5 Investasi yang Menguntungkan untuk Jangka Pendek

Bagi yang memiliki tujuan finansial dengan target waktu 1-2 tahun, melakukan investasi jangka pendek merupakan pilihan tepat untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Sesuai namanya, investasi jangka pendek merupakan investasi dengan jangka waktu relatif singkat sekitar 1-2 tahun. Walau begitu, investasi jangka pendek juga bisa menjadi investasi yang menguntungkan selama Anda memilih instrumen yang tepat.

Model investasi dengan periode singkat seperti ini biasanya sangat direkomendasikan bagi para investor pemula atau pemilik usaha yang hendak menambah modal bisnisnya. Karena dilakukan dalam waktu singkat, umumnya risikonya pun tidak terlalu besar. Seperti yang Anda ketahui, bentuk investasi pada dasarnya tidak hanya satu, begitu pula dengan investasi yang menguntungkan dalam periode pendek ini. Berikut beberapa contoh investasi jangka pendek yang dapat memberi keuntungan maksimal.

Deposito

Investasi yang menguntungkan ini sudah sangat umum didengar dan diketahui oleh banyak orang. Deposito adalah bentuk tabungan berperiode yang bisa Anda setor dan cairkan dari bank. Periode melakukan deposito idealnya tersedia dalam skema 1, 3 6, 12, sampai 24 bulan. Hal yang membedakan deposito dari tabungan biasa adalah Anda hanya bisa melakukan penarikan pada tanggal jatuh tempo.

Deposito dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang aman dan cocok untuk pemula. Risikonya pun relatif rendah selama Anda mempercayakan dana pada lembaga bank yang dapat dipercaya. Selain itu, produk investasi ini juga diawasi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Tidak hanya itu, suku bunga yang ditawarkan beberapa bank untuk deposito juga terbilang tinggi dan menguntungkan.

Baca juga: ” Istilah-Istilah dalam Dunia Kerja yang Harus Anda Ketahui

Tabungan berjangka

Sedikit berbeda dari deposito yang dana setoran awalnya cukup tinggi, tabungan berjangka justru memungkinkan Anda berinvestasi dengan setoran awal yang lebih terjangkau. Tidak hanya berinvestasi, tapi jika ingin lebih konsisten menabung, model investasi jangka pendek satu ini rasanya lebih cocok.

Sistem tabungan berjangka ini akan menarik sejumlah dana yang sudah disepakati secara otomatis untuk disimpan ke dalam tabungan. Dengan begitu, sejumlah dana tertentu tidak akan terpakai untuk kebutuhan lainnya. Ini juga bisa membantu Anda lebih mawas dalam mengatur keuangan.

Baca juga: ” Waspadai 6 Ciri Pinjaman Online Ilegal

Reksadana pasar uang

Dari berbagai jenis reksadana yang ada, reksadana pasar uang dikenal sebagai investasi yang menguntungkan dalam jangka pendek. Sesuai namanya, reksadana pasar uang menempatkan uang Anda pada instrumen-instrumen pasar uang. Contohnya seperti sertifikat deposito, sertifikat Bank Indonesia, atau obligasi di bawah satu tahun.

Instrumen pasar uang dinilai memiliki risiko yang relatif rendah karena fluktuasinya cenderung kecil jika dibandingkan dengan instrumen lain, saham misalnya. Itulah kenapa reksadana pasar uang juga biasanya disarankan untuk para investor pemula yang baru pertama kali mencoba berinvestasi.

Platfom Pendanaan Digital Tenor PendekĀ 

Model investasi yang menguntungkan lainnya termasuk platform pendanaan digital dengan tenor pendek. Pada dasarnya, dalam platform pendanaan digital, Anda akan bertindak sebagai pemberi pinjaman yang dananya dipakai oleh penerima pinjaman untuk mengembangkan usaha mereka. Termasuk salah satu bentuk layanan fintech, platfrom pendanaan digital berlangsung secara online Anda cukup mendaftarkan diri sebagai pemberi pinjaman melalui platform online dan sistem akan mempertemukan Anda dengan penerima pinjaman yang paling sesuai.

Menariknya lagi, platform pendanaan digital tidak hanya bisa menjadi investasi yang menguntungkan untuk jangka pendek, tapi juga mudah diakses karena dana awal investasi bisa mulai dari Rp100.000 saja seperti yang berlaku di Modalku. Tenang saja, praktik P2P lending di Modalku benar-benar aman karena telah terdaftar dan diawasi resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saving Bonds Ritel (SBR)

Salah satu produk investasi berupa Surat Utang Negara ini diterbitkan langsung oleh pemerintah. Saving Bonds Ritel (SBR) bisa jadi pilihan investasi yang menguntungkan bagi Anda sekaligus aman. Aman karena diregulasi dan diawasi langsung oleh Kemenkeu RI. Dana investasi yang terkumpulkan di sini akan digunakan pemerintah untuk keperluan pembangunan infrastruktur negara.

Persentase pengembalian yang dijanjikan pun cenderung lebih tinggi daripada beberapa bentuk investasi lainnya, bahkan bisa mencapai 7%. Dalam periode waktu investasi yang biasanya mencapai 2 tahun ini, Anda diberikan jatuh tempo pengambilan profit setiap bulan. Anda dapat berinvestasi SBR mulai dari modal Rp1 juta.

Dari kelima rekomendasi investasi yang menguntungkan ini, mana yang akan Anda pilih untuk investasi jangka pendek? Pastikan Anda memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Selamat berinvestasi!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply