Kredit Modal Kerja: Pengertian, Syarat, dan Bunganya

kredit modal kerja

Dalam berbisnis, tentu ada kondisi saat perkembangan bisnis Anda berada di titik bawah, bahkan menurun drastis. Berangkat dari peristiwa tersebut, banyak lembaga keuangan yang menawarkan program KMK (Kredit Modal Kerja) sebagai solusi untuk para pelaku bisnis dalam menghadapi masa sulitnya. Apa itu kredit modal kerja, syarat, bunga, dan manfaat mengajukannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Kredit Modal Kerja?

KMK atau kredit modal kerja adalah fasilitas kredit atau pinjaman modal yang diberikan oleh bank maupun fintech kepada para kreditur atau peminjam modal. Dana yang dipinjam ini dikhususkan untuk kebutuhan biaya usaha pelaku bisnis, baik perorangan maupun perusahaan.

Seperti namanya, kredit modal kerja adalah pinjaman dana yang ditujukan secara khusus untuk modal usaha saja. Modal kerja yang digunakan oleh para pelaku bisnis pun umumnya digunakan untuk membeli kebutuhan operasional atau membayar utang dagang. Oleh karena itu, tenor atau tenggat waktu yang diberikan biasanya tidak lama, yakni kurang dari satu tahun. Bunga yang perlu dibayarkan dalam setahun pun terbilang cukup rendah.

Syarat Mengajukan Kredit Modal Kerja

Ada beberapa syarat yang biasanya diberikan bagi para pelaku bisnis dalam pengajuan kredit modal kerja. Syarat-syarat ini pun biasanya ditetapkan bergantung lembaga keuangan karena tiap-tiap penyedia modal (lembaga keuangan) memiliki peraturannya masing-masing.

Secara umum, keperluan persyaratan yang sering diajukan adalah berupa berkas dokumen penting yang berkaitan dengan data diri dan data perusahaan atau bisnis. Beberapa di antaranya adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), akta pendirian bisnis, pas foto, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SITU (Surat Izin Tempat Usaha), TDU (Tanda Daftar Perusahaan),  neraca perusahaan, laporan keuangan usaha, dan perincian laba atau rugi. 

Persyaratan ini pun ada yang dapat diajukan secara online maupun offline. Bagi pelaku usaha yang mengajukan kredit modal kerja ke bank, umumnya perlu pergi ke bank langsung dan menyerahkan persyaratan yang tertera dalam bentuk fisik. Berbeda halnya dengan bank, bagi pelaku usaha yang mengajukan kredit modal kerjanya ke lembaga keuangan lain, seperti fintech, sudah bisa dilakukan secara online. Berkas-berkas dokumen biasanya dilampirkan dengan cara mengunggahnya di website resmi suatu fintech

Bunga yang Ditetapkan

Saat mengajukan dana pinjam, secara umum terdapat aturan bunga dalam hitungan sekian persen dari nominal dana yang dipinjam. Bunga tersebut perlu dibayarkan pada waktu-waktu tertentu (dibayar per bulan atau per tahun). Seberapa besar bunga yang ditetapkan dari kredit modal kerja?

Pada umumnya, besaran bunga kredit modal kerja berbeda-beda, bergantung pada tiap-tiap lembaga keuangan. Rata-rata bunga kredit di Indonesia adalah 8,94 persen dengan suku bunga terendah berasal dari bank asing atau campuran. Sementara itu, suku bunga tertinggi diberikan oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD), yakni 9,9 persen p.a.

Manfaat Mengajukan Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar. Dana pinjaman yang diberikan ini umumnya tidak untuk kebutuhan besar jangka panjang (seperti pembayaran sewa tempat, membayar gaji pegawai, dan lain-lain) dalam nominal yang sangat besar pula.

Dana pinjaman KMK ini dapat membantu perusahaan yang tidak memiliki cukup uang tunai untuk menutupi biaya operasional harian. Dalam kasus ini, arus pendapatan perusahaan dalam siklus tinggi biasanya memiliki musim bergantung periode kegiatan bisnis. Di saat arus pendapatan yang besar inilah perusahaan dapat membayar cicilan dana pinjamannya. 

Dengan adanya kredit modal kerja (KMK), siklus kegiatan perusahaan tetap terjaga stabil. Kredit modal kerja juga dapat menjadi penyelamat bagi para UMKM yang kondisi bisnisnya sedang menurun, apalagi dalam kondisi pandemi beberapa tahun terakhir ini. Selain itu, kredit modal kerja juga dapat membantu usaha masyarakat untuk semakin baik dalam mengembangkan bisnisnya.

Bagi Anda yang ingin atau sedang membangun bisnis UMKM agar semakin berkembang, Modalku adalah solusi yang tepat. Sebagai penyedia kredit modal kerja untuk UMKM dan perusahaan, Modalku hadir menawarkan beragam pilihan jenis pinjaman hingga berbagai pilihan nominal dana yang diajukan. Untuk daftar dan informasi lebih lanjut, klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!

Subscribe

* indicates required


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan