Istilah-Istilah dalam Dunia Kerja yang Harus Anda Ketahui

Tulisan ini merupakan hasil kolaborasi antara Modalku dan LuarSekolah

Tahukah Anda? berbagai istilah dalam dunia kerja. Mengenal istilah-istilah ini akan memperlancar komunikasi, karir, hingga masa depan Anda. Memangnya, ada apa saja istilah yang perlu kita ketahui dalam dunia kerja? berikut beberapa di antaranya:

Full Time, Part Time, dan Freelancer

Full Time yaitu bekerja dalam waktu penuh sesuai dengan peraturan pemerintah, yaitu sekitar 7-8 jam per hari atau 35-40 jam per minggu dan mendapatkan gaji penuh setiap bulannya. Setiap perusahaan mungkin memiliki jam kerja yang berbeda, tergantung dari aturan perusahaannya atau kesepakatan kontrak kerja.

Part Time yaitu bekerja dengan durasi kurang dari 7-8 jam per hari atau 30-35 jam per minggunya, dan mendapatkan gaji yang lebih kecil dibanding bekerja secara full time. Pekerjaan part time ini umumnya bersifat shift, fleksibel, sementara, atau dalam jangka periode waktu tertentu.

Saat menjadi freelancer, jangan lupa untuk mengurus NPWP, kini bisa dilakukan secara online lho!

Freelancer yaitu pekerja lepas yang tidak terikat dengan perusahaan, serta tanpa kontrak waktu yang panjang, Freelancer ini umumnya memiliki keahlian dan ketrampilan khusus yang dibutuhkan untuk suatu proyek. Pekerjaan freelance ini juga biasanya dapat dikerjakan dimana saja sesuai dengan kesepakatan perusahaan. Untuk dapat menjadi seorang freelancer, Anda harus memiliki pengalaman, keahlian khusus, dan relasi yang luas.

Key Performance Indicators dan Objective Key Result

Key Performance Indicators (KPI) berisi indikator kerja yang dapat diukur untuk mengetahui apakah target kerja tercapai atau tidak. KPI ini akan berfungsi sebagai bahan untuk mengevaluasi performa kinerja individu atau kinerja tim. Selain itu, KPI juga bisa digunakan sebagai alat ukur keberhasilan perusahaan dalam memenuhi target dan tujuan perusahaan.

Objective Key Result (OKR) berisi indikator kerja yang lebih spesifik untuk mengukur pencapaian sebuah tujuan yang sudah ditetapkan. Biasanya, OKR ini berupa patokan angka atau jumlah, dan diberikan dalam tingkat perusahaan, tim, hingga perorangan.

Fee/Salary

Fee atau upah adalah uang yang diterima oleh tenaga ahli sesuai periode waktu yang ditetapkan dalam perjanjian dengan pihak perusahaan. Sedangkan salary atau gaji adalah uang yang diterima oleh karyawan di setiap bulannya sesuai kontrak kerja dengan pihak perusahaan.

Overtime

Overtime atau waktu lembur adalah waktu kerja yang melebihi batas jam kerja. Biasanya lembur ini dilakukan karena Anda harus mengejar target pekerjaan atau memang diminta oleh atasan untuk menyelesaikan hal lain.

Management Trainee

Management Trainee (MT) adalah sebuah proses rekrutmen dan pelatihan calon karyawan baru untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas. Mereka yang mengikuti program MT ini akan dilatih tentang skill, pengetahuan, dan hal-hal lain yang diperlukan agar dapat bekerja secara optimal di posisi tertentu, kemudian akan dievaluasi agar bisa dipromosikan ke level manajemen. Nama rekrutmen untuk MT akan berbeda di setiap perusahaan,

Probation

Probation atau masa percobaan kerja dalam periode waktu adalah sebuah tahap dimana terdapat kesepakatan untuk menilai performa karyawan baru. Masa percobaan ini menjadi fase penentuan yang akan menentukan keberlanjutan kontrak kerja. Biasanya, probation ini dapat berlangsung antara satu sampai enam bulan.

MoM, MoU dan SOP

Minutes of Meeting (MoM) adalah catatan atau ringkasan hasil dari sebuah meeting. Hal ini agar para karyawan bisa mengetahui isi dari meeting dan tahu apa yang harus dilakukan setelahnya.

Memorandum of Understanding (MoU) adalah surat perjanjian kerjasama antara pihak perusahaan dengan pihak partner yang akan melakukan kontrak untuk bekerja sama.

StAndard Operational Procedure (SOP) adalah peraturan tertulis atau prosedur yang wajib dipatuhi oleh karyawan selama bekerja. SOP yang diterapkan akan berbeda di setiap perusahaan.

Nah itulah beberapa istilah di dunia kerja yang perlu Anda ketahui. Sejauh ini, Anda sudah mengenal istilah apa saja?

Jika Anda merupakan lulusan baru dan bingung untuk bekerja, Anda juga dapat mengikuti kelas Cara Mencari Kerja Bagi Lulusan Baru yang disediakan oleh Luarsekolah! Modalku dan Luarsekolah berkolaborasi menciptakan kemudahan untuk Anda dalam mempelajari dunia kerja. 

Apa Saja yang Bisa Anda Dapatkan di Luarsekolah?

Luarsekolah merupakan wadah untuk para generasi milenial Indonesia yang ingin belajar dan menguasai keterampilan untuk mendukung pengembangan industri 4.0. Bagi Anda yang sudah bekerja atau sedang merencanakan karier Anda, Anda juga dapat mengikuti kelas Kerja Sesuai Passion dengan Perencanaan Karier yang diselenggarakan Luarsekolah.

Luarsekolah telah dipercaya oleh lebih dari 680 ribu penggunanya untuk membeli kelas pelatihan online. Luarsekolah menyediakan berbagai kelas bagi seseorang yang ingin belajar soft skills maupun hard skills dengan harga terjangkau. Mulai dari kategori kelas seperti bisnis, pengembangan diri, pemasaran, teknologi dan software, hingga kelas fotografi. 

Materi yang disajikan mudah dipahami karena menggunakan sistem micro-learning, serta bahan pembelajaran yang terdiri dari video, PDF, sampai podcast. Tujuannya tentu saja agar pengguna dapat lebih fokus dan tidak merasa bosan. Semua mentor dan pemateri di Luarsekolah merupakan instruktur terbaik yang telah memiliki pengalaman menahun di bidangnya.Tunggu apa lagi? Yuk cek kelas Luarsekolah sekarang juga di www.luarsekolah.com. Dapat ilmunya & dapat juga hadiahnya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply