Pahami Jenis-Jenis Investasi yang Paling Menguntungkan untuk Anda

Investasi kerap menjadi jalan untuk meraih kebebasan finansial serta tabungan masa depan. Tidak mengherankan jika begitu banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih. Dari sekian banyak instrumen investasi yang tersedia, manakah investasi yang paling menguntungkan? Tentu pertanyaan ini cukup membingungkan. Sebenarnya, semua tergantung pada tujuan dan kebutuhan Anda. Profil risiko Anda sebagai investor pun memegang peranan penting.

Dalam investasi, berlaku prinsip high risk high return. Prinsip ini digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam perencanaan finansial, terutama investasi. Imbal hasil investasi tak selamanya berjalan sesuai harapan. Terdapat risiko kerugian yang mungkin harus Anda hadapi. Semakin tinggi keuntungannya, semakin tinggi pula risikonya, begitu pun sebaliknya.

Lalu, bagaimana cara memilih investasi yang paling menguntungkan dan sesuai kebutuhan?

Ketahui Jenis-Jenis Investasi yang Paling Menguntungkan

Berkaca dari prinsip investasi high risk high return, Anda pasti sudah dapat memprediksi bahwa jenis investasi yang paling menguntungkan juga berbarengan dengan besarnya risiko. Secara garis besar, jenis investasi tersebut dibagi dalam dua kelompok, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Investasi jangka pendek

  • P2P Lending

Peer-to-Peer (P2P) lending hadir sebagai alternatif investasi yang mempertemukan kreditur dengan debitur untuk melakukan kegiatan pinjam-meminjam melalui platform online. Rata-rata imbal hasil relatif lebih besar daripada bunga deposito.

  • Deposito

Deposito memang tidak menawarkan bunga yang tak terlalu besar, namun cocok bagi Anda yang membutuhkan dana dalam waktu dekat. Produk deposito mudah didapatkan di berbagai bank di seluruh Indonesia. Periode penyimpanan deposito bervariasi, berkisar antara 1, 3, dan 6 bulan, atau 1 tahun.

Investasi jangka panjang

  • Properti

Properti dapat berupa tanah dan bangunan apa pun yang berdiri di atasnya. Anda bisa menjual properti dengan harga tinggi atau menyewakannya. Properti sangat berpotensi menjadi sumber passive income.

  • Reksa Dana

Ada banyak jenis investasi reksa dana yang bisa Anda pilih, misalnya saham, obligasi, dan pasar uang. Masing-masing memiliki risiko berbeda. Jika memiliki dana cukup besar, investasi ini cukup menguntungkan sebagai investasi jangka panjang.

Lebih lanjut: “Investasi yang Menguntungkan: Bekal Meraih Kemerdekaan Finansial” dan “Tips Mendapatkan Passive Income dari Investasi”

Kenali Toleransi Risiko Anda dalam Berinvestasi

Ketika memutuskan untuk berinvestasi, Anda terlebih dulu harus mengenal diri dan kemampuan Anda. Investasi mengandung risiko, suka tidak suka Anda harus menanggungnya jika investasi pilihan tak berjalan sesuai harapan. Penting bagi Anda untuk menentukan sejak awal berapa besar jumlah risiko kehilangan uang yang sanggup Anda terima. Dengan begitu, Anda dapat menimbang dan memutuskan jenis investasi yang sesuai dengan keadaan dan kemampuan.

  • Kenali sikap Anda terhadap kerugian

Tidak ada orang yang ingin rugi. Namun, kenyataan tak selamanya berbanding lurus dengan harapan. Bagi Anda yang ingin berinvestasi, kenalilah dulu bagaimana sikap Anda menghadapi kerugian yang selalu mengiringi setiap jenis investasi. Hal ini dapat membantu Anda memilih produk investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda.

  • Ajukan pertanyaan

Setidaknya, ada tiga pertanyaan penting yang harus Anda pikirkan sebelum berinvestasi: bisakah Anda menerima kehilangan semua uang yang diinvestasikan? Berapa lama Anda ingin berinvestasi, jangka pendek atau jangka panjang? Apakah Anda memiliki rencana menggunakan uang investasi dalam waktu dekat?

  • Perhatikan kondisi Anda

Banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam investasi, terutama kondisi. Jika Anda sudah berumur atau dalam waktu dekat memasuki masa pensiun, mungkin Anda tidak bisa kehilangan uang satu sen pun. Kondisi ini membuat Anda harus menghindari investasi dengan risiko tinggi. Anda sebaiknya menginvestasikan uang dengan cara paling konservatif, seperti tabungan, atau deposito.

Pilih Investasi Paling Menguntungkan Sesuai Keadaan

Setelah mengenali profil risiko, Anda harus memilih investasi paling menguntungkan dan sesuai keadaan Anda. Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Pertimbangan investasi jangka pendek

Banyak orang memilih investasi jangka pendek karena ingin cepat mendapatkan keuntungan. Misalnya untuk membiayai lifestyle atau membeli sesuatu yang sangat diinginkan. Jika Anda termasuk golongan ini, investasi seperti reksa dana saham, saham, dan kontrak perdagangan berjangka sangat cocok Anda coba. Namun, pastikan Anda siap jika nilai investasi Anda turun bahkan kehilangan uang yang diinvestasikan.

  • Penempatan uang investasi

Apabila Anda bermaksud menggunakan uang yang ingin diinvestasikan dalam waktu dekat, misalnya membeli rumah, mobil, atau sebagai biaya pendidikan anak, Anda sebaiknya memilih investasi berisiko rendah. Misalnya deposito, obligasi pemerintah, emas, hingga asuransi investasi.


Dengan memahami jenis-jenis investasi yang paling menguntungkan dan sesuai untuk Anda, Anda dapat meminimalkan risiko kerugian. Pertimbangkanlah kemampuan finansial serta profil risiko Anda untuk menentukan jenis investasi terbaik. Semoga bermanfaat!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply