Kapan Waktu Paling Tepat untuk Mengajukan Pinjaman Modal Bisnis?

saat tepat ajukan pinjaman modal usaha

Dalam membangun dan mengembangkan bisnis, tidak dipungkiri bahwa Anda membutuhkan dana khusus. Beberapa pemilik bisnis biasanya menggunakan simpanan dana pribadi mereka, tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki privilege tersebut? Pinjaman modal bisnis adalah jawabannya!

Mengajukan pinjaman modal pun jadi cara untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis. Namun, adanya keharusan untuk membayar cicilan—berikut bunganya—membuat Anda jadi maju mundur untuk mengajukan pinjaman modal bisnis. Selama nantinya digunakan untuk kebutuhan produktif dan tepat sasaran, sebetulnya pinjaman tersebut dapat menjadi hal yang sangat bermanfaat.

Lantas, kapan waktu paling tepat bagi Anda untuk sebaiknya mengajukan pinjaman modal bisnis? Berikut jawabannya!

Terjadi peningkatan produksi

Pasti senang rasanya jika bisnis yang Anda jalankan mengalami peningkatan jumlah pelanggan. Namun, di sisi lain, kondisi tersebut juga menuntut Anda untuk turut meningkatkan produksi agar bisa memenuhi seluruh permintaan tersebut. Peningkatan produksi tentunya membutuhkan modal yang lebih besar. Nah, apakah saat ini bisnis Anda mampu melakukannya?

Jika tidak bisa memenuhi permintaan pelanggan, mereka pun akan berpaling ke kompetitior. Agar hal ini tidak terjadi, Anda bisa memanfaatkan layanan pinjaman modal bisnis. Gunakan dana yang didapat untuk meningkatkan produksi sehingga bisa memenuhi semua permintaan pelanggan. Saat pemasukan dan keuntungan meningkat, Anda dapat mengembalikan pinjaman modal tersebut. Dengan begini, pelanggan pun merasa puas dan bisnis Anda bisa terus berkembang.

Bisnis butuh ekspansi

Apakah sekarang bisnis Anda sedang berkembang pesat dan memiliki banyak pelanggan setia? Saatnya memanfaatkan momen untuk melebarkan sayap bisnis Anda dengan melakukan ekspansi. Buka cabang bisnis baru di tempat lain yang memiliki potensi menjanjikan. Adanya cabang baru akan memberikan pemasukan yang lebih banyak untuk bisnis Anda.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ekspansi bisnis juga membutuhkan biaya. Di sinilah pinjaman modal dapat membantu Anda. Namun, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan Anda memiliki strategi yang jelas terkait cabang baru bisnis Anda tersebut. Tujuannya tentu agar keuntungan bisa maksimal dan hasilnya melampaui jumlah pinjaman. Sebaiknya buatlah juga proyeksi keuangan untuk membantu Anda merencanakan pengembalian pinjaman modal. 

Cash flow bisnis tersendat

Menjalankan bisnis artinya Anda harus siap dengan dinamika yang begitu fluktuatif. Terkadang bisnis membawa keuntungan besar, tapi pada waktu lain justru tidak memberikan untung sama sekali. Kondisi keuangan yang tidak stabil pun membuat arus kas atau cash flow jadi tersendat.

Modalku punya produk yang dapat melancarkan arus kas bisnis Anda, yaitu invoice financing

Tak ada salahnya mengajukan pinjaman modal untuk membantu melancarkan arus kas bisnis. Nantinya, dana pinjaman bisa Anda gunakan untuk melunasi berbagai kewajiban seperti tagihan listrik, gaji karyawan, atau pembayaran supplier. Tentunya hal ini perlu dibarengi juga dengan strategi meningkatkan pemasukan agar pembayaran cicilan pinjaman juga berjalan lancar.

Keinginan membangun skor kredit yang baik

Bukan hanya nasabah individu yang butuh skor kredit baik, tapi juga para pelaku bisnis. Skor kredit adalah data statistik yang digunakan untuk menilai tingkat kelayakan kredit dari nasabah atau peminjam kredit, yang didasarkan pada catatan riwayat pembayaran. Semakin tinggi skor kredit Anda, maka Anda punya peluang lebih besar untuk menerima layanan kredit.

Salah satu cara ampun membangun skor kredit yang baik adalah dengan mengajukan pinjaman dan membayar tagihan cicilan secara tepat waktu. Karena tujuan Anda adalah membangun skor kredit, maka sebaiknya ambillah pinjaman dengan jumlah tak terlalu banyak dengan porsi cicilan yang sehat. Nantinya, Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk meningkatkan performa bisnis. 

Bisnis mengalami kemunduran

Di tengah dunia bisnis yang begitu dinamis, akan ada masa ketika bisnis Anda mengalami kemunduran. Jika hal ini terjadi, keinginan untuk menyerah pun terasa begitu besar. Namun, sebetulnya Anda masih punya kesempatan untuk mempertahankan bisnis tersebut. Salah satu caranya dengan mengajukan pinjaman modal.

Anda dapat memanfaatkan dana tersebut untuk melancarkan kembali operasional bisnis, mulai dari menggencarkan promosi, memperbaiki layanan, atau meningkatkan kualitas produksi. Sebelumnya, pastikan Anda sudah menyusun strategi dan perencanaan konkret untuk mengembalikan kondisi bisnis.

Pinjaman usaha juga bisa jadi solusi saat usaha diambang kebankrutan lho! Simak ceritanya di sini!

Agar pinjaman modal bisnis bisa bermanfaat secara maksimal, Anda dapat melakukan pengajuan pada waktu-waktu tersebut. Namun, pastikan penyedia layanan sudah terbukti legal dan resmi terdaftar OJK. Pilih juga perusahaan dengan prosedur yang mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seperti Modalku.

Tidak hanya prosedurnya yang transparan, syarat dan ketentuannya pun tidak memberatkan. Tentunya Modalku juga telah terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK. Klik di sini untuk mengajukan pinjaman modal bisnis di Modalku!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply