5 Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula

cara jualan di tik tok shop

TikTok merupakan salah satu media sosial yang mengajak Anda untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya dalam bentuk video pendek. Video pendek tersebut bisa Anda buat sesuai dengan kreasi, baik itu sebatas berbicara, bernyanyi, atau bahkan menari. Seiring berkembang pesatnya transaksi digital dan banyaknya e-commerce yang menyediakan tempat berjualan secara online, TikTok membuat inovasi dengan menghadirkan fitur TikTok Shop.

Dengan fitur tersebut, kini Anda bisa menawarkan berbagai jenis produk mulai dari makanan hingga pakaian dengan harga menarik. Namun, masih banyak yang bingung tentang cara jualan di TikTok Shop karena kurang akrab dengan aplikasi ini. Tak perlu khawatir, Anda bisa simak cara-caranya di bawah ini.

Baca juga: 5 Strategi Pemasaran Digital saat Ini!

Cara Jualan di TikTok Shop

Sebelum mulai menawarkan produk Anda di TikTok Shop, ada beberapa langkah yang harus dipenuhi agar terdaftar sebagai penjual atau seller. Langkah-langkah tersebut adalah;

1. Buat akun seller

Cara jualan di TikTok Shop yang pertama adalah mendaftarkan akun Anda sebagai akun seller atau mengubah akun TikTok Anda dari akun biasa menjadi seller. Caranya cukup gampang, Anda tinggal membuka website Seller Center TikTok Shop.

2. Isi form pendaftaran

Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran. Biasanya, Anda harus menjelaskan tentang nama toko yang akan dibuat serta produk-produk yang akan dijual.

3. Tambahkan produk yang akan dijual

Tambahkan contoh produk seperti foto dan spesifikasi produk yang akan Anda jual. Dengan begitu, calon pembeli akan mengetahui barang apa yang toko Anda jual. Jadi, sangat penting untuk mengetahui target pasar produk Anda karena dari situlah toko akan mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya. 

Misalnya, jika target pasar Anda adalah anak-anak muda atau Gen Z yang merupakan pengguna terbanyak TikTok, Anda dapat menawarkan barang-barang yang sedang digemari generasi tersebut. Begitu juga jika Anda memiliki target pasar spesifik seperti ibu rumah tangga atau bapak-bapak dengan hobi tertentu. Selama barang yang ditawarkan sesuai target pasar, maka toko Anda tidak akan kehabisan pengunjung.

4. Jangan lupa registrasi

Setelah menambahkan produk yang akan dijual, angan lupa untuk registrasi toko Anda agar segera diverifikasi oleh TikTok.

5. Tunggu verifikasi dari sistem

Langkah terakhir dari cara jualan di TikTok Shop adalah menunggu verifikasi dari sistem. Biasanya, verifikasi meliputi barang yang akan dijual, apakah sudah sesuai peraturan dari TikTok. Lalu, nama toko juga akan diverifikasi karena jika memiliki kesamaan dengan nama toko lain, maka Anda harus mencari nama baru. Setelah verifikasi diterima, maka Anda sudah resmi menjadi seller di TikTok dan siap berjualan.

Baca juga: Tak Cuma untuk Hiburan, TikTok Juga Bisa Bikin Bisnismu Viral

Tips Jualan di TikTok Shop

Setelah mengetahui cara daftar TikTok Shop, Anda bisa mempelajari tips jualan di TikTok Shop agar toko online yang anda buat langsung diserbu pembeli. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Pelajari cara kerja TikTok Shop

TikTok sendiri memiliki algoritma unik dan lain dari media sosial lainnya, sehingga video berjualan yang Anda buat tidak akan langsung muncul di For Your Page atau FYP di TikTok. Karena itu, Anda harus mempelajari algoritma tersebut, melihat video apa yang paling banyak ditonton dan disukai. Lalu, coba terapkan pada video berjualan berikutnya sebagai bagian dari teknik marketing toko Anda.

2. Konsisten upload konten

Setelah mengerti algoritma dari TikTok, konsisten dalam upload konten di toko Anda merupakan kunci untuk menarik pembeli. Pembeli cenderung menyukai toko yang selalu memberi update tentang barang yang dijual, termasuk dengan pemberitahuan barang baru atau stok barang favorit yang sudah tersedia.

3. Promosi melalui TikTok Live

TikTok juga memiliki TikTok Live, sebuah fitur streaming yang membuat Anda dapat menjual produk Anda secara langsung sambil berinteraksi dengan pembeli. Gunakan fitur ini agar toko Anda mampu menjangkau banyak calon pembeli dan membuat mereka menyadari keberadaan bisnis Anda.

4. Manfaatkan fitur yang disediakan TikTok 

TikTok juga menyediakan fasilitas yang membantu seller TikTok Shop melalui fitur Ads. Dengan membayar biaya iklan, maka produk Anda secara otomatis akan sering muncul di iklan TikTok.  Bahkan video Anda akan sering masuk ke FYP untuk meningkatkan awareness terhadap toko Anda.

Itulah cara jualan di TikTok Shop dan beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Berjualan online bisa dibilang merupakan bisnis yang menguntungkan karena hanya memerlukan modal yang kecil, namun bisa meraup keuntungan besar. 

Untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis online, Modalku siap membiayai usaha yang baru Anda rintis dengan pendanaan praktis dan tenor bersahabat. Dengan modal KTP dan informasi terkait bisnis, Anda sudah bisa mendapatkan pendanaan modal. Tunggu apa lagi, segera kembangkan bisnis Anda. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan pendanaan:

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan