5 Tujuan Analisis Peluang Usaha yang Harus Dipahami

tujuan analisis peluang usaha

Bagi Anda yang sedang memiliki rencana untuk membangun sebuah bisnis, ada baiknya untuk melakukan analisis peluang usaha terlebih dahulu. Memangnya apa pengertian dan tujuan analisis peluang usaha?

Melalui artikel ini, Modalku akan memberikan informasi lengkap kepada Anda seputar analisis peluang usaha mulai dari pengertian dan tujuannya. Selain itu, kami juga akan membahas secara singkat mengenai cara untuk melakukan analisis peluang usaha.

Apa Itu Analisis Peluang Usaha?

Saat ini, Anda sedang merencanakan pembangunan sebuah bisnis, bukan? Apakah Anda sudah tahu bagaimana permintaan pasar saat ini? Apakah produk atau jasa yang ingin Anda jual sesuai dengan perilaku konsumen yang ditargetkan? Lalu, bagaimana cara Anda menjalankan bisnis tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan di atas dapat membantu Anda untuk menentukan analisis peluang usaha di dalam bisnis yang akan dijalankan. Jadi singkatnya, analisis peluang usaha adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan segala data dan informasi yang dibutuhkan oleh suatu bisnis secara akurat.

Melalui hasil analisis peluang usaha tersebut, Anda dapat memahami bidang bisnis yang dijalankan bahkan mempelajari perkembangan bisnis yang dilakukan oleh kompetitor. Selain itu, Anda juga dapat menyusun strategi bisnis yang efektif dan tepat sasaran dengan dilakukannya analisis peluang usaha.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Di Masa Pandemi yang Bisa Anda Lakukan

Apa Saja Tujuan Analisis Peluang Usaha?

Berikut ini, setidaknya ada 5 tujuan utama dari analisis peluang usaha yang penting untuk Anda pahami, yaitu:

1. Mengantisipasi Terjadinya Krisis

Tujuan pertama dari analisis peluang usaha yang dilakukan dalam sebuah bisnis adalah untuk mengantisipasi terjadinya krisis. Anda harus memahami bahwa setiap bisnis pasti akan menghadapi sebuah krisis yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Sebagai contoh, ketika kita dihadapkan dengan masa pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang satu per satu harus gulung tikar atau menyatakan bahwa mereka bangkrut akibat diterapkannya lockdown. Masa pandemi COVID-19 merupakan salah satu jenis krisis yang dapat memberikan dampak yang besar bagi kegiatan ekonomi tidak hanya di negara kita saja, namun di seluruh dunia.

Dengan dilakukannya analisis peluang usaha, Anda jadi lebih siap dan tahu langkah apa yang harus diambil ketika bisnis yang dijalankan menghadapi sebuah krisis. Pada akhirnya, bisnis Anda akan tetap bertahan bahkan hingga melewati masa krisis tersebut.

Baca Juga: Metode Analisis Peluang Usaha agar Bisnis Berhasil

2. Menghindari Kebangkrutan 

Melanjutkan dari poin pembahasan sebelumnya, analisis peluang usaha juga bertujuan untuk menghindari kebangkrutan yang mungkin saja dapat dihadapi oleh bisnis Anda pada masa yang akan mendatang. Tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut sampai benar-benar terjadi, bukan?

Analisis peluang usaha perlu dilakukan agar Anda bisa mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan untuk mempertahankan bisnis yang sedang dijalankan. Bukan tidak mungkin Anda juga dapat mencari peluang untuk meningkatkan keuntungan melalui informasi yang didapat dari analisis peluang usaha.

3. Memahami Tinggi atau Rendahnya Minat Pasar

Setiap bisnis pasti harus berhubungan dengan pasar dan Anda memiliki tugas penting untuk memahami seberapa tinggi minat pasar terhadap produk atau jasa yang ingin dijual. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan analisis peluang usaha. 

Minat pasar yang rendah tentu saja akan membuat suatu bisnis sulit untuk berjalan dengan stabil ataupun dapat berkembang, bukan? Oleh karena itu, Anda harus memahami terlebih dahulu minat pasar saat ini dan memikirkan strategi yang tepat untuk meningkatkan minat pasar di bidang bisnis yang akan dijalankan.

4. Memahami Tingkat Persaingan Bisnis

Apakah Anda sudah mengenali siapa saja kompetitor atau pesaing dari bisnis yang akan dijalankan? Dengan analisis peluang usaha, Anda dapat lebih memahami siapa saja kompetitor di bidang bisnis tersebut dan seberapa tinggi tingkat persaingannya.

Setiap bisnis pasti akan mengalami persaingan. Oleh karena itu, Anda harus dapat memahami tingkat persaingan bisnis terlebih dahulu untuk dapat mengetahui seberapa tinggi peluang yang tersedia untuk bersaing dengan kompetitor.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat

5. Menyusun Strategi Pemasaran yang Tepat

Tujuan terakhir dari analisis peluang usaha adalah agar Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang tepat. Dengan demikian, seluruh sumber daya yang digunakan dalam kegiatan pemasaran seperti uang, tenaga, dan waktu dapat dimanfaatkan dengan efektif serta sampai pada target pasar yang tepat.

Bagaimana Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha?

Dalam melakukan analisis peluang usaha, Anda bisa menggunakan beberapa metode. Salah satu metode yang paling sering digunakan oleh perusahaan besar adalah metode analisis SWOT.

Metode analisis SWOT atau yang kepanjangannya Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat merupakan metode yang digunakan untuk memahami bisnis Anda secara lebih mendalam. Anda dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan apa yang dimiliki dari bisnis tersebut, kemudian peluang apa yang bisa didapat, serta ancaman apa yang mungkin akan dihadapi oleh bisnis tersebut.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar 5 tujuan analisis peluang usaha yang harus Anda pahami dan bagaimana cara melakukan analisis tersebut dengan menggunakan metode SWOT. Anda juga dapat mengembangkan bisnis dengan dukungan pinjaman dana tunai bersama Modalku.

Proses pengajuan pinjaman dana tunai melalui kami sangatlah mudah dan cepat. Apabila Anda membutuhkan pinjaman dana tersebut, silakan hubungi Modalku sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan