Ini Dia Keuntungan dari Memiliki Bisnis Rumahan

Bisnis tidak selamanya harus dilakukan di kantor atau ruko. Kini Anda juga bisa menjalani bisnis rumahan dengan mudah. Apabila keduanya dibandingkan, bisnis rumahan tentu memiliki sejumlah keunggulan yang tidak ditawarkan kerja kantoran. Karena bisnis dijalankan di rumah, Anda pun punya lebih banyak waktu untuk keluarga dan menekuni hobi yang Anda miliki. 

Belum lagi adanya kesempatan untuk membesarkan bisnis tersebut. Keempat keuntungan berikut ini akan membuat Anda semakin tergiur untuk menggeluti bisnis rumahan.

Tak cuma bisnisnya, Anda juga harus paham tentang cara mengelola penghasilan bisnis rumahan. Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut!

Kendali Penuh

Mengingat ini adalah bisnis yang Anda mulai sendiri, tentunya Anda memiliki kendali penuh dalam menjalankannya. Mulai dari cara memulai usaha, produk apa yang dijual, hingga cara memasarkannya, semua dapat Anda tentukan sendiri. Inilah salah satu keuntungan bisnis rumahan yang kemungkinan besar tidak bisa Anda dapatkan dari kerja kantoran. Di kantor, Anda kurang leluasa mengambil keputusan karena adanya kehadiran atasan atau pemilik perusahaan.

Kendali penuh atas bisnis jenis ini juga bisa Anda rasakan terkait pengaturan waktu yang fleksibel. Anda bebas menentukan kapan Anda harus menjalankan bisnis tersebut. Belum lagi adanya keuntungan menghemat waktu karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu commute di jalan.

Pendapatan Tambahan dari Bisnis Rumahan

Jika Anda perhatikan, banyak pebisnis rumahan yang sebetulnya sudah bekerja kantoran terlebih dulu. Hal ini bukannya tanpa alasan. Bisnis rumahan dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi mereka di samping gaji bulanan dari kantor. Namun, perlu dicatat bahwa mungkin pada masa awal menjalankannya, bisnis rumahan Anda mungkin belum dapat memberikan pemasukan. Semua membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Ingatlah bahwa pada masa awal pembentukan bisnis, baru ada sedikit orang yang mengetahui bisnis Anda. Sebaiknya fokuslah saja dulu untuk mengoptimalkan kualitas produk dan meningkatkan awareness target konsumen terhadap bisnis rumahan Anda. Seiring berjalannya waktu, selama Anda konsisten mengutamakan kualitas produk dan layanan konsumen, tingkat pemasukan pasti akan berjalan beriringan. Jadi, tekun dan bersabarlah adalah kunci sukses menjalani bisnis rumahan. 

Lihat juga: “Sukses Rintis Bisnis Konveksi dengan 3 Langkah Ini”

Pengeluaran Bisnis Rumahan Lebih Sedikit

Keuntungan lain dari bisnis rumahan adalah Anda dapat meminimalisir pengeluaran. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat lain. Manfaatkan saja area atau ruangan kosong di rumah Anda, mau itu ruang tamu, garasi, atau teras. Tentunya, Anda juga tak perlu mengeluarkan ongkos transportasi. Lalu, saat istirahat, Anda bisa makan masakan rumahan sehingga tidak perlu membeli di luar. Cukup menghemat pengeluaran, bukan?

Bahkan, ternyata usaha rumahan juga dapat membantu mengurangi jumlah pajak penghasilan yang harus Anda bayarkan. Dengan begitu, Anda pun dapat mengalokasikan biaya ke sektor pengeluaran lain yang sifatnya lebih krusial. Misalnya, mengumpulkan modal untuk cara memulai usaha, membeli bahan baku produk, atau mungkin membeli alat untuk memproduksi barang jualan Anda.

Langkah Awal untuk Bisnis yang Berkembang

Lebih dari sekadar sumber pendapatan tambahan, bisnis rumahan sebetulnya memberikan peluang sangat besar kepada Anda untuk mengembangkan skill sebagai entrepreneur profesional. Pada masa awal bisnis berjalan, kemungkinan besar Anda belum akan merekrut pegawai sehingga masih harus men-handle segala sesuatunya sendiri. Hal ini mencakup riset pasar, produksi, promosi, bahkan hingga keuangan.

Hobi Anda juga sangat berpotensi menjadi bisnis rumahan. Simak 5 Hobi yang berpotensi menjadi bisnis rumahan!

Anda pun dituntut untuk mempelajari hal-hal tersebut sekaligus langsung menerapkannya pada bisnis sendiri. Tentu ada banyak trial and error yang akan Anda jumpai, tetapi dari sini Anda bisa lebih mengenal bisnis Anda. Semakin Anda mengenalnya, semakin Anda bisa mempromosikannya dengan baik. Peluang untuk mendapatkan konsumen pun akan semakin besar pula.

Bisnis modal kecil ini memiliki sejumlah keuntungan tersendiri yang dapat membantu Anda untuk menjadi seorang pebisnis andal dan profesional. Hilangkan keraguan dan segera eksekusikan ide bisnis Anda. Sebagai salah satu cara memulai usaha, pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk membangun bisnis rumahan. Bisa jadi Anda akan lebih sukses dengan merintis bisnis rumahan sendiri.

Beruntung saat ini Anda bisa mendapatkan modal bisnis yang dibutuhkan melalui Modalku. Modalku menyediakan layanan pinjaman online untuk Anda dan para pebisnis lain yang membutuhkan modal. Kunjungi website Modalku untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan satu ini.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply