5 Tips Ampuh untuk Hemat tapi Tetap Romantis Saat Valentine

Bagi mereka yang menjalin hubungan pacaran, hari Valentine selalu dinanti. Hari tersebut bisa dirayakan dengan berbagai cara. Banyak yang memberi hadiah seperti bunga atau cokelat bagi pasangan. Banyak juga yang merayakan Valentine dengan dinner romantis di restoran mewah atau bepergian bersama.

Pasti kalian ingin memberikan pasangan yang terbaik. Tapi hadiah yang berkesan tidak harus menguras isi kantong. Jangan khawatir, Anda bisa tetap merasakan suasana romantis meski keuangan terbatas. Berikut adalah beberapa tips hemat merayakan Valentine.

Libatkan Diri Anda dalam Hobi Pasangan

Merayakan Valentine tidak selalu dengan kado yang berupa materi benda. Anda bisa memilih perwujudan kasih sayang lewat momen yang berkesan. Salah satu caranya adalah dengan melibatkan diri dalam hobi pasangan.

Contoh: pacar hobi main game online. Biasanya Anda malas mengikuti ceritanya dan lebih suka membiarkan dia bermain bersama teman-temannya. Tapi khusus di minggu Valentine, Anda belajar game kesayangan si dia atau minta dia ajari Anda cara main. Suka tidak suka, tahanlah protes Anda selama seminggu atau periode waktu yang Anda tentukan untuk berkomitmen mencoba bermain. Pasangan pasti sangat menghargai upaya Anda. Siapa tahu Anda malah ketagihan dan memiliki hobi baru?

Hal ini bisa diterapkan ke hobi apapun. Pacar Anda penggemar karya penulis Stephen King? Bacalah 1 atau 2 bukunya sebelum Valentine. Lalu sambil dinner diskusikan buku yang Anda baca. Apa yang Anda sukai? Apa yang tidak Anda sukai? Selain mendekatkan diri dengan pasangan, melibatkan diri di hobi pasangan akan menambah topik perbincangan seru di antara kalian.

Berikan Hadiah Terjangkau Namun Bermakna

Nilai suatu benda tidak selalu diukur dari harganya, tetapi juga dari cerita di baliknya. Hal ini paling terlihat dari kado yang merupakan karya Anda sendiri. Contohnya: pop art, lukisan, puisi, atau album foto hasil fotografi sendiri. Bukan tipe yang kreatif? Yang lebih berbakat teknik juga bisa berkreasi. Anda bisa membangun kamera atau aplikasi mobile yang simpel. Semua tergantung di mana letak bakat dan skill Anda.

Punya kemampuan memasak? Nah, Anda bisa merencanakan dinner Valentine di rumah dengan hidangan yang Anda siapkan sendiri. Selain menunjukkan keseriusan dan effort Anda dalam menyampaikan rasa sayang, Anda juga bisa menghemat pengeluaran. Tetap romantis meski bujet tipis, mengapa tidak?

Luangkan Quality Time Seharian Penuh tanpa Gangguan Gadget

Seharusnya setiap hari adalah kesempatan untuk menunjukkan rasa sayang. Tetapi kehidupan modern padat dengan rutinitas, tanggung jawab, dan pekerjaan. Ada kalanya di mana akhir pekan pun penuh pekerjaan atau urusan yang menyibukkan. Jangankan pasangan, waktu bagi keluarga dan teman dekat pun menjadi sangat terbatas.

Bila gaya hidup Anda penuh kesibukan, kado yang tepat bagi pasangan di hari Valentine adalah waktu. Jadikanlah momen Valentine sebagai saat untuk menghabiskan waktu bersama. Bila Anda memilih rute ini, Anda dan pasangan harus berkomitmen untuk meninggalkan semua pekerjaan untuk sementara waktu. Matikan smartphone Anda atau pasang airplane mode agar tidak ada pesan-pesan yang mengganggu. Sementara itu, kalian bisa menggunakan waktu untuk mencoba kafe baru atau ke museum. Tak usah ke tempat mahal, yang penting kalian fokus berbincang dan memaksimalkan waktu yang ada.

Sebagai tambahan, hal ini juga berlaku bagi mereka yang tidak punya pacar. Berikan quality time bagi orang terdekat. Misalnya bonding dengan orang tua atau dengan kakak adik. Bisa juga jalan-jalan bersama teman baik dan tukar cerita terkait kehidupan masing-masing.

Buat Scrapbook untuk Mengenang Masa-Masa Indah Kalian

Anda bisa memberikan kado berupa scrapbook yang diisi foto-foto (misalnya saat pertama kali jadian), surat cinta, puisi, atau sejarah pesan singkat kalian. Anda juga dapat menambahkan timeline sejarah hubungan kalian. Dengan scrapbook ini, Anda dan pasangan seakan kembali ke masa-masa pendekatan yang penuh kenangan. Jangan lupa tambahkan kesan Anda sekarang di halaman terakhir scrapbook.

Scrapbook pun tidak harus berhenti sebagai kado Valentine. Sekarang giliran pasangan Anda yang mengisi pesan dan kesannya. Ke depannya, kalian bisa menggunakan scrapbook untuk bertukar cerita dan bercanda. Mengingat momen-momen berkesan tak harus di saat Valentine. Dengan bantuan scrapbook, ikatan Anda dan pasangan akan semakin kuat.

Movie Marathon Menjadi Pilihan Menarik

Jika pasangan Anda seorang pecandu drama, tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu dengan movie marathon bersama. Temanilah dirinya mengarungi setiap jalan cerita atau plot twist. Tak hanya menonton, kalian juga bisa berdiskusi dan mengobrol tentang drama tersebut. Bila perlu, lakukan riset kecil-kecilan sebelum menonton isi drama yang akan diputar.

Sebelum menonton, siapkan peralatannya terlebih dahulu – seperti laptop atau PC (atau DVD player dan kaset DVD-nya), sound system, dll. Persiapkan juga makanan dan minuman untuk movie marathon ini. Tentu film yang ditonton tidak harus drama. Kalian bisa memutuskan bersama genre film apa yang akan dinikmati.

Satu catatan, jangan sampai terlalu fokus pada film sehingga lupa berbincang. Aktivitas ini harusnya mendekatkan, bukan menjauhkan. Kalian bisa dengan santai bertukar pikiran: lebih bagus film pertama atau kedua? Apakah drama X ceritanya realistis? Mungkin kalian berbeda pendapat, tetapi asal diskusinya seru dan semua opini disampaikan dengan baik, maka movie marathon yang simpel pun bisa jadi momen yang berkesan terus di hati.


Itulah beberapa kegiatan hemat untuk mengisi Valentine Anda bersama orang tercinta. Meski hemat anggaran, suasana romantis tetap bisa didapatkan. Jadikan hari kasih sayang sebagai momen untuk menguatkan jalinan cinta Anda.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply