Inilah Tips Mendirikan Bisnis Startup yang Wajib Anda Ketahui!

Kini, banyak anak muda yang mendirikan startup untuk menjawab kebutuhan konsumen di era digital.  Secara harafiah, startup berarti rintisan. Lebih lengkapnya, startup adalah bisnis rintisan yang memiliki potensi tumbuh serta penguasaan pasar secara cepat. Perusahaan rintisan dapat berkembang menjadi perusahaan raksasa yang memberikan ide-ide kreatif bagi permasalahan konsumen. Tidak heran, startup dianggap sebagai jenis bisnis yang cenderung lebih relevan dengan kebutuhan-kebutuhan pasar terkini.

Saat ini, sudah terdapat lebih dari 2.000 bisnis startup yang beroperasi di Indonesia. Angka tersebut termasuk cukup tinggi, namun bukan berarti tidak ada lagi ruang untuk kemunculan startup baru. Nyatanya, bidang startup yang kini bergerak di Indonesia masih tidak begitu beragam. Kebanyakan perusahaan rintisan di Indonesia masih bergerak di lini lapak dagang online, transportasi online, dan game online. Artinya, masih banyak bidang yang bisa dikembangkan. Maka, Artikel ini penting untuk Anda yang ingin merintis perusahaan sendiri karena Modalku telah merangkup tips untuk mendirikan dan menjalankan startup Anda!

Temukan investor yang tepat

Langkah pertama sekaligus tips penting saat mendirikan bisnis startup adalah menemukan investor. Carilah investor yang dapat melihat visi startup Anda sebagai sesuatu yang selaras dengan nilai-nilai bisnis yang ia miliki. Hal ini penting, karena perbedaan visi bisnis dengan investor justru dapat menghambat perkembangan bisnis.

Carilah investor yang sejalan dengan industri bisnis startup Anda. Tujuannya agar menghasilkan sebuah kerja sama yang lebih imbang serta menguntungkan kedua belah pihak. Jika tepat, nilai bisnis startup Anda akan meningkat dan investor lainnya akan tertarik untuk berinvestasi pada bisnis yang Anda bangun.

Bentuk tim yang solid

Tips berikutnya adalah bangunlah tim yang solid. Startup mampu bergerak dan berkembang pesat karena hasil kerja keras tim yang kompak. Dengan menyamakan visi dan menjalankan tugas masing-masing, hubungan antar karyawan akan semakin harmonis. Tetapkan komitmen kerja di dalam tim untuk mempertahankan konsistensi kinerja yang baik.

Tim yang solid ini dimulai dari iklim kerja yang dibangun oleh pemimpin. Iklim ini nantinya akan menjadi budaya kerja. Berkembang di budaya kerja yang sehat dapat mempererat tim, sehingga kinerja menjadi optimal. Tim yang solid akan membuat para pemegang saham lebih percaya pada bisnis startup yang Anda jalankan.

Agar kinerja tim Anda semakin solid, pelajari juga cara-cara delegasi tugas yang baik dan benar! Klik di sini untuk tips ampuhnya!

Ciptakan ide-ide segar yang inovatif

Esensi utama dari startup adalah menghadirkan solusi-solusi yang relevan bagi permasalahan konsumen. Bisnis harus terus dikembangkan dengan membaca tren serta kebutuhan konsumen yang bersifat dinamis. Maka, pastikan bisnis startup Anda konsistensi dalam mengeksekusi ide-ide.

Dedikasikan tim khusus untuk melakukan riset dan pengembangan bagi bisnis startup yang Anda jalankan. Tim ini akan menjadi koreksi internal untuk mengecek masalah-masalah operasional serta akan menghadirkan solusi menarik. Mereka juga dapat menciptakan terobosan-terobosan baru pada kegiatan operasional maupun sektor krusial lainnya seperti produksi, layanan, serta pemasaran secara digital.

Digital marketing memang penting di era serba gadget, namun offline marketing masih sangat dibutuhkan, lho! Simak ulasannya di artikel ini: “Pentingnya Offline Marketing di Tengah Pusaran Bisnis Digital”


Terakhir, Anda harus selalu mengingat bahwa startup adalah bisnis yang bersifat efektif, efisien dan berbasis teknologi. Maka, cobalah untuk selalu hadir dengan solusi-solusi terbaik yang bisa dimanfaatkan oleh para konsumen dalam mempermudah aktivitas sehari-hari. Pantau terus tren-tren yang berkembang di sekeliling Anda agar bisnis pun tetap eksis seiring perubahan zaman.

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply