Seberapa Efektif Peluang Usaha Online Itu?

beragam peluang usaha online

Selama masa pandemi ini, ada banyak peluang usaha online yang bisa dimanfaatkan jika Anda ingin memulai sebuah bisnis baru. Perkembangan teknologi dan kemudahan internet menjadi faktor penting dari banyaknya peluang usaha ini.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis baru yang berbasis online, berikut ini adalah beberapa peluang usaha online yang dapat Anda manfaatkan!

Peluang Usaha Online

Untuk memanfaatkan peluang usaha online, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang begitu banyak. Selain itu, bisnis yang berbasis online juga biasanya lebih fleksibel dan dapat menjangkau target pasar yang lebih luas, membuatnya lebih efektif dibanding dengan peluang usaha lain.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha online yang dapat Anda manfaatkan untuk membuka bisnis baru yang berbasis online:

1. Dropshipping

Dropshipping adalah salah satu peluang bisnis online yang bisa Anda coba dari rumah. Pasalnya, Anda hanya memasarkan dagangan orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Selain itu, untuk memulai bisnis ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun.

Sistem penjualan dari dropshipper ini adalah mempromosikan produk dari penjual atau supplier lain melalui website atau media sosial Anda. Nantinya, penghasilan yang akan Anda dapatkan saat menjadi dropshipper akan berasal dari selisih harga jual ke konsumen dengan biaya pembelian produk dari supplier.

2. Kursus Online

Dengan berkembangnya era digital saat ini, banyak bermunculan workshop dan bootcamp secara online. Tanpa disadari, ini juga bisa menjadi peluang bisnis online yang bisa Anda manfaatkan dan lakukan dari rumah.

Ada banyak peluang yang bisa Anda coba jika ingin membuka kursus online. Misalnya kursus SEO online, membuat website, kursus bahasa asing, seperti: Inggris, Jepang, Korea, dan sebagainya, hingga kursus persiapan UTBK-SBMPTN atau ujian masuk perguruan tinggi lainnya.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat

3. Jasa Konsultasi

Jika Anda memiliki keahlian khusus seperti UI/UX, SEO, dan lain sebagainya, kini Anda tidak perlu lagi bekerja di kantoran untuk menjadi konsultan. Pasalnya, peluang bisnis online ini bisa Anda jalankan dari rumah dengan menawarkan jasa konsultasi online melalui media sosial dan website.

Anda bisa mulai membuka jasa konsultasi di bidang yang Anda kuasai. Nantinya, konsultasi tersebut dapat dilakukan secara online melalui website atau aplikasi, seperti Google Meet, Zoom, atau Skype, dengan tarif yang dapat disepakati bersama dengan klien.

4. Berjualan Pulsa dan Kuota Internet

Pulsa dan kuota internet menjadi salah satu kebutuhan yang harus ada saat ini. Tanpa pulsa dan kuota internet, gadget kita seperti smartphone dan lainnya tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

Nah, dengan tingginya permintaan masyarakat akan kebutuhan pulsa dan kuota internet ini, berjualan pulsa dan kuota internet telah menjadi salah satu peluang usaha online yang memiliki prospek paling bagus. Modal yang dibutuhkan untuk memulainya juga tergolong sedikit, jadi jangan sampai Anda melewatkannya.

Baca Juga: Ragam Peluang Usaha di Masa Pandemi yang Bisa Dicoba

5. Jasa Pemasaran Digital

Dalam beberapa tahun terakhir, strategi pemasaran digital telah mengalahkan sistem pemasaran atau periklanan tradisional, seperti surat kabar, brosur, dan bahkan papan reklame. Pasalnya, saat ini banyak pengusaha yang memanfaatkan kemajuan internet untuk mempromosikan produknya.

Hal ini tentunya menjadi peluang bisnis online yang sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang digital advertising marketing. Beberapa platform yang terkenal untuk konten iklan secara digital adalah Google Ads dan Facebook Ads.

6. Membuka Toko Online

Peluang usaha online yang tidak kalah menarik adalah menjual barang secara online atau membuka toko online. Barang yang bisa Anda jual beragam juga beragam, seperti barang-barang Anda yang sudah tidak terpakai, mulai dari pakaian hingga buku pelajaran yang sudah tidak dipakai.

Jika Anda tidak memiliki barang yang bisa dijual, Anda juga bisa melakukan kerja sama dengan perajin yang ada di daerah Anda atau dengan pedagang lokal. Selain menguntungkan untuk Anda, perajin dan pedagang lokal yang ada di daerah Anda pun akan sangat terbantu.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis yang Bakal Jadi Trend 2022

7. Jasa Penulisan atau Pembuatan Konten

Dengan maraknya pemasaran digital yang sudah dilakukan oleh berbagai jenis industri, kebutuhan akan konten yang bagus untuk meningkatkan trafik ke website sebuah perusahaan pun meningkat. Nah, jika Anda memiliki kemampuan menulis, maka Anda dapat memanfaatkan peluang usaha online yang satu ini.

Konten yang biasanya dimuat di dalam sebuah website adalah artikel. Namun, selain kemampuan menulis, Anda juga memerlukan kemampuan SEO agar dapat memaksimalkan hasil trafik ke website yang didapatkan dari konten yang Anda buat.

Selain konten artikel di website, banyak perusahaan atau organisasi yang mulai merambah media sosial juga dengan membuat konten-konten yang viral seperti video lucu, video parodi, atau bahkan podcast. Jika Anda adalah orang yang kreatif dan percaya diri, Anda sangat bisa memanfaatkan peluang usaha online yang satu ini.

Nah, jika Anda sudah menjalani sebuah usaha online dan ingin mengembangkannya, Anda dapat meminjam modalnya di platform pinjaman online seperti Modalku. Semoga penjelasan mengenai peluang usaha online ini dapat membantu Anda, ya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan