuan, dan berinvestasi, bebas finansial bukan cuma mimpi. Terus tekuni dan kembangkan hobi Anda! Jadilah pakar di bidangnya, karena kepakaran adalah aset yang tidak ternilai.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply