Siap-siap! Ini 4 Tanda Anda Membutuhkan Jasa Financial Planner!

Ketika penghasilan masih kecil dan kebutuhan belum banyak, tentu Anda tidak akan kesulitan dalam mengatur keuangan. Namun, saat pendapatan meningkat dan kebutuhan semakin kompleks, apa Anda yakin bisa menangani semua perihal keuangan tersebut sendirian?

Kini sudah semakin banyak orang yang berprofesi sebagai perencana/penasehat keuangan (financial planner/consultant) di Indonesia. Tugas profesi ini adalah membantu individu, keluarga, atau organisasi untuk menyiapkan rencana keuangan guna mencapai tujuan keuangan berjangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Nah, tapi kapankah waktu yang tepat bagi Anda membutuhkan jasa financial planner tersebut?

Lihat juga: Financial Planner Semakin Dibutuhkan di Era Milenial

Pendapatan Semakin Meningkat

Umumnya, ketika penghasilan meningkat, maka akan dibarengi dengan meningkatnya tanggung jawab pekerjaan serta kebutuhan pribadi. Bukan tidak mungkin, Anda tetap kehabisan uang di akhir bulan padahal pendapatan semakin meningkat. Penghasilan yang didapat perlu diatur kembali agar tiap rupiah yang ada bisa berguna bagi kehidupan masa kini dan masa depan Anda. Financial consultant bisa membantu Anda menangani hal ini.

Perlu Panduan Rinci untuk Memilih Investasi

Anda bisa menggunakan jasa financial planner ketika ingin berinvestasi, mengingat dalam investasi terdapat banyak pertimbangan dan istilah yang harus dipahami. Belum lagi jika Anda masih seorang pemula saat memasuki dunia investasi, sehingga perlu banyak belajar dan dipandu agar investasi Anda sukses dan tidak mengalami kerugian.

Sulit Mempraktikkan Rencana Keuangan

Mungkin ini salah satu saat yang tepat untuk menggunakan jasa financial planner, yakni ketika Anda sulit mempraktikkan rencana keuangan. Memang Anda sendiri yang merencanakan hal tersebut, namun dengan bantuan financial planner Anda bisa tahu pertimbangan apa saja yang tidak sempat terpikirkan ketika membuat rencana keuangan.

Terjerat Masalah Keuangan

Masalah-masalah keuangan memang selalu ada setiap saat dan beragam bentuknya, namun ada saatnya Anda sulit untuk mencari solusi masalah keuangan tanpa mengandalkan bantuan orang lain. Bahkan ketika Anda sudah terjerat masalah keuangan, Anda bisa terus menerus larut dalam permasalahan tersebut dan sulit menemukan jalan keluarnya. Beberapa contohnya seperti arus kas bulanan yang tidak teratur karena Anda lebih fokus menghasilkan pendapatan daripada mengelolanya, utang piutang perusahaan, memilih dan mengklaim asuransi, dan masih banyak lagi.

Menurut Finansialku, di akhir tahun 2014, Indonesia telah memiliki lebih dari 1.500 perencana keuangan (financial planner/consultant) yang berlisensi CFP (Certified Financial Planner).  CFP sendiri adalah lembaga sertifikasi profesi perencana keuangan yang diseleggarakan oleh LSP – FPSB Indonesia (Lembaga Sertifikasi Profesi – Financial Planning Standards Board Indonesia).


Jadi, jika Anda membutuhkan bantuan jasa financial planner, sebaiknya Anda tahu kapan waktu yang tepat menggunakan jasa financial consultant/planner serta memilih orang yang berlisensi CFP dan juga memenuhi standar 4E (education, examination, experiences dan ethics) agar perencanaan hingga penerapan rencana keuangan Anda lebih terjamin.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply