5 Jenis Investasi untuk Pemula, Minim Kerugian

Investasi untuk Pemula

Memutuskan untuk menaruh sebagian uang Anda pada produk investasi merupakan sebuah keputusan yang besar, terlebih jika Anda termasuk investor pemula yang baru kali ini akan berinvestasi. Kira-kira, apakah ada investasi untuk pemula yang minim kerugian, tapi masih bisa mendatangkan keuntungan? Adakah investasi yang cocok untuk pemula dengan modal minim karena masih khawatir merugi? Simak rekomendasi jenis investasi berikut ini!

Investasi Reksa Dana

Reksa dana adalah pilihan investasi untuk pemula yang paling tepat jika Anda khawatir mengalami kerugian. Reksa dana cocok dijadikan pilihan investasi bagi para investor yang baru mulai belajar menaruh modal untuk dikembangkan. Pasalnya, reksa dana adalah investasi yang dikelola oleh manajer investasi, sehingga Anda tak perlu turun tangan langsung mengelolanya.

Manajer investasi ini berperan mengatur porsi penempatan dana Anda pada portofolio efek. Contohnya saja pada pasar uang, surat utang, dan saham. Reksa dana merupakan jenis investasi yang cocok untuk pemula, sebab bisa dimulai dengan modal minim. Anda bahkan bisa mulai investasi reksa dana dengan modal Rp50 ribu.

Baca juga: Memenuhi Kebutuhan Hidup dengan Reksa Dana, Mungkinkah?

Investasi Emas

Emas sudah sejak lama dijadikan pilihan investasi orang Indonesia. Jenis investasi ini menjanjikan keuntungan tinggi dengan modal yang minim. Harga emas yang cukup stabil, bahkan cenderung naik tiap tahunnya, merupakan sebuah jaminan bahwa investor akan mendapatkan keuntungan. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, Anda memang harus bersabar, sebab emas adalah tipe investasi jangka panjang.

Sekarang ini, membeli emas untuk investasi pun jauh lebih mudah. Jika tak punya cukup modal untuk membeli satu gram emas, Anda bisa memanfaatkan program cicilan. Program cicil ini sudah tersedia di Pegadaian maupun lembaga keuangan lainnya.

Baca juga: 6 Cara Mudah Investasi Emas untuk Pemula

Investasi Deposito

Deposito atau tabungan berjangka menjadi rekomendasi selanjutnya investasi untuk pemula. Jenis investasi ini sangat minim mengalami kerugian, bahkan bisa dikatakan hanya akan menjanjikan keuntungan untuk investornya. Deposito adalah produk bank yang mengharuskan nasabah menempatkan sejumlah dana dan menyimpannya dalam kurun waktu tertentu.

Jangka waktu deposito beragam, ada yang tiga bulan, enam bulan, dua belas bulan, hingga tahunan. Investasi yang cocok untuk pemula ini akan semakin memberikan keuntungan jika jatuh temponya lama. Untuk mulai investasi deposito, Anda bisa datang langsung ke bank dan menempatkan sejumlah dana lalu memilih tenor atau jatuh tempo.

Surat Berharga Negara (SBN), Investasi untuk Pemula

Surat Berharga Negara (SBN) biasa disebut juga sebagai obligasi. Ini merupakan surat utang yang bisa dibeli dari pemerintah lewat bank maupun layanan investasi online lewat aplikasi. SBN termasuk investasi untuk pemula minim kerugian karena memang nilai keuntungannya sudah dijamin. Dengan berinvestasi pada SBN, Anda hanya akan bersiap untuk mendapatkan keuntungan setelah jatuh temponya tiba.

SBN sebagai investasi yang cocok untuk pemula, sebab menjanjikan keuntungan yang lumayan besar,  yakni lebih dari 6 persen. Di samping itu, investasi untuk pemula ini aman sebab dijamin oleh pemerintah. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir lagi akan risiko kerugian maupun penipuan. Ada tiga jenis SBN yang bisa Anda pilih yaitu Saving Bond Ritel (SBR), Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), dan Obligasi Negara Ritel (ORI). 

Investasi untuk Pemula di Bidang Pertanian

Pilihan terakhir investasi yang cocok untuk pemula adalah di bidang pertanian. Investasi ini tergolong menjanjikan, sebab pertanian adalah sektor yang akan terus dibutuhkan di masa depan. Pertanian adalah sektor yang menghasilkan bahan pangan masyarakat Indonesia. Alhasil, sektor ini tidak akan ada matinya, sehingga cocok dijadikan pilihan investasi pemula.

Di samping itu, pertanian adalah sektor yang dibutuhkan oleh usaha di bidang pangan, mulai dari pasar tradisional, supermarket, hingga usaha kuliner. Konsumen maupun pengusaha sektor pertanian akan terus membutuhkan sayur mayur, buah-buahan, hingga padi yang jadi bahan makanan pokok warga Indonesia. Cepat atau lambat, berinvestasi pada sektor pertanian akan mendatangkan keuntungan bagi investor pemula. 

Satu lagi instrumen untuk pemula yang menjanjikan keuntungan namun risikonya tetap terukur. Instrumen yang cocok untuk pemula ini adalah pendanaan UMKM yang tengah berkembang di Indonesia. Seperti yang Anda tahu, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mendukung perkembangan UMKM. Sehingga bisa dibilang bahwa pendanaan UMKM akan memberikan keuntungan yang menarik. Anda bisa menggunakan platform Modalku untuk mendanai pinjaman UMKM di Indonesia. Klik tombol di bawah:

 Danai Sekarang

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan