#MakingHERStory ala Kartini Masa Kini

Hari Kartini

Pada momen hari Kartini ini, kami ingin merenungkan kembali betapa besarnya peran perempuan di sekitar kita. Sudah berapa dampak dan inspirasi yang mereka bagikan untuk masyarakat dan bangsa Indonesia. Inisiatif #MakingHERStory kali ini akan menggali peran dan pemberdayaan wanita dalam perusahan kita tercinta. Inilah cerita inspirasi dari Ariani Ratna Hadioetomo – VP, Group Head of Brand & Marketing Communications Funding Societies | Modalku

Pelajaran yang bisa kamu petik mengenai kepemimpinan untuk para wanita? 

Menjaga keseimbangan antara fokus pada membangun hubungan dengan tim dan fokus mencapai hasil. Tantangan yang penting dalam kepemimpinan (saya rasa tidak hanya berlaku untuk wanita) adalah bagaimana bisa menjaga keseimbangan antara dua metode ini. Kepemimpinan yang fokus pada hasil akan fokus terhadap tugas yang selesai dengan baik dan sesuai deadline. Namun, kepemimpinan yang fokus membangun hubungan dengan timnya akan fokus kepada setiap individunya serta tingkat kepuasan mereka dalam berkarya. Menjaga keseimbangan ini adalah kunci untuk mendorong kreativitas dan mengoptimalkan kualitas terbaik dari setiap anggota tim, yang tentunya akan meningkatkan produktivitas.


Apakah kamu mendapatkan inspirasi secara profesional dari para wanita lainnya? Kalau ada yang menginspirasi kamu, coba kamu ceritakan siapa sosok tersebut?

Iya, saya mendapatkan inspirasi dari para pemimpin wanita dalam perjalanan karir saya. Mereka adalah bos pertama, kedua dan ketiga adalah pemimpin wanita yang menginspirasi saya. Mereka memimpin dengan memberikan contoh dari tindakan dan sikapnya, bukan hanya dari perkataannya. Selain itu, mereka juga memberikan saya ruang gerak yang aman apabila melakukan kesalahan. Karena melalui kesalahan-kesalahan tersebut, saya dapat belajar untuk berkembang menjadi karyawan yang lebih baik dan pada akhirnya membawa saya berada di titik ini.

Apa yang membuat kamu semangat dalam bekerja?

Orang-orang yang berinteraksi dengan saya dalam bekerja. Saya sungguh menikmati bekerja dengan tim saya. Selain itu, kultur dalam perusahaan yang kondusif sama pentingnya. 

Apa saran yang kamu dapat berikan kepada generasi pemimpin wanita berikutnya? 

“Harus memiliki tujuan yang jelas terhadap diri sendiri & jadilah berani untuk mencapainya”. Selain saran dari saya tersebut, saya juga mau mengutip kata bijak dari Afrika “Jika ingin berjalan cepat, maka jalanlah sendiri. Jika ingin berjalan jauh, maka jalanlah bersama-sama”. Bagi saya kutipan ini berlaku dalam kehidupan profesional maupun kehidupan pribadi saya. Dalam kehidupan profesional, saya percaya untuk selalu mencari solusi yang sesuai dengan setiap individu. Pada kehidupan pribadi, terlepas dari komitmen saya sebagai wanita yang profesional, saya juga tidak melupakan peran saya sebagai seorang ibu, istri, anak dan juga saudara.

Bagaimana FSMK telah memberdayakan kamu untuk #breakthebias dan menjadikan kamu seorang pemimpin? 

Cara bekerja yang fleksibel memberikan saya kesempatan untuk dapat mengelola waktu lebih baik antara waktu bekerja dan mengurus keluarga. Kita menyadari dan mengakui bahwa peran sebagai seorang wanita bekerja tidak mudah. Tetapi, dengan fleksibilitas yang ada di FSMK, saya dapat bekerja dari rumah dan mendapatkan work life balance. Hal ini sangat mendukung peningkatan produktivitas saya dalam berkarya.  

Bagaimana seharusnya wanita dapat mendukung rekan-rekan wanitanya dalam organisasi?

Menciptakan komunitas yang aman dimana para wanita bisa saling berkomunikasi, menceritakan pengalaman mereka, bertukar saran untuk sebuah masalah, maupun sekedar bercerita kisah sehari-harinya.

Apa yang kamu pelajari dari program FSMK Women in Leadership #makingHERstory

Percaya pada kemampuan diri, dan yakin bahwa kita dapat melalui setiap tantangan dalam perjalanan berkarir, termasuk juga percaya diri ketika harus mengambil risiko. Networking adalah tips yang sangat penting dalam berkarir, bukan hanya ketika kita perlu suatu bantuan dari seseorang, tapi sebagai prinsip membangun hubungan baik dengan berbagai pihak, kita tidak pernah tahu kapan hasil dari networking tersebut akan bermanfaat, tapi suatu hari akan sangat berguna. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan