Macam-macam Modal yang Perlu Anda Ketahui

macam macam modal

Modal menjadi elemen penting bagi siapapun yang baru saja memulai atau yang sudah menjalankan usahanya. Dalam berbisnis, Anda perlu mengetahui macam-macam modal yang ada. Mengetahui macam-macam modal akan menambah wawasan baru yang berguna di hari depan. Modal yang dimaksud merupakan dana yang disediakan, baik dari hasil produksi atau tabungan pribadi untuk digunakan dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Untuk menjelaskan lebih lanjut kepada Anda, ada baiknya langsung melihat penjelasan di bawah ini. 

Macam-macam Modal

Sempat disebutkan pada awal bahwa modal merupakan elemen yang penting dalam suatu bisnis atau usaha. Mengapa? Modal memampukan Anda sebagai pemilik usaha untuk membeli berbagai bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas operasional perusahaan. Dalam proses produksi barang, suatu perusahaan juga akan dibantu dengan para karyawan sebagai tenaga kerja. 

Imbalan dari pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan tentu saja gaji yang diambil dari modal. Tanpa adanya modal, jangankan menjalankan usaha, Anda bahkan tidak akan bisa membuka usaha saat tidak memiliki perizinan usaha. Mengurus perizinan usaha tidak semudah kelihatannya, selain banyak dokumen yang perlu disiapkan, izin usaha memerlukan dana sebagai biaya administrasi. 

Dari sedikit penjelasan mengenai kegunaan modal, Anda bisa melihat beberapa macam modal yang dibagi ke beberapa kategori, yaitu berdasarkan sumber, fungsi atau kepemilikan, wujud, dan sifat. 

1. Modal Berdasarkan Sumber

Jenis modal berdasarkan sumbernya terbagi menjadi dua, yaitu modal internal dan eksternal.

a. Modal Internal 

Modal internal sering digunakan sebagai modal awal untuk membangun bisnis. Seiring berjalannya waktu, pemilik bisnis kemungkinan besar tidak lagi menggunakan sumber modal internal karena dana yang terbatas. Modal internal memiliki beberapa bentuk, seperti tabungan pribadi atau perusahaan, gedung, kendaraan, dan peralatan perusahaan. 

b. Modal Eksternal

Modal eksternal biasanya berupa dana pinjaman dari bank atau pinjaman lainnya. Modal eksternal memiliki tujuan yang berbeda dengan modal internal. Biasanya modal eksternal dibutuhkan saat sebuah perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya lebih lagi. Intinya, modal eksternal adalah modal yang berasal dari luar perusahaan. 

Baca Juga: Modalku Sediakan Fasilitas Modal Karyawan untuk Puluhan Ribu Karyawan dan Mitra Kurir Lazada

2. Modal Berdasarkan Fungsi atau Kepemilikan

Berdasarkan fungsi atau kepemilikannya, modal dibagi menjadi dua yaitu modal perseorangan dan sosial.

a. Modal Perseorangan

Modal perseorangan dapat berupa saham, deposito, gedung atau kendaraan. Semua aset ini dimiliki oleh seseorang untuk memberi kemudahan dalam aktivitas bisnis dan tentu saja keuntungan orang yang memilikinya. 

b. Modal Sosial

Modal sosial adalah modal apapun yang dimiliki oleh masyarakat. Contoh dari modal sosial misalnya jalan raya, pasar, pelabuhan, jembatan. Sederhananya, modal sosial merupakan modal yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk menunjang aktivitas produksi.

Baca Juga: Apa itu Kredit Tanpa Agunan? Kenali Kelebihan Produk Modalku!

3. Modal Berdasarkan Wujud

Modal berdasarkan wujud dibagi menjadi dua yaitu modal konkret atau aktif dan modal abstrak atau pasif. 

a. Modal Konkret atau Aktif

Modal konkret berupa modal yang memiliki wujud, yang bisa dilihat oleh mata jasmani kita. Contoh modal konkret ialah gudang, bahan baku, mesin dan peralatan bisnis, dan tempat berbisnis. 

b. Modal Abstrak atau Pasif

Kebalikan dari modal konkret, modal abstrak merupakan seluruh modal yang tidak bisa dilihat oleh maja jasmani. Bukan gaib, namun berupa pengakuan dari pemerintah atau pihak berwenang. Misalnya kemampuan atau skill, hak cipta, koneksi, manajerial, pencapaian, pengakuan dari pemerintah, dan lain sebagainya. 

Semua modal ini tentu saja sangat penting untuk suatu perusahaan, karena bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata masyarakat. Modal abstrak ini bahkan bisa meningkatkan brand awareness pada pasar yang lebih luas dan yang belum terjangkau. 

4. Modal Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, modal kembali terbagi menjadi dua yaitu modal tetap dan lancar. 

a. Modal Tetap

Modal tetap atau fixed capital ialah modal yang bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Ini berarti modal tersebut tidak akan habis untuk satu sampai dua kali pemakaian, bahkan beberapa kali pemakaian. Modal yang termasuk modal lancar misalnya mesin produksi, peralatan kantor, gedung, alat-alat elektronik (komputer, printer), dan lain sebagainya. 

b. Modal Lancar 

Modal lancar atau variable capital ialah jenis modal yang hanya bisa digunakan dalam waktu tertentu atau dalam jangka pendek. Modal lancar biasanya berupa modal yang habis dalam satu kali pemakaian produksi. Misalnya bahan baku, bahan bakar, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: 4 Alasan Bisnis Anda Butuh Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Demikian macam-macam modal yang ada dalam suatu bisnis. Modal memang tidak bisa kita anggap enteng. Saat tidak ada modal, semua ide dan rencana yang sudah dipertimbangkan dengan matang tidak akan bisa dijalankan. 

Terlebih saat Anda ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih besar, modal sangat diperlukan untuk membeli beberapa mesin tambahan, membayar lebih banyak karyawan, atau mengurus perizinan lainnya. Semua pengeluaran ini diperlukan ketika Anda ingin melihat kemajuan. Sedang mencari pinjaman modal kerja? Modalku bisa jadi tempat yang tepat! 

Modalku sudah dipercaya oleh ribuan UMKM untuk membantu mengembangkan usaha mereka dan ini saatnya Anda menjadi bagian dari mereka yang telah berhasil. Semua proses pengajuan bisa dengan mudah dilakukan melalui website Modalku. Informasi lengkap mengenai Modalku, seperti bunga, proses pengajuan, dan yang lainnya bisa Anda dapatkan di website Modalku. Mari mengembangkan bisnis Anda bersama Modalku! 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan