Analisis Bisnis Laundry Kiloan Menggunakan Pinjaman Online

Memanfaatkan pinjaman online tepercaya untuk memulai bisnis berpotensi menguntungkan jika Anda memulai bisnis yang tepat, seperti bisnis laundry kiloan. Bisnis laundry kiloan merupakan salah satu jenis usaha yang menguntungkan karena dapat menjangkau banyak kalangan.

Mengingat peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar cukup menjanjikan, tidak ada salahnya Anda melakukan pinjaman online tepercaya untuk memulai bisnis ini. Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dari orang-orang yang tidak punya waktu untuk mencuci baju sendiri.

Rincian Pinjaman Online Tepercaya yang Dibutuhkan untuk Modal

Anda sebaiknya memanfaatkan pinjaman online tepercaya untuk membuka usaha laundry kiloan karena modal yang dibutuhkan cukup besar. Pengeluaran terbesar dari memulai bisnis ini adalah untuk membeli mesin cuci.

Selain harus menyiapkan dana untuk membeli mesin cuci, Anda juga perlu mengeluarkan dana untuk membayar karyawan, biaya listrik, dan biaya sewa tempat. Jika ingin menekan modal, Anda bisa membuka usaha laundry di rumah sendiri. Rincian pinjaman online tepercaya yang dibutuhkan untuk modal adalah:

  1. Rp4 juta untuk membeli 2 unit mesin cuci
  2. Rp1,5 juta untuk membeli 1 unit pengering
  3. Rp500 ribu untuk membeli 5 unit setrika
  4. Rp250 ribu untuk membeli timbangan digital
  5. Rp300 ribu untuk membeli 1 set meja dan kursi
  6. Rp500 ribu untuk membeli spanduk sebagai promosi awal

Jadi, untuk biaya investasi awal Anda membutuhkan Rp7 jutaan. Biaya ini belum termasuk biaya listrik bulanan yang bisa memakan budget hingga Rp3 juta. Sehingga, total modal yang Anda butuhkan kurang lebih adalah Rp10 juta.

Keuntungan yang Bisa Didapatkan

Tidak perlu ragu melakukan pinjaman online tepercaya sebesar Rp10 juta untuk memulai bisnis laundry kiloan karena keuntungan yang bisa didapatkan cukup menggiurkan. Berdasarkan asumsi pendapatan sebesar Rp6 juta per bulan (pemesanan 40kg/hari X 30 = 1200 kg dengan harga Rp5 ribu per kg), Anda bisa mengembalikan modal usaha dalam waktu 3 bulan operasional.

Setelahnya, setiap bulan Anda bisa meraup untung lebih dari 50%. Dalam jangka waktu panjang, keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis laundry kiloan ini sangat menjanjikan.

Pastikan Lokasi Laundry Kiloan Cukup Strategis

Usahakan untuk memilih lokasi yang strategis, contohnya di kawasan tempat tinggal para mahasiswa yang biasanya tidak punya waktu untuk mencuci baju sendiri dan ingin sesuatu yang serba praktis.

Kawasan yang padat penduduk di perkotaan dan kawasan perkantoran juga bisa menjadi pilihan. Anda bisa menawarkan potongan harga jika berlangganan dengan limit kilogram tertentu per bulan.

Hati-hati dalam Menangani Pakaian Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah yang utama apabila Anda ingin membangun basis pelanggan yang setia. Untuk memberikan pelanggan pengalaman terbaik menggunakan jasa laundry, Anda harus berhati-hati dalam menangani pakaian pelanggan.

Jika Anda sudah mengetahui cara mencuci pakaian yang benar, Anda bisa memberikan kepuasan terbaik bagi pelanggan. Pastikan pakaian pelanggan dicuci dengan benar, bersih, harum, disetrika dengan rapi, dan sampai di tangan pelanggan dengan aman agar mereka membangun kepercayaan dengan bisnis Anda. Semakin banyak pelanggan yang puas, semakin besar pula keuntungan yang aman Anda dapatkan.

Patok Harga yang Ekonomis

Harga laundry kiloan sebenarnya mirip antara satu tempat laundry dengan tempat laundry yang lain. Dihitung per kilogram, harga untuk satu kilogram umumnya berkisar antara Rp6 ribu – Rp10 ribu, tergantung pada waktu pengerjaan.

Anda bisa mematok harga yang ekonomis sesuai harga pasar dan memberikan sejumlah keuntungan lain untuk menarik pelanggan. Pastikan saja harga yang Anda tentukan ditentukan berdasarkan riset harga pasaran yang sudah Anda lakukan dan memperhitungkan biaya operasional yang dikeluarkan.

Modal Juga Harus Dialokasikan untuk Promosi

Anda juga perlu mengalokasikan modal untuk promosi karena ini akan menarik banyak pelanggan di awal pembukaan bisnis laundry kiloan. Modal yang Anda dapatkan dari pinjaman online tepercaya bisa Anda gunakan untuk memberikan promosi menarik.

Selain itu, Anda juga menyediakan paket cuci khusus yang fokusnya adalah pada kepuasan dan keuntungan pelanggan. Misalnya, paket langganan 2 bag (1 bag maksimal 6 kilogram) per bulan dengan gratis antar-jemput seharga Rp70 ribu bisa sangat menarik bagi orang-orang yang tidak ingin repot mengantar dan mengambil pakaian sendiri di tempat laundry.

Berbagai promosi di atas bisa Anda lakukan jika Anda membuka bisnis laundry bersama pinjaman Modalku. Pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara ini menyediakan pinjaman modal usaha UMKM, seperti bisnis laundry kiloan yang ingin Anda mulai.

Itulah informasi tentang analisis peluang bisnis laundry kiloan menggunakan pinjaman online tepercaya yang penting untuk Anda ketahui. Anda dianjurkan untuk menggunakan pinjaman online tepercaya karena dapat memenuhi kebutuhan modal usaha dengan aman. Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply