Tips Memilih Hunian untuk Milenial

Memiliki rumah adalah impian bagi setiap orang, tak terkecuali bagi generasi milenial. Selain sebagai tempat tinggal, generasi milenial membeli rumah sebagai investasi di masa depan. Hal ini terlihat dari riset tim Business Intelligent Rumah123 yang dilansir Media Indonesia. Sebanyak 60.32% generasi milenial mencari hunian sebagai bentuk investasi mereka. Terlepas dari itu semua, dalam memilih hunian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips membeli rumah yang bisa Anda terapkan.

Pastikan Anda Sudah Benar-Benar Butuh Rumah

Hal yang menjadi pertimbangan pertama adalah pastikan Anda benar-benar membutuhkan rumah. Jika Anda masih belum menikah atau berkeluarga, mungkin tempat kos bisa menjadi pilihan. Namun, beda halnya jika Anda sudah memiliki pasangan dan menikah. Pikirkanlah untuk memiliki hunian yang lebih layak dan nyaman, rumah semisalnya.

Memiliki rumah sendiri bagi generasi milenial yang sudah menikah akan memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Semisalnya saja Anda dapat hidup secara mandiri tanpa menggantungkan orang lain terutama keluarga. Selain itu, Anda juga dapat lebih leluasa menjalani aktivitas sehari-hari.

Pilih Lokasi

Setelah memikirkan secara matang bahwa rumah adalah kebutuhan utama Anda, tentukanlah lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis memang menjadi incaran banyak orang karena kemudahannya dalam menjangkau beragam fasilitas. Contohnya, jarak yang dekat dengan rumah sakit, sekolah, kampus, atau perkantoran.

Faktor lainnya yang penting untuk diperhitungkan adalah adanya akses transportasi. Dengan adanya kemudahan akses transportasi, maka dapat memberikan poin lebih seperti dapat menghemat waktu perjalanan. Dalam hal ini, kemudahan akses transportasi mengacu pada jarak yang dekat dengan halte, terminal, atau stasiun. Hal ini tentu dapat mendukung mobilitas Anda sehari-hari secara maksimal.

Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Jangan lupa untuk menyesuaikan harga rumah dengan kondisi keuangan Anda. Setidaknya ada dua cara untuk membeli rumah idaman, yakni dengan cara tunai atau dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Jika Anda memilih membeli rumah dengan KPR, sebaiknya pilih dengan masa tenor yang cukup panjang. Kini pihak bank pun banyak yang memberikan pinjaman KPR maksimal dengan jangka waktu 25 tahun. Hal ini tentu sangat meringankan Anda dalam melakukan pembayaran cicilan nantinya.

Namun, jika Anda membeli rumah dengan cara tunai, sebaiknya pilihlah pengembang yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi baik. Perhatikan pula fasilitas yang akan didapatkan, termasuk pula terkait perawatan dan sebagainya. Buatlah perjanjian jual beli rangkap dua untuk Anda dan untuk pihak pemilik. Lalu, simpanlah dokumen tersebut, jadi jika sewaktu-waktu diperlukan, Anda memiliki bukti otentik.

Pertimbangkan Biaya Setelah Kepemilikan

Menyambung dari poin sebelumnya, mempertimbangkan biaya setelah kepemilikan juga penting. Misalnya, apakah biaya yang Anda bayarkan saat melakukan jual beli rumah sudah termasuk dalam biaya perawatan? Jika iya, ini akan memberikan nilai lebih karena Anda tidak memerlukan biaya perawatan yang cukup banyak.

Sebaliknya, jika tidak mendapatkan perawatan, Anda mungkin akan sedikit mengeluarkan pengeluaran tambahan. Biasanya, pemilik atau developer yang sudah terpercaya akan menawarkan kepada Anda, apakah Anda ingin menggunakan fasilitas perawatan tersebut atau tidak. Tidak ada salahnya Anda mengambilnya apabila mendapatkan tawaran tersebut.

Mulailah Fokus Menabung

Terakhir, langkah yang paling penting bagi Anda jika ingin memiliki rumah ideal maupun rumah murah adalah dengan menabung. Cara menabung pun beragam, ada yang menabung untuk DP rumah hingga melakukan investasi. Pilihan investasi pun terbagi menjadi beberapa jenis lagi, mulai dari saham, reksa dana, obligasi, hingga peer-to-peer (P2P) lending.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan program cicilan DP yang ditawarkan oleh pihak pengembang. DP tersebut biasanya dapat dicicil selama beberapa tahun. Setelah DP lunas, Anda bisa mengajukan KPR di bank. Hal ini tentu dapat membantu meringankan beban Anda.


Itulah beberapa tips membeli rumah yang ideal untuk milenial. Semoga bermanfaat!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply