Kesempatan Aldo

Mencapai Target Penjualan dengan Strategi Pemasaran Online

Tulisan ini merupakan cerpen bersambung episode ke-2. Untuk mengikuti kisahnya sejak awal, klik artikel ini: “Nobar Bu Tejo”. Kali ini, Aldo berjuang agar strategi pemasaran online yang ia paparkan berhasil. Berhasilkah ia?

Belakangan beredar kabar tentang resesi ekonomi yang akan terjadi di kuartal III tahun 2020. TV, koran, hingga media sosial pun ramai dengan kabar ini. Sebenarnya, sejak tahun lalu, resesi sudah diprediksi, namun pandemi Covid-19 makin memperparahnya. Tentu hal ini mempengaruhi penjualan “Nyemil Sehat”, produk makanan ringan dengan bahan-bahan yang sehat,diproduksi oleh perusahaan Aldo magang saat ini.  

Dalam ruang meeting, dihadiri oleh Manajer Sales, Manajer Marketing, hingga pemilik bisnis, Pak Saptono pun mendiskusikan dampak resesi pada bisnis Nyemil Sehat. Meski cuma anak magang, Aldo diajak oleh Santi, Manager Marketing, atasan langsung Aldo. Pak Saptono memimpin meeting dengan raut tenang namun serius.

“Jadi, isu resesi ini memang benar adanya. Tapi, nyatanya penjualan kita tetep stabil. Orang-orang tetep beli produk kita kan. Kalian semua harus ingat, produk kita ini untuk niche market. Jadi, memang  bukan untuk semua orang. Saya rasa pembeli akan tetap beli produk kita apapun yang terjadi, apalagi berkat pandemi ini masyarakat makin sadar akan pentingnya kesehatan termasuk makanan yang lebih sehat bagi tubuh.“ papar Pak Saptono.

Bagas, kepala divisi sales pun menimpali. “Betul pak, alih-alih turun, penjualan produk kita justru mengalami peningkatan. Saya sih yakin, kalo pun jadi resesi, nggak bakal ngaruh ke produk kita”

“Apa iya kayak gitu? Kondisinya sekarang beda pak. Ada pandemi! Orang-orang cenderung ngurangin pengeluarannya. Malah ada yang penghasilannya berkurang, malah kena PHK,” sahut Aldo.

Lebih lanjut, Aldo menjelaskan bahwa resesi ekonomi akan membuat masyarakat sebagai konsumen percaya bahwa ekonomi sedang memburuk, mereka akan lebih selektif saat belanja. Secara psikologis, mereka akan cenderung menyimpan uangnya.

“Lantas, harus bagaimana? kita ngurangin produksi, malah buntung dong kita nanti!” tukas Bagas dengan muka masam.

“Coba kita perhatikan bersama laman ini, ” Aldo menunjukkan artikel tentang resesi ekonomi yang berjudul “Kiat Menghadapi Resesi untuk UMKM”. Aldo pun langsung menampilkan artikel tersebut di layar. Ia mengemukakan poin 4 yaitu, Evaluasi Sistem Pemasaran. Menurutnya, inilah yang harus dilakukan oleh Nyemil Sehat saat ini. 

Jalankan Strategi Pemasaran Online

Aldo melanjutkan penjelasannya dengan tenang. Ia menunjukkan beberapa file ppt yang sudah ia buat. Tampilan artikel dari blog Modalku pun segera berganti ke file power point yang sudah disiapkan Aldo. Di dalamnya tertulis poin-poin kalimat lugas tentang strategi pemasaran online Nyemil Sehat di tengah pandemi.

“OK, saya yakin di benak bapak dan ibu sekalian bertanya-tanya, saya malah paparkan tentang strategi pemasaran di tengah pandemi, bukan resesi.  Jadi, kebetulan saat ini resesi yang diperkirakan terjadi berada di saat pandemi. Tentu pukulan pada kondisi perekonomian lumayan tinggi. Oleh karena itu, kita perlu cara pemasaran yang extraordinary. Kalau biasanya kita andalkan tenaga sales, kini kita andalkan SEO dan konten media sosial.”

5 strategi pemasaran online pun dipaparkan satu persatu oleh Aldo.

Pertama, mulai bangun brand. Meski brand Nyemil Sehat sudah dikenal di kalangan pelanggan setia, namun tidak demikian di ranah online. Media sosial Nyemil Sehat memang ada, namun fungsinya sebatas brand awareness dan menyapa penggemar.

“Saat ini, Nyemil Sehat harus membangun brand yang kuat di dunia online. Kita harus  akan membedakan toko online kita dengan toko-toko lain. Calon pembeli akan mengenali toko Nyemil Sehat dengan lebih baik, dengan logo atau nama yang konsisten pada setiap tampilan barang,” papar Aldo dengan mantap.

Pak Saptono, Bagas, dan Santi pun mendengarkan dengan serius.

Aldo pun melanjutkan argumentasinya. 

“Kedua, terapkan SEO atau Search Engine Optimization. Ini merupakan langkah agar toko online kita mudah ditemukan oleh pembeli di mesin pencari. Di era internet seperti saat ini, calon pembeli akan mencari barang lewat mesin pencari. Tanpa melakukan optimasi website, blog, atau laman melalui SEO, bisa saja toko Anda akan sepi pengunjung, “

Langkah ketiga adalah optimalkan media sosial. Aldo menyarankan agar akun medsos yang ada sekarang lebih dioptimalkan. Tak hanya menyapa follower, tapi juga mengajak mereka membeli produk Nyemil Sehat. Aldo juga mengatakan mungkin kita harus sediakan bujet khusus untuk menggunakan jasa influencer agar promosi kita makin maksimal.

Bagas tetiba memotong dan bertanya tentang nasib para salesman dan salesgirl yang selama menjadi ujung tombak penjualan produk.

“Bagaimana dengan nasib sales force kita. Selama ini, mereka jadi ujung tombak penjualan. Masak kita tinggalkan begitu saja, karena kita online?,” tanya Bagas sinis.

“Tenang, di poin keempat pertanyaan Mas Bagas akan terjawab. Jadi, kita tetap butuh tenaga sales. Hanya cara berjualannya beda. Mereka akan jadi duta campaign Nyemil Sehat. Artinya, mereka mempromosikan produk-produk kita dengan media sosial mereka masing-masing. Dari situ kita tetap bisa hitung berapa leads yang bisa mereka dapatkan. Materi campaign seperti video, gambar, hingga konten wording akan kita support. Tentu semuanya boleh dibumbui kreativitas masing-masing sales, ” tandas Aldo. Pak Saptono terlihat hanya terdiam mengangguk-anggukkan kepala.

Santi yang dari tadi terlihat terus memperhatikan, tetiba menimpali. “Basically yang kita lakukan memang bukan pivot bisnis sepenuhnya, namun hanya dari sisi marketing. Jadi, pak Saptono produksi bisa berjalan normal. Nanti kalau sekiranya ada permintaan meningkat, bisa tetap ditambah kapasitas produksinya. ”

“Selain itu, menjadikan sales force sebagai brand ambassador digital tentu akan menghemat biaya influencer. Nanti biaya tersebut akan kita gunakan sebagai langkah atau poin kelima. Yakni menggunakan promosi online berbayar. Lumayan kan, bisa ngirit. Untuk awal-awal kita gunakan cara ini dulu,” tambah Santi.

“Betul juga ya,” jawab Pak Saptono.    

“Ya sudah kalo gitu, kamu Aldo, coba jalankan rencana strategi pemasaran online. Saya juga yakin cara pemasaran produk secara online ini akan membuat kita tetap bertahan di tengah pandemi. Apalagi sekarang sudah mulai PSBB lagi kan. Kasusnya ga turun-turun, malah bertambah tiap hari,” kata Pak Saptono.

“Kamu segera koordinasi dengan Bagas ya, kalo bisa kamu training agar komunikasinya di media sosialnya terarah,” imbuh Pak Saptono sembari tangannya menunjuk Bagas.

Tanpa ba bi bu Bagas pun mengiyakan instruksi Pak Saptono.

Berbagi Rasa

“Hari ini presentasiku berhasil, Pak Saptono setuju sama strategi pemasaran online yang aku ajuin,” ujar Aldo di layer aplikasi WhatsApp-nya. Dewi yang sedang duduk di teras sore itu, tersenyum simpul. Ia pun langsung menjawab, “Wihhh, selamat ya! Traktir dong. Pengen makan bakso nih!”

 Chat mereka pun saling berbalas hingga semburat cahaya jingga berganti gelap malam. Ada bunga-bunga mekar dalam hati Dewi mendengar kabar dari Aldo. Sejak awal ketemu Aldo, ia merasa nyaman dan yakin dengan Aldo. Setiap mendengar pencapaian Aldo, Dewi merasa itu juga pencapaiannya. Malam ini akan jadi malam paling menenangkan dalam hidup Dewi.

Oleh: UPR


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply