2

Investasi yang Menguntungkan: Bekal Meraih Kebebasan Finansial

Semakin lama, kebutuhan yang harus Anda penuhi menjadi semakin banyak. Tidak bisa lagi Anda hanya mengandalkan penghasilan untuk memenuhi semua kebutuhan, terutama kebutuhan di masa mendatang. Supaya Anda dapat bebas dari kekhawatiran finansial di usia senja nanti, Anda perlu mempersiapkan diri dari sekarang. Investasi atau invest yang menguntungkan adalah kuncinya.

Investasi merupakan jalan terbaik untuk mempersiapkan masa tua Anda. Dengan investasi, Anda selangkah lebih dekat menuju kebebasan finansial. Untuk itu, pilih investasi berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan lupa pertimbangkan juga invest yang menguntungkan bagi Anda. Mana jenis investasi yang tepat bagi Anda? Simak pembahasannya di bawah ini.

Ingin peluang investasi di era revolusi industri 4.0 Klik di sini!

Investasi Gaya Lama dengan Logam Mulia

Praktik investasi dengan menyimpan logam mulia telah dilakukan sejak lama oleh nenek moyang kita. Ini disebabkan logam mulia yang sejak lama telah dijadikan alat tukar sepanjang sejarah peradaban manusia. Berinvestasi dengan logam mulia di zaman sekarang juga tetap menjadi opsi karena nilai jual logam mulia akan selalu tinggi.

Logam mulia juga memiliki tingkat likuiditas tinggi sehingga mudah untuk diperjualbelikan dan dipindahtangankan. Untuk memudahkan investasi logam mulia, saat ini juga telah banyak lembaga keuangan yang menawarkan investasi emas. Tentu hal ini akan memudahkan Anda yang kesulitan menyimpan logam mulia sendiri.

Namun, yang perlu Anda pahami, jangan buru-buru jual investasi logam mulia saat ada keperluan mendadak. Nilai jual logam mulia terus berubah-ubah sehingga Anda bisa saja terpaksa merugi bila pasar logam mulia sedang ambruk. Akan lebih baik untuk menjadikan logam mulai sebagai simpanan untuk jaminan finansial Anda.

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, seperti deposito, logam mulia seperti emas punya keunggulan. Yakni, adanya wujud fisik emas serta likuditasnya yang mudah diandalkan. Dalam hal ini, emas vs deposito, dimenangkan emas.

Nilai emas yang relatif stabil dan cenderung mengalami kenaikan tiap tahun, tentu ini merupakan suatu keuntungan tersendiri. Meski demikian, emas kurang cocok untuk berinvestasi jangka pendek atau menengah. Pada poin ini, emas vs deposito dimenangkan oleh deposito.

Deposito lebih cocok dipilih sebagai investasi untuk menyiapkan dana darurat. Apalagi suku bunganya lebih tinggi daripada tabungan biasa. Anda dianjurkan untuk memilih jangka waktu yang pendek, bisa tiga atau enam bulan. Namun, Anda harus pastikan kalau Anda tidak akan mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Karena jika dilkaukan Anda akan dikenakan denda.

Lihat juga: “Emas vs Deposito: Mana yang Lebih Tahan Resesi?”

Properti, Investasi yang Menguntungkan dan Bergengsi

Selain logam mulia, para investor konvensional juga senang berinvestasi di sektor properti. Investasi pada sektor ini dianggap sebagai salah satu investasi yang menguntungkan karena peminatnya akan selalu ada dari waktu ke waktu. Ke depannya, kebutuhan akan lahan dan tempat tinggal akan terus ada bukan? Di samping itu, sektor properti juga tidak mudah terpengaruh inflasi.

Untuk dapat berinvestasi dengan sukses di sektor ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis properti apa yang paling banyak peminatnya. Tanah dan rumah merupakan produk properti yang tinggi peminat. Luas tanah yang dari waktu ke waktu terus berkurang akan membuat permintaan pada produk investasi ini terus meningkat. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba investasi di sektor yang satu ini apabila cukup modal. Memang investasi properti membutuhkan modal awal yang tinggi, tetapi bila Anda sudah mapan, properti adalah salah satu invest yang menguntungkan, sekaligus instrumen jangka panjang yang stabil.

Manfaatkan Teknologi, Alternatif Investasi Online

Salah satu alternatif investasi yang bisa Anda lirik saat ini adalah investasi online. Dengan pesatnya perkembangan industri financial technology (FinTech), investasi juga dapat Anda lakukan melalui media internet. Salah satunya adalah alternatif investasi melalui metode peer-to-peer lending atau yang lebih dikenal dengan P2P lending.

Sistem kerja P2P lending tergolong unik. Anda tidak langsung berinvestasi, tetapi lebih kepada memberikan pinjaman kepada peminjam (borrower). Semua transaksi antara Anda sebagai pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam akan dilakukan secara online, sehingga Anda dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja. Anda bahkan cukup menggunakan smartphone dan aplikasi yang bisa di-downloadP2P lending merupakan salah satu alternatif investasi yang profitnya menjanjikan. Anda akan mendapatkan pengembalian dana yang lebih besar dibandingkan dengan instrumen investasi konvensional, contohnya Modalku yang menawarkan tingkat pengembalian hingga 20% per tahun.

Banyak website yang menawarkan investasi online tetapi ternyata tidak terpercaya alias penipuan. Berhati-hatilah dan selalu lakukan riset akan investasi di Internet.

Bacaan terkait: “Membedakan Investasi Bodong dengan Investasi Terpercaya”


Agar tidak salah pilih dalam investasi P2P lending, Anda bisa melakukannya melalui Modalku, platform P2P lending terpercaya di Indonesia dan Asia Tenggara. Platform alternatif investasi ini juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia. Modalku menjadi fasilitator agar Anda menjadi pemberi pinjaman yang terhubung dengan UMKM layak kredit di Indonesia. Jadi, sambil melakukan alternatif investasi, Anda pun dapat sekaligus membantu memberdayakan UMKM Indonesia.

Sudah siap meraih kebebasan finansial Anda melalui berbagai investasi di atas?

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Comments 2

  1. Pingback: Tips Mendapatkan Passive Income dari Investasi - Modalku

  2. Pingback: Pahami Jenis-Jenis Investasi yang Paling Menguntungkan untuk Anda - Modalku

Leave a Reply