7 Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan untuk Dicoba

Pandemi corona telah melumpuhkan banyak sektor usaha di Indonesia. Per Juni 2020,  sudah ada sekitar 3,05 juta orang yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat COVID-19. Demi mendapatkan pemasukan tambahan, banyak orang akhirnya banting setir untuk memulai usaha baru. Kabar baiknya, ada sejumlah opsi usaha modal kecil yang bisa digeluti. Jika Anda juga tertarik untuk memulai usaha baru, berikut beberapa contoh bisnis skala kecil yang bisa dicoba.

Kursus Rumahan

COVID-19 tidak hanya berdampak pada sektor usaha, tetapi juga pendidikan. Sejak COVID-19 resmi dinyatakan sebagai pandemi, hampir seluruh sekolah di Indonesia meniadakan pembelajaran tatap muka. Sistem pembelajaran diubah menjadi online, membuat peran orang tua jadi lebih dibutuhkan walaupun guru tetap mengajar murid melalui video call.

Padahal, banyak orang tua yang masih harus bekerja dari rumah (work from home – WFH), sehingga tidak bisa selalu mendampingi anak-anak mereka belajar. Anda bisa menawarkan jasa kursus rumahan sebagai usaha modal kecil. Anda hanya perlu menyiapkan buku materi pembelajaran dan tentunya biaya transportasi untuk mendatangi murid. Namun, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker selama memberikan materi kursus.

Penitipan Anak

Bagi yang memiliki area rumah cukup luas atau mungkin ada ruangan menganggur di rumah, Anda bisa menjadikannya usaha modal kecil berupa tempat penitipan anak. Mungkin pada awalnya Anda harus melakukan renovasi kecil-kecilan, menghias area tersebut agar menarik perhatian anak-anak, dan menjadikannya area bermain yang menyenangkan. Agar bisa lebih cepat balik modal, Anda bisa mempromosikannya melalui website agar mampu menjangkau lebih banyak konsumen.

Penerjemah

Punya keahlian pada bidang tulis-menulis atau bahasa asing? Anda bisa mengembangkannya untuk profesi penerjemah profesional. Menariknya, Anda dapat melakukannya dari rumah dengan berbekal laptop dan internet. Untuk mendapatkan proyek sebagai penerjemah, Anda bisa bergabung dengan berbagai situs freelancing. Jangan lupa siapkan portofolio untuk menunjukkan keahlian Anda dalam bidang penerjemahan bahasa asing.

Minuman Kekinian

Sebelum COVID-19 menyerang, orang-orang bisa dengan mudah nongkrong di kafe tanpa khawatir tertular virus. Namun, mengingat adanya imbauan untuk stay di rumah, muncul banyak usaha yang menawarkan minuman kekinian ala kafe. Salah satunya adalah kopi yang dijual dalam botol 1 liter. Bahkan tidak hanya kopi, beragam varian menu minuman lain pun turut dijual dalam ukuran sama, contohnya seperti green tea latte, jasmine green tea, hingga milk tea.

Nah, Anda pun bisa ikut berjualan dengan memanfaatkan popularitas minuman tertentu. Misalnya seperti kopi dalgona yang sempat ramai beberapa waktu lalu. Anda bisa membuka stand kecil-kecilan di depan rumah untuk menjualnya.

Laundry

Contoh bisnis skala kecil selanjutnya yang patut Anda pertimbangkan adalah laundry. Walaupun masih ada banyak orang yang harus WFH, mereka tetap tidak memiliki waktu untuk melakukan laundry sendiri. Jadikan ini sebagai peluang usaha modal kecil untuk menawarkan usaha laundry. Mulai saja dengan skala kecil dulu di rumah. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya konsumen, Anda pun dapat membesarkan usaha laundry secara perlahan. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikannya.

Katering

Virus corona membuat orang membatasi aktivitas di luar rumah. Belum lagi ditambah aktivitas WFH yang membuat mereka jadi kesulitan membagi waktu untuk melakukan pekerjaan rumah, termasuk memasak. Anda bisa menyediakan solusi berupa jasa katering. Mulailah usaha modal kecil ini dengan menawarkannya ke orang-orang terdekat, misalnya anggota keluarga atau rekan kerja. Minta mereka untuk memberikan review dan merekomendasikannya ke orang lain. 

Masker Kain dan Face Shield

Di tengah pandemi, pasti ada saat di mana Anda tetap harus keluar rumah, entah untuk belanja kebutuhan sehari-hari atau masuk kerja kantoran. Protokol kesehatan pun wajib diterapkan selama bepergian keluar rumah, seperti menggunakan masker dan rajin mencuci tangan atau setidaknya menggunakan hand sanitizer. 

Mengingat tingginya kebutuhan terhadap masker, Anda bisa memulai usaha modal kecil untuk menjual masker kain. Bagi yang punya keahlian menjahit, tentu Anda dapat membuatnya sendiri. Namun, jika tidak, Anda bisa bekerja sama dengan para penjahit lokal sekaligus memberikan mereka sumber pemasukan baru. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menjual face shield sebagai perlindungan tambahan dari masker.

Berbagai usaha modal kecil di atas dapat Anda coba untuk menambah pemasukan. Tidak perlu khawatir soal modal, Anda bisa mendapatkannya melalui Modalku. Kini Modalku menyediakan pinjaman kepada para pemilik usaha, khususnya pedagang online.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply