Pasar Modal: Pengertian dan Manfaatnya

pasar modal adalah

Saat suatu perusahaan membutuhkan dana tambahan agar dapat mengembangkan bisnis mereka, solusi yang mereka pikirkan pasti adalah pasar modal. Selain pinjaman dari kredit bank atau kredit usaha rakyat, pasar modal adalah tempat di mana para investor dapat menginvestasikan uang yang mereka punya ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan suntikan dana. 

Dengan penjelasan singkat barusan, apakah Anda sudah mulai memahami pengertian dari pasar modal? Jika belum, tidak apa-apa, Anda tidak sendirian. Kami akan mengajak Anda memahami arti dari pasar modal sekaligus manfaat dari keberadaannya dalam suatu negara. 

Arti Pasar Modal

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian awal, pasar modal adalah tempat di mana perusahaan bisa mendapatkan suntikan dana yang mereka butuhkan untuk mengembangkan bisnis mereka. Dana yang didapatkan oleh perusahaan berasal dari para investor yang menginvestasikan uang mereka di pasar modal. Sama seperti pasar di dekat rumah kita, pasar modal adalah tempat pertemuan bagi perusahaan emiten dan investor untuk melakukan transaksi jual beli surat berharga atau efek lainnya. 

Keberadaan pasar modal di Indonesia sendiri cukup penting untuk menjaga perekonomian negara tetap stabil. Meskipun pasar modal bukan satu-satunya faktor perekonomian negara bisa stabil, namun keberadaannya tetap memiliki pengaruh yang besar. Selain itu, berdirinya pasar modal di Indonesia tidak hanya menguntungkan perusahaan dan investor, tetapi juga masyarakat dan pemerintahan. 

Baca Juga: 5 Investasi yang Menguntungkan untuk Jangka Pendek

Manfaat Keberadaan Pasar Modal

Memang benar bahwa keberadaan pasar modal di suatu negara tidak hanya menguntungkan atau bermanfaat bagi perusahaan emiten dan investor saja, tetapi juga pemerintahan dan masyarakat. Mengapa? Temukan jawabannya di bawah ini. 

NoManfaat Pasar Modal
1Meningkatkan Produktivitas Suatu Perusahaan
2Memberi Keuntungan Deviden
3Membuka Lapangan Pekerjaan
4Meningkatkan Pendapatan Pajak Negara

1. Meningkatkan Produktivitas Suatu Perusahaan

Seperti sudah disebutkan, keberadaan pasar modal berguna bagi perusahaan untuk mendapatkan suntikan dana yang mereka butuhkan untuk mengembangkan bisnis. Dengan suntikan dana yang diterima oleh perusahaan, bisnis akan semakin berkembang dengan pesat. Perkembangan yang dialami perusahaan tentu saja akan berdampak pada produktivitas perusahaan yang akan semakin meningkat. 

Perusahaan yang semakin berkembang secara tidak langsung akan membuat barang yang diproduksi semakin banyak. Tidak hanya bagian produksi yang semakin sibuk, tetapi semua bagian yang ada dalam perusahaan juga akan semakin sibuk dengan adanya hubungan bisnis baru yang terjalin. Umumnya, perusahaan yang sudah memiliki investor akan mengalami pertumbuhan secara signifikan yang tidak hanya kita lihat dari produktivitasnya tetapi juga dari wilayah distribusi produk yang semakin meluas sampai ke luar negeri. 

Baca Juga: 6 Pilihan Investasi yang Menguntungkan untuk Kenyamanan Hari Tua

2. Memberi Keuntungan Dividen Bagi Investor

Dengan perusahaan yang semakin produktif dan berkembang, keuntungan yang didapatkan juga pasti akan semakin meningkat. Keuntungan atau profit inilah yang pada akhirnya akan dibagi dengan jumlah persenan yang adil untuk para investor yang sudah menginvestasikan uang mereka ke dalam perusahaan tersebut. Inilah alasan mengapa banyak pihak menjadi investor, karena mereka akan mendapatkan keuntungan dari dana yang sudah mereka investasikan sebelumnya. Apakah Anda salah satu orang yang memilih menginvestasikan dana dan menjadi investor?

3. Membuka Lapangan Pekerjaan

Semakin produktif suatu perusahaan akibat suntikan dana yang diberikan, tentu saja tenaga kerja baru semakin dibutuhkan. Saat keadaan ini berlangsung, perusahaan akan membuka lowongan pekerjaan baru, sehingga mereka yang belum memiliki pekerjaan dapat terserap ke dalam perusahaan-perusahaan ini. 

Hal ini juga akan membantu mengurangi angka pengangguran yang terjadi di suatu negara dan akan meningkatkan angka kesejahteraan dari masyarakat setempat. Dengan begitu baik perusahaan mau pun masyarakat, sama-sama diuntungkan. Profit perusahaan akan meningkat dan masyarakat setempat akan memiliki hidup yang lebih sejahtera dan terjamin. 

4. Meningkatkan Pendapatan Pajak Negara

Manfaat terakhir dari adanya pasar modal adalah memberikan pemasukan tambahan ke pajak negara. Hal ini dikarenakan pendapatan perusahaan yang meningkat akan berdampak lurus pada pembayaran pajak yang harus dibayarkan oleh suatu perusahaan kepada negara. Selain itu masyarakat juga pasti akan membayarkan pajak mereka dengan jumlah yang lebih banyak sebagai akibat dari adanya kenaikan gaji yang didapatkan. Dengan begitu setiap pajak yang masuk dapat dialokasikan ke aspek-aspek penting yang masih diabaikan.

Sebagai kesimpulan, kini kita jadi mengerti bahwa keberadaan pasar modal bagi suatu negara, sangat menguntungkan semua pihak yang terlibat. Tidak selamanya mendapatkan pinjaman dana adalah suatu masalah. Jika pinjaman dana yang diterima diatur dan diperhitungkan dengan baik, pasti akan membawa keuntungan yang besar. 

Baca Juga: 5 Keuntungan Investasi untuk Pemula, Ayo Mulai dari Sekarang!

Jika Anda adalah seorang yang ingin membantu meningkatkan perekonomian Indonesia melalui pelaku UMKM, jadilah pendana atau investor bagi pelaku UMKM yang membutuhkannya. Modalku merupakan platform yang akan menyalurkan pendanaan online dari Anda sebagai pendana, kepada pelaku UMKM dengan aman. Sudah banyak yang menjadi pendana dan mendukung para pelaku UMKM di Indonesia, ini saatnya Anda untuk berkontribusi, hanya di Modalku

Tinggalkan Balasan