Digital marketing adalah salah satu aspek yang tidak boleh diremehkan kekuatannya untuk UMKM. Di masa resesi, strategi pemasaran satu ini bisa menjadi strategi untuk bertahan. Sebab, bisnis bisa melakukan promosi hanya dengan memanfaatkan platform digital. Sehingga, Anda dapat meminimalisir biaya cetak dan lainnya. Lalu, bagaimana strategi digital marketing yang ampuh untuk menyokong bisnis di masa resesi?
6 Strategi Digital Marketing untuk UMKM di Masa Resesi
Seiring dengan perkembangan zaman, berkembangnya sebuah bisnis pun harus ditempuh mengikuti tren yang sedang berlangsung. Nah, berikut adalah enam strategi digital marketing yang bisa Anda jadikan panduan.
1. Meningkatkan digital presence
Saat akan menerapkan digital marketing, hal pertama yang harus Anda sadari adalah keberadaan Anda di setiap platform digital. Ya, untuk meningkatkan penjualan, tentunya brand awareness harus dibangun terlebih dahulu. Brand awareness adalah ketika konsumen mengetahui eksistensi merek Anda di pasar.
Salah satu cara membangun brand awareness antara lain dengan meningkatkan digital presence. Saat Anda hadir di setiap platform digital, mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, dan lain-lain, pastinya pelanggan akan lebih mudah menemukan bisnis Anda. Dengan begitu, mereka dapat membandingkan atau langsung memilih produk tanpa mengalami suatu kesulitan apa pun.
Anda tentu membutuhkan modal tambahan untuk meningkatkan digital presence. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan kredit untuk tambahan modal:
2. Menerapkan SEO
Sekarang ini, Google adalah pusat informasi sekaligus inspirasi bagi setiap orang. Ketika konsumen tidak tahu referensi merek hijab terbaik misalnya, Google bisa memberikannya. Oleh karena itu, penting bagi pemilik usaha untuk mengupayakan agar bisnis Anda tampil di urutan teratas hasil pencarian Google. Ini juga disebut sebagai SEO atau Search Engine Optimization.
Caranya, gunakan keyword-keyword yang memiliki peluang besar atau banyak dicari oleh pengguna. Misalnya, jika Anda adalah pengusaha kerudung, gunakan keyword “merek hijab lokal” atau “merek kerudung terbaik”. Dengan begitu, saat konsumen mencari kata kunci tersebut di mesin pencarian, produk Anda bisa tampil di urutan utama.
3. Maksimalkan platform e-commerce
Siapa yang tak suka dengan belanja online sekarang ini? Hampir sebagian besar konsumen, baik dari generasi Z sampai boomer, kini menggandrungi metode belanja satu ini karena lebih praktis maupun karena berbagai alasan lainnya. Maka dari itu, menghadirkan bisnis Anda di platform penjualan online bisa jadi solusi tepat di tengah masa resesi.
Memaksimalkan penjualan produk di platform e-commerce akan memberikan peluang bisnis berkembang yang lebih baik meski sedang ada di masa krisis. Anda bisa pasang foto yang menarik beserta keterangan lengkap di sini sehingga konsumen bisa mendapatkan informasi sekaligus membelinya.
4. Kerja sama dengan Influencer dan KOL
Tips berikutnya ketika ingin menerapkan strategi digital marketing adalah dengan berkolaborasi bersama influencer dan KOL (Key Opinion Leader). Apabila bisnis Anda bergerak di bidang kesehatan untuk anak, maka Anda bisa pilih KOL yang berprofesi sebagai dokter anak atau psikolog anak. Menggandeng influencer juga bisa menjadi cara melebarkan pasar secara efektif, sebab audiens mereka pun bisa menjadi target baru Anda. Namun, pastikan untuk tetap memilih influencer dan KOL yang sejalan dengan bisnis Anda, ya!
5. Maksimalkan penggunaan media sosial
People love content. Sekarang ini siapa yang tidak melihat, menonton, atau menyimak konten setiap harinya? Mulai dari konten Instagram, YouTube, sampai TikTok, semuanya sudah menjadi makanan sehari-hari bagi konsumen masa kini. Maka dari itu, ikuti tren tersebut dengan mempromosikan produk lewat konten.
Buatlah konten-konten yang informatif supaya target market Anda tak hanya menerima iklan atau kalimat persuasif saja. Anda juga bisa menyelipkan materi-materi komedi dengan tetap menyesuaikan target pasar. Dengan begini, perlahan-lahan komunikasi akan terbangun dan rasa kepercayaan antara pembeli dan penjual pun tumbuh.
6. Membuat website
Meski lima cara sebelumnya sudah cukup mendongkrak pemasaran bisnis Anda, membuat website bisa menjadi jurus pamungkas yang mantap. Bisnis dengan website resmi tentunya akan terlihat lebih menjanjikan dan kredibel di mata konsumen. Selain itu, situs web juga dapat menarik minat perusahaan lain untuk menjalin kerja sama dengan Anda.
Itulah enam strategi digital marketing untuk Anda terapkan di tengah masa krisis seperti sekarang ini. Jika Anda juga membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman ke Modalku.
Dengan Modalku, Anda bisa memperoleh tambahan modal dengan cara praktis dalam jumlah cukup banyak, sampai Rp2 miliar! Syarat dan ketentuannya pun mudah. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan kredit:
Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!
Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.
Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.
Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.
Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.