24

Memaksimalkan Peluang Bisnis dengan 3 Prinsip Digital Marketing

Apabila beberapa hari yang lalu kami mendiskusikan soal offline marketing, sekarang saatnya membicarakan digital marketing.

Pesatnya perkembangan teknologi mengharuskan kita ikut beradaptasi dengannya. Bidang marketing juga tak luput dari adaptasi. Saat ini, brand dan pemilik bisnis mulai aktif melakukan pemasaran pada ranah digital. Tidak heran jika menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 143 juta per tahun 2017 lalu.

Tingginya jumlah pengguna internet tersebut menunjukkan bahwa ranah digital merupakan lahan subur bagi brand untuk mempromosikan produk mereka. Anda yang baru saja mendirikan usaha sampingan atau bisnis UKM pun bisa mengambil langkah sama. Namun, sebelumnya perhatikan dulu beberapa prinsip digital marketing . Berikut ini agar promosi berjalan sesuai rencana.

Tahukah Anda? Digital marketing merupakan media yang tepat untuk merangkul pasar Gen Z lho!

Real Time, Manfaatkan Momen

Kecepatan adalah kunci untuk “menguasai” dunia maya. Di internet, semua berjalan dengan cepat dan arus informasinya begitu deras. Hilang satu konten viral, muncul lagi konten viral lainnya yang siap menggantikan. Belum lagi berbagai media digital yang begitu cepat dalam meng-update berita terkini. Karena sifatnya yang real time ini, Anda dituntut untuk meningkatkan kecepatan pula. Jika ada pengguna yang mengomentari postingan Anda atau me-mention Anda, segera respons dengan cepat.

Begitu juga ketika terjadi momen penting atau ada isu relevan. Anda harus bisa cepat memanfaatkan kondisi tersebut dan menyertakannya pada konten digital marketing Anda. Misalnya, fenomena “Om Telolet Om” sempat ramai beberapa bulan lalu. Anda bisa mengajak tim untuk melakukan aktivitas “Om Telolet Om” dan meng-upload-nya ke media sosial. Cara ini menunjukkan sisi humanis dari brand Anda, bahwa di balik konten digital yang rutin di-post, ada orang-orang yang bekerja keras meramunya.

Anda tidak harus mengerjakan sendiri proses digital marketing sendiri, Gunakan jasa agency digital marketing untuk hasil yang lebih cepat!

Pentingnya Konsistensi

Karena arus informasi yang begitu deras, Anda tidak bisa seenaknya dalam mem-post konten di ranah digital. Katakanlah hari ini Anda mem-posting satu tweet tiap satu jam. Namun, selama beberapa hari ke depan, Anda tidak posting sama sekali. Hal ini tentu akan membuat audiens bingung, yang bisa berujung pada keengganan mereka untuk berinteraksi dengan Anda.

Selain itu, karena tidak konsisten, posisi brand Anda pasti akan timbul tenggelam di ranah digital. Konten-konten yang Anda post akan tergerus oleh konten dari kompetitor dan brand lain. Risikonya adalah nama Anda akan susah diingat oleh audiens dan mereka tidak merasa familiar dengan brand Anda. Akibatnya, mereka akan merasa ragu untuk mencoba produk Anda.

Terus Melakukan Adaptasi

Era digital terus mengalami evolusi. Strategi digital marketing yang Anda terapkan pun juga harus melakukan hal sama. Untuk itu, Anda perlu berkomitmen terhadap diri sendiri terlebih dulu agar bisa terus berkembang dan berimprovisasi. Apabila memungkinkan, luangkan waktu dan siapkan budget khusus untuk melakukan riset terkait digital marketing. Tidak perlu pusing dengan budget, karena Modalku punya produk pinjaman yang cocok untuk mendukung bisnis Anda. Penasaran dengan pinjaman usaha di Modalku? Segera ajukan dengan klik tombol di bawah ini:

Ajukan Sekarang!

Untuk bisa melakukan adaptasi, Anda harus rajin melakukan riset terhadap target audiens. Tren apa yang sedang populer di kalangan target audiens Anda? Hal-hal apa yang kini sering dibicarakan? Masalah seperti apa yang tengah dihadapi mereka? Dengan begitu, Anda memiliki insight dan informasi cukup untuk diolah menjadi konten digital marketing yang sesuai dengan kondisi terkini.


Memonitor target audiens merupakan salah satu kunci terpenting dalam prinsip digital marketing. Dengan mengetahui kondisi terkini dari target audiens, Anda bisa merancang strategi dan konten digital marketing yang up-to-date sehingga bisa terus relevan.

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Referensi:

https://tekno.kompas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia

Subscribe

* indicates required

Comments 24

  1. Pingback: Merencanakan Bisnis Sampingan: Perlu atau Tidak? – Modalku

  2. Pingback: Inilah Cara Menganalisis Situasi Pasar Untuk Bisnis Optimal – Modalku

  3. Pingback: Ini Dia Penyebab Bisnis Kuliner Anda Bangkrut - Modalku

  4. Pingback: 5 Cara Mengembangkan Bisnis Sejak Mahasiswa - Modalku

  5. Hi,
    I am really happy to say it’s an interesting post to read . I learn new information from your article , you are doing a great job . Keep it up.
    Thank You For This Articla

  6. Nice post. I used to be checking continuously this blog and I’m impressed! Extremely useful information particularly the ultimate phase. I handle such information a lot.I used to be looking for this certain info for a long time.Thanks and best of luck.

    1. Thank you for the kind comment. Let us know if there’s a particular topic you would like to read about 🙂 Check back often for more new content.

  7. Pingback: Inilah Cara Menganalisis Situasi Pasar Untuk Bisnis Optimal - Modalku

  8. Pingback: Prinsip Bagi Seorang Digital Marketing - Artikel Artikel

Tinggalkan Balasan