Latah Berbisnis Online, Baguskah?

online business hype

Dalam era digital lifestyle sekarang ini, berbisnis online menjadi alternatif untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Alasannya tak lain adalah karena modal awal bisnis online relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya. Jangkauannya pun lebih luas karena di dunia maya memang seluruh dunia telah tersambung.

Dengan beragam keunggulan tersebut, tentu banyak yang tertarik untuk memulai bisnis online. Bahkan akhir-akhir ini dapat ditemukan fenomena latah berbisnis online. Namun, sebenarnya baguskah fenomena latah berbisnis online ini? Simak ulasannya berikut.

Lihat juga: “Memenangkan Persaingan Bisnis Online”

Fenomena Latah dalam Bisnis Sudah Ada Sejak Dulu

Pada dasarnya, fenomena latah dalam bisnis tidak hanya dapat ditemukan proses berbisnis online. Fenomena latah sudah bisa ditemukan pada model bisnis yang ada sebelumnya. Bahkan model usaha kecil seperti pedagang kaki lima (PKL) pun terjangkit fenomena ini. Anda bisa melihatnya pada saat booming minuman Thai tea, banyak PKL yang kemudian ikut latah berjualan minuman tersebut.

Menurut pakar bisnis Rhenald Kasali dalam Tirto, fenomena tersebut didasari oleh sifat masyarakat Indonesia yang merupakan masyarakat komunal. Sifat tersebut membuat seseorang cenderung mengikuti sebuah bisnis tertentu yang sudah laris atau banyak peminatnya. Hal tersebut sudah bisa ditemukan dari dulu, bahkan sebelum model bisnis online ditemukan.

Haruskah Anda Ikut Latah?

Lalu, pertanyaan besarnya adalah haruskah Anda ikut latah untuk ikut terjun berbisnis online? Apabila Anda sudah memiliki strategi yang matang untuk bisa stand out dibanding para pesaing, tentu tidak ada salahnya untuk memulai bisnis online sendiri. Jika Anda merasa siap untuk menghadapi berbagai tantangan bisnis online pun tidak ada salahnya memulai.

Namun, jika Anda masih merasa ragu atau belum menemukan strategi yang tepat untuk mengalahkan calon saingan bisnis, lebih baik jangan tergesa-gesa. Anda bisa melakukan survei pasar terlebih dahulu. Dengan melakukan survei pasar, Anda bisa mengetahui apa saja yang disukai oleh pasar saat ini. Bahkan jika Anda jeli, memprediksi produk yang akan laris di kemudian hari pun bisa dilakukan.

Kenali Lika-Liku Berbisnis Online

Jika sudah merasa yakin dengan strategi Anda, maka kini yang harus dilakukan adalah mengenali lika-liku bisnisnya. Anda tentu tidak ingin “berperang” tanpa tahu apa yang sebenarnya sedang dihadapi. Lalu, bagaimana cara mengetahui lika-liku bisnis online?

Saat ini sudah banyak pelatihan, seminar, hingga webinar gratis tentang membangun bisnis online. Anda juga bisa bertanya langsung pada rekan yang sudah lebih dulu terjun dalam usaha online. Apabila teori saja dirasa kurang, Anda bisa mulai langsung berbisnis online, namun dalam skala kecil saja, misalnya menjadi seorang dropshipper dari toko online besar. Dari pengalaman tersebut, Anda bisa langsung belajar bagaimana cara kerja bisnis online.

Lihat juga: “Lika-Liku Bisnis Online”

Persiapkan Bisnis dengan Baik, Jangan Asal Ikut-Ikutan

Fenomena latah berbisnis memang merupakan suatu hal yang wajar, tapi bukan berarti Anda boleh hanya ikut-ikutan. Anda perlu mempersiapkan bisnis tersebut dengan baik. Terlebih dengan risiko yang minimal, jangan lantas membuat Anda terlena dalam mengelola bisnis online. Bagaimanapun juga, bisnis online tetaplah sebuah model bisnis yang harus dikelola dengan serius untuk mendapat keuntungan yang maksimal.

Buat persiapan dari semua informasi yang telah Anda dapatkan. Di samping itu, Anda juga harus berkomitmen untuk mengurus bisnis online dengan bersungguh-sungguh. Jangan karena menganggap bisnis online adalah bisnis modal kecil, Anda lantas gegabah dalam mengambil langkah. Persiapkan bisnis online dengan baik, jangan sekadar latah ikut tren.

Jadi, sebetulnya tidak ada yang salah dengan ikut berbisnis online di era digital sekarang. Namun, Anda harus melakukannya dengan niat dan komitmen yang tinggi agar bisnis online bisa berkembang dengan baik. Good luck!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

Leave a Reply