Jenis & Syarat Kredit Tanpa Agunan untuk Bisnis

syarat pinjaman tanpa agunan

Pengajuan pinjaman dana melalui kredit menjadi salah satu solusi bagi para pelaku bisnis demi perkembangan bisnisnya. Kredit yang disediakan di berbagai lembaga keuangan ini berupa pinjaman dana yang dicairkan untuk usaha dan perlu dikembalikan dalam tenggat waktu tertentu. Saat ini, ada jenis kredit tanpa agunan yang menjadi pilihan masyarakat karena proses pengajuan yang mudah dan tidak perlu menggunakan jaminan. Namun, sudah tahukah Anda bahwa Kredit Tanpa Agunan (KTA) memiliki beragam jenis?

Kredit tanpa agunan adalah kredit yang diberikan oleh lembaga keuangan (baik bank maupun fintech) kepada debitur (pengaju kredit) tanpa dibutuhkan jaminan sebagai syarat pengajuannya. Proses pengajuan kredit tanpa agunan ini cenderung mudah dan cepat karena tidak perlu repot dalam pengecekan jaminan, berupa aset atau harta berharga, yang dimiliki debitur. Berikut ini lima jenis kredit tanpa agunan yang perlu Anda ketahui.

1. KTA Dana Cepat

Seperti namanya, KTA dana cepat adalah kredit tanpa agunan yang pencairannya diproses dalam waktu yang cepat. Dana pinjaman tersebut umumnya akan cair dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Kredit tanpa agunan jenis dana cepat ini biasanya ditujukan bagi para debitur yang memiliki masalah mendesak dan memerlukan dana besar dan cepat.

Beberapa keunggulan dari KTA dana cepat adalah debitur dapat meminjam uang dalam nominal yang besar. Bahkan, beberapa platform menyediakan pinjaman mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, suku bunga yang perlu dibayarkan saat mencicil pengembalian dana tergolong kompetitif sesuai kebutuhan. 

2. KTA Tenor Panjang

Kredit tanpa agunan untuk jenis tenor panjang adalah sebuah produk pinjaman yang pelunasannya diberikan tenggat waktu (tenor) yang cukup lama. Jenis kredit ini cukup memudahkan debitur karena waktu pelunasan yang dijanjikan umumnya lebih dari tiga tahun. Kredit tanpa agunan jenis ini dapat menjadi pilihan yang tepat pula bagi para pelaku bisnis untuk modal usahanya.

Keringanan yang diberikan bagi para debitur untuk melunasi cicilannya setiap bulan ini tentu memudahkan pelaku bisnis dalam meminjam modal yang cukup besar, tetapi dengan tenor yang panjang. Waktu pencairan dananya pun relatif singkat. Suku bunga pinjaman yang ditawarkan juga terbilang kompetitif. Selain itu, persyaratan pengajuan KTA tenor panjang sudah semakin mudah dan cepat.

3. KTA Bayar di Muka

Biasanya, saat Anda hendak membayar cicilan atau pelunasan lebih awal dari tenggat waktu, Anda akan terkena denda penalti. Namun, jika Anda menggunakan jenis KTA bayar di muka atau bebas bayar awal, Anda tidak akan dikenakan denda tersebut. Hal inilah yang membedakan dari jenis KTA yang lain.

Memilih untuk menggunakan jenis kredit tanpa agunan bayar di muka dapat menjadi solusi yang tepat bagi para pelaku bisnis. Hal tersebut karena utang Anda dapat terselesaikan lebih cepat tanpa perlu terkena penalti. Umumnya, jangka waktu pelunasan fleksibel sekira 3-5 tahun. Dana pinjaman pun dapat diajukan dan dicairkan dengan jumlah yang besar. 

4. KTA Payroll

Kredit tanpa agunan jenis payroll (pembayaran gaji) adalah jenis KTA yang dikhususkan untuk nasabah yang menyalurkan penghasilannya kepada bank tertentu. Pihak bank atau lembaga keuangan pun akan lebih yakin memberikan pinjaman karena mengetahui besaran pendapatan per bulan Anda.

5. KTA Tanpa Kartu Kredit

Jika Anda yang ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan dan tidak ingin menggunakan kartu kredit, KTA jenis tanpa kartu kredit adalah solusinya. Di KTA tanpa kartu kredit ini, calon peminjam dana tidak perlu memiliki kartu kredit terlebih dahulu atau memiliki histori kredit sebelumnya. Jangka waktu yang disediakan untuk pelunasan dapat dipilih, baik jangka panjang maupun pendek. 

Syarat Umum Mengajukan KTA

Saat ingin mengajukan kredit tanpa agunan, selain paham jenis-jenisnya, Anda juga harus tahu syarat yang ditetapkannya. Berikut adalah syarat umum bagi pengusaha maupun karyawan saat ajukan kredit tanpa jaminan.

1. Untuk pengusaha

Syarat umum mengajukan KTA adalah usia minimum 21 tahun, usia maksimum 65 tahun, KTP, rekening tabungan, dan NPWP. Untuk pengusaha, syarat khususnya adalah berstatus sebagai pengusaha selama minimal dua tahun, berpenghasilan minimal Rp6 juta per bulan, menyertakan rekening koran selama enam bulan terakhir, bukti kepemilikan tempat usaha, dan surat legalitas usaha.

2. Untuk karyawan

Pada umumnya, syarat pengajuan KTA untuk karyawan sama seperti syarat umum. Hal yang membedakannya adalah berstatus sebagai karyawan tetap dan bekerja minimal selama satu tahun. Selain itu, minimal penghasilan yang harus dimiliki adalah Rp3 juta per bulan, serta memiliki akun DJP online/BPJSTK atau menyertakan mutasi rekening dan slip gaji.

Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit tanpa agunan, terutama untuk bisnis, Anda bisa mengajukannya di Modalku. Modalku adalah platform pinjaman online yang telah mendapat izin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga keamanannya terjamin. Untuk daftar dan mendapatkan informasi selengkapnya klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!

Mari Berlangganan Newsletter Kami

* indicates required

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan