Ikuti 6 Cara Memulai Usaha dari Nol Sampai Sukses

Mengetahui cara memulai usaha dari nol sangat penting agar Anda bisa membuka usaha besar ataupun usaha kecil-kecilan dengan langkah-langkah tepat. Anda mungkin belum punya pengalaman dalam memulai usaha, sehingga perlu panduan untuk melakukannya.

Membaca artikel ini adalah langkah pertama yang sudah tepat karena Anda akan mendapatkan langkah-langkah atau cara-cara memulai usaha dari nol sampai sukses. Mari simak informasi selengkapnya berikut.

Yakin dengan Business Plan yang Dibuat

Business plan (rencana bisnis) adalah dokumen tertulis yang menggambarkan kegiatan inti bisnis, tujuan, dan rencana untuk mencapai tujuan. Jika Anda sudah membuat business plan yang matang, maka yakinlah dengan cara memulai usaha dari nol ini. Dengan business plan, Anda akan bisa mengidentifikasi, menggambarkan, menganalisis peluang bisnis yang sudah berjalan, memeriksa kelayakan teknis, ekonomi, dan keuangan bisnis.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Food Truck Kekinian yang Ramai Pembeli

Posisikan Diri Sebagai Pengusaha dan Pembeli

Cara memulai usaha dari nol selanjutnya adalah memposisikan diri sebagai pengusaha dan pembeli. Ini penting karena Jika Anda ingin membangun bisnis yang hebat dan bertahan lama, jangan pernah berhenti memikirkan dunia dari sudut pandang pelanggan.

Banyak perusahaan sukses gagal berkembang karena mengalihkan fokus ke sesuatu selain pelanggan. Jadi, cobalah untuk selalu memposisikan diri Anda sebagai pembeli. Tentu saja dengan tidak lupa bahwa Anda juga pengusaha, sehingga Anda selalu dapat melihat dan gesit dalam menangkap semua peluang pasar.

Fokus di Satu Lini Produk Dulu

Sebagai pengusaha, Anda pastinya ingin menjual berbagai produk yang menjangkau banyak orang. Namun saat baru memulai, Anda tidak bisa langsung melakukannya karena alasan budget dan risiko. Anda perlu fokus dulu di satu lini produk, sehingga Anda mampu mengidentifikasi pelanggan inti Anda.

Ketika Anda fokus pada satu produk, akan menjadi jauh lebih mudah untuk menghasilkan produk terbaik. Memastikan bahwa Anda merancang produk dan melakukan pemasaran untuk pelanggan inti akan membuat Anda bisa menawarkan produk hebat untuk pelanggan inti. Selanjutnya, baru Anda bisa mulai mempertimbangkan cara memenuhi kebutuhan lebih banyak orang.

Baca juga: 6 Cara Mudah Mulai Investasi Emas Khusus Pemula

Belajar, Belajar, dan Belajar

Berbisnis bisa terasa sulit untuk waktu-waktu tertentu. Dengan belajar, belajar, dan terus belajar, Anda dapat menciptakan rasa keseimbangan dan pertumbuhan yang sangat penting untuk membuat perjalanan usaha kecil-kecilan atau usaha besar Anda menjadi hal yang menyenangkan.

Saat ini belajar juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Anda bisa belajar lewat online, lewat kursus, kuliah lagi, atau sekadar gabung ke komunitas pebisnis online. Kebanyakan pebisnis suka belajar karena hal itu menginspirasi mereka untuk mencapai hal-hal hebat. Inspirasi jarang datang ketika Anda melakukan hal yang sama setiap hari, jadi cobalah terus belajar untuk mengeksplor hal-hal baru.

Cara Memulai Usaha dari Nol Adalah Tidak Takut Apalagi Gengsi

Ketakutan akan kegagalan adalah hal normal bagi pebisnis. Ketakutan tersebut bisa berupa ketakutan kehilangan klien utama hingga kehabisan uang. Bagi pebisnis, keberanian bukanlah tidak adanya rasa takut, tetapi kemampuan untuk bertahan terlepas dari itu. Jadi, beranilah dan pastinya jangan gengsi.

Mencoba semua langkah, seperti memulai tanpa rasa takut, turun langsung ke jalan, memasarkan produk atau jasa ke teman dan keluarga terdekat bisa membawa Anda lebih dekat kepada kesuksesan. Jangan lupa untuk menyempatkan waktu mendengarkan berbagai kritik dan saran yang membangun dari expert dan pembeli untuk membuat usaha Anda lebih bisa berkembang.

Baca juga: 7 Produk Investasi untuk Pemula yang Bisa Dicoba

Disiplin Waktu dan Uang

Biasanya, disiplin memberikan kekuatan batin dan kepercayaan diri yang memungkinkan Anda mengambil keputusan dengan tenang. Jadi, jika Anda membangun kedisiplinan diri dalam membangun usaha, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengontrol tindakan dan reaksi dengan cara yang positif.

Dua hal yang perlu kedisiplinan untuk dilakukan adalah mengelola waktu dan uang. Anda tidak boleh cepat puas saat bisnis menghasilkan profit. Berpikirlah jauh ke depan dengan langsung mengelola keuangan perusahaan agar usaha Anda bisa scale up.

Siapkan Modal Usaha

Cara memulai usaha dari nol yang terakhir tentunya adalah menyiapkan modal usaha. Banyak pebisnis ragu memulai usaha karena modal awal yang mungkin belum dimiliki. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah tersedia banyak layanan pendanaan bagi usaha kecil-kecilan, seperti pinjaman dana online.

Sebuah alternatif pendanaan populer di kalangan masyarakat modern ini tidak hanya menawarkan proses yang tidak sulit, namun juga kemudahan pengajuan karena bisa dilakukan secara online. Agar bisa meminjam uang sebagai modal usaha dengan aman, pastikan layanan pinjaman dana online yang Anda pilih telah memperoleh izin dari OJK.

Layanan pinjaman dana online yang bisa Anda pilih dan sudah terjamin terpercaya adalah Modalku. Pinjaman Modalku tidak memerlukan jaminan, sehingga mudah diajukan, ditambah tenor cukup panjang. Kunjungi laman resmi Modalku untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply