5 Cara Menabung Emas di Pegadaian Secara Online

Menabung emas di Pegadaian menjadi pilihan alternatif yang lebih mudah dan murah bagi yang tertarik untuk berinvestasi emas. Dengan modal kecil yang setara dengan 2 gelas es kopi kekinian, Anda bisa menabung emas. Sedikit demi sedikit, Anda pun bisa mencetak tabungan emas tersebut menjadi emas batangan. Tak cuma itu, kegiatan menabung emas bisa dilakukan secara online lho! Lantas, bagaimana cara menabung emas di Pegadaian secara online?

Cara Menabung Emas di Pegadaian Digital

Kini, Pegadaian semakin memperluas pelayanannya bagi masyarakat, termasuk layanan untuk memudahkan investasi emas dengan sistem penitipan. Anda bisa mengunduh aplikasi Pegadaian Digital sebagai permulaan investasi emas online. Untuk membantu Anda, berikut ini panduan lengkap cara menabung emas di Pegadaian secara online.

  1. Isi data diri dan upload scan KTP

Setelah mengunduh aplikasi Pegadaian Digital, Anda bisa menekan tombol Buka Tabungan di menu utama. Di halaman selanjutnya, isi data diri Anda berupa nama, nomor telepon, nomor identitas (KTP/Paspor), jenis kelamin, dan lainnya. Kemudian, Anda akan diminta untuk upload foto atau scan KTP/Paspor. Pastikan semua data diri yang terisi sudah benar. 

  1. Pilih Cabang Pegadaian Terdekat

Di halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih cabang Pegadaian untuk membuka tabungan emas. Tidak perlu bingung, walaupun nanti menabung emas di Pegadaian Digital dilakukan online, namun Anda tetap harus ke cabang Pegadaian terdekat untuk menyelesaikan proses pembukaan tabungan emas.

Pilihlah cabang Pegadaian yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda supaya tidak repot. Ketahui bahwa Anda punya waktu 6 bulan untuk mendatangi cabang Pegadaian tersebut supaya bisa menyelesaikan proses pembukaan rekening tabungan emas. Lewat dari itu, maka tabungan emas akan dibekukan sampai 18 bulan. 

Masih bingung mau pilih emas atau deposito. Baca di sini untuk pelajari lebih lanjut!

  1. Rincian biaya yang dibayarkan

Pegadaian memiliki rincian biaya pembukaan rekening tabungan emas dan rincian biaya transaksi lainnya yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda mengikuti cara menabung emas di Pegadaian Digital, Anda dibebaskan dari biaya pembukaan rekening dan biaya fasilitas penitipan emas (hanya di tahun pertama), sehingga Anda hanya perlu membayar pembelian saldo emas minimal Rp50.000. Pembayaran bisa dilakukan via virtual account, jadi prosesnya memang sangat mudah. Dalam waktu paling lambat 7 hari kerja, Anda akan menerima email notifikasi tabungan emas Anda sudah berhasil dibuat.

  1. Ambil buku dan KYC ke cabang pegadaian

Saatnya melakukan verifikasi KYC (Know Your Customer) dan mengambil buku tabungan di cabang Pegadaian yang sudah Anda pilih sebelumnya. Jangan lupa untuk membawa KTP/Paspor Anda karena akan dilakukan verifikasi ulang oleh petugas. 

Selain itu, Anda juga akan diminta untuk memberikan nomor rekening bank untuk pencairan dana sewaktu-waktu Anda akan menjual kembali emas. Nantinya, petugas akan membantu proses ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot datang ke cabang untuk mengambil uang tunai hasil menjual emas. 

  1. Beli emas sesuai kemampuan finansial

Dalam cara menabung emas di Pegadaian, ada yang namanya harga jual dan harga beli. Jangan sampai salah, harga jual adalah harga penjualan emas oleh Pegadaian kepada Anda. Jadi, nominal harga jual merupakan harga emas yang Anda beli. Sementara harga beli adalah nominal harga emas yang Anda jual kembali ke Pegadaian. 

Di aplikasi, cukup pilih opsi Beli Emas, pilih sumber dana, lalu masukkan nominal uang top-up tabungan emas. Lakukan konfirmasi dan pilih metode pembayaran. Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian juga sama mudahnya. Apalagi jika menggunakan aplikasi Pegadaian Digital. Pilih opsi Jual Emas dan klik nomor rekening untuk menjual emas. Anda bisa melihat konversi harga emas untuk penjualan di hari itu. Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian pun selesai. Sangat mudah, bukan?

Tak cuma saham, harga emas juga bisa naik tiba-tiba lho!

Tertarik dengan Investasi Emas di Pegadaian?

Pada dasarnya, tabungan emas pegadaian sama dengan investasi emas pada umumnya. Bedanya, Anda bisa mulai berinvestasi dengan modal yang lebih murah, yaitu minimal pembelian Rp50.000 per hari. Jadi, Anda bisa menabung emas dengan modal yang sangat kecil sampai nantinya bisa terkumpul 1 gram emas yang dapat dijual kembali ke Pegadaian. 

Emas juga cocok untuk menyiapkan dana pensiun lho!

Apabila saldo di rekening tabungan emas Anda sudah terkumpul cukup banyak, Anda juga bisa mengambil opsi untuk mencetaknya menjadi kepingan emas resmi bersertifikat mulai dari 1 gram sampai 100 gram. Salah satu kelebihan dari cara menabung emas di Pegadaian adalah kemudahan untuk melakukannya secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital. Keaslian emas sudah terjamin karena bersertifikat dengan karatase 24 karat. 

Biaya pengelolaan dan penyimpanan emas di Pegadaian Digital juga sangat ringan, hanya Rp30.000/tahun di mana Anda akan dibebaskan dari biaya ini untuk tahun pertama. Cocok sekali bagi para investor pemula yang tertarik untuk mencoba berinvestasi emas. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply