6 Pilihan Investasi yang Menguntungkan untuk Kenyamanan Hari Tua

investasi yang menguntungkan untuk hari tua

Untuk menikmati hari tua yang nyaman, memilih investasi yang menguntungkan sangat penting dilakukan. Kondisi jatuhnya ekonomi akibat pandemi virus corona menunjukkan bahwa ekonomi yang tampaknya stabil dapat dengan cepat berubah. Jika belum siap secara finansial, kenyamanan di masa depan pun jadi ancaman.

Oleh karena itu, penting untuk mulai berpikir tentang tabungan hari tua untuk kenyamanan hidup di masa depan. Berinvestasi lebih awal memungkinkan Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan return yang lebih besar. Berikut beberapa pilihan investasi yang bisa Anda pilih.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Pilihan pertama investasi yang menguntungkan untuk hari tua adalah Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Disediakan oleh pihak bank atau perusahaan asuransi jiwa, dana pensiun ini bisa diajukan oleh karyawan maupun pekerja mandiri.

DPLK ini berbeda dari Dana Pensiun Pemberi Kerja dan Jaminan Hari Tua (JHT). Perbedaan utamanya adalah DPLK bersifat sukarela, sedangkan JHT sifatnya wajib karena dibentuk oleh BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan lembaga pemerintah. Jadi, bagi Anda yang memiliki “kesadaran” dan kemauan untuk merencanakan tabungan hari tua, Anda bisa memilih DPLK sebagai investasi yang menguntungkan.

Cara mengajukan permohonan menjadi anggota DPLK sangatlah mudah dan Anda hanya perlu menyetorkan sejumlah dana sebagai iuran rutin setiap bulannya untuk memperoleh manfaat dana pensiun. Pastikan saja Anda tidak sembarang memilih lembaga keuangan. Pertimbangkan lembaga keuangan atau platform tepercaya yang mempunyai rekam jejak baik dan tercatat secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tabungan Berjangka

Untuk memastikan kenyamanan di hari tua, Anda juga bisa mempertimbangkan tabungan berjangka. Investasi yang menguntungkan ini merupakan simpanan yang disetorkan dalam periode waktu tertentu sesuai yang telah ditetapkan sebelumnya. Jumlah uang bersifat tetap dan sebelum jatuh tempo, simpanan tidak bisa diambil.

Keuntungan dari tabungan berjangka cukup banyak, salah satunya menawarkan suku bunga yang lebih tinggi daripada jenis tabungan biasa. Investasi yang menguntungkan ini juga melatih kedisiplinan Anda dalam menabung, mengamankan dana tabungan, dan memungkinkan menabung dengan setoran rendah.

Properti

Properti sudah lama menjadi investasi yang diincar banyak orang karena relatif menguntungkan. Jenis investasi berupa pembelian properti real estate ini memungkinkan Anda memperoleh return of investment (ROI) dari biaya sewa properti, menjual kembali properti yang sudah dibeli, atau kombinasi dari kedua faktor ini.

Dibanding jenis investasi yang menguntungkan lainnya, properti mungkin membutuhkan modal lebih besar mengingat harga properti yang cenderung tinggi. Namun, keuntungan yang ditawarkan tidak kecil. Bahkan cocok untuk pemula mengingat tabungan hari tua ini minim risiko karena stabilnya kebutuhan masyarakat akan hunian.

Obligasi, Investasi yang Menguntungkan Lho!

Disebut juga sebagai surat pernyataan utang, obligasi termasuk jenis investasi yang menguntungkan. Investasi yang terdaftar dalam Bursa Efek (saham, investasi real estate, efek beragun aset, dan sebagainya) ini masuk dalam kategori surat utang jangka menengah panjang. 

Obligasi sudah dijamin oleh undang-undang sehingga merupakan pilihan investasi yang aman. Jika memilih investasi ini, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan, mulai dari cepat dan fleksibelnya proses pencairan dana, memperoleh pendapatan secara berkala, risiko yang rendah, hingga dapat dikonversi.

Platform Pendanaan Digital untuk UMKM

Merupakan platform yang menghubungkan pemberi pinjaman dan peminjam, platform pendanaan digital untuk UMKM bisa jadi pilihan investasi yang menguntungkan. Jenis investasi ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan lebih dari sekadar investasi karena platform pendanaan umumnya memberikan pinjaman dana kepada bisnis kecil.

Sementara peminjam mendapat keuntungan karena bunga pinjaman yang relatif lebih kecil daripada lembaga keuangan, peer-to-peer lending juga menguntungkan bagi investor. Keuntungan return investasi ini cenderung lebih besar dibanding instrumen tradisional seperti deposito, yakni bisa sampai 20% per tahun.

Jika tertarik mencoba, mulailah dengan platform pendanaan digital Modalku. Ditujukan untuk mendanai UMKM Indonesia, alternatif investasi ini menawarkan banyak keuntungan, mulai dari bunga menarik, risiko terkendali, proses online mudah, dan jumlah pendanaan yang terjangkau.

Itu tadi informasi tentang beberapa pilihan investasi yang menguntungkan untuk kenyamanan hari tua Anda. Pertimbangkanlah beberapa pilihan investasi di atas sebagai tabungan hari tua yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda. Mana yang akan Anda pilih?


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply