Cara Daftar NPWP Online untuk Melamar Kerja, Praktis, dan Mudah!

cara daftar NPWP online

Membayar pajak adalah kewajiban warga negara yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan. Pembayaran pajak dapat dilakukan apabila seseorang sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Oleh karena itu, seseorang yang memiliki penghasilan atau yang sedang melamar kerja ataupun berbisnis perlu  melampirkan NPWP-nya. Lantas, bagaimana cara mendapatkan NPWP? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tahapan dan cara daftar NPWP online yang praktis dan mudah.

Apa itu NPWP Online?

NPWP online adalah Nomor Pokok Wajib Pajak yang bisa Anda dapatkan secara daring. Hal tersebut tidak lepas dari situasi pandemi Covid-19 berlangsung sejak Maret 2020 silam. Aktivitas pembelajaran, pekerjaan, hingga perkantoran yang mengurus kebutuhan administrasi dihimbau untuk dilaksanakan secara daring. Termasuk untuk keperluan daftar NPWP online, Anda bisa mendapatkannya tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Baca juga: “Mengapa Kita Harus Lapor SPT Pajak?”

Macam-macam Fungsi Memiliki NPWP Online

Selain sebagai identitas wajib pajak, NPWP memiliki berbagai macam fungsi, di antaranya adalah untuk menjaga ketertiban dan ketaatan masyarakat dalam membayar pajak. NPWP juga mempermudah pengawasan administrasi perpajakan dan mencegah terjadinya pengabaian dan pelanggaran pajak. Kapan seseorang harus memiliki NPWP? Seseorang wajib memiliki NPWP apabila memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Ketentuan tersebut kemudian mewajibkan seseorang yang melamar atau bekerja di perusahaan harus memiliki NPWP. 

Selain untuk keperluan bekerja, Kantor Pelayanan Pajak juga menyediakan layanan pembuatan NPWP usahawan, yaitu NPWP yang bisa digunakan sebagai  persyaratan pengajuan pinjaman di Bank, atau bertransaksi dengan lembaga keuangan non Bank. NPWP saat ini juga menjadi syarat wajib untuk pengajuan pinjaman modal usaha di bank dengan nominal di atas 25 juta rupiah.

Baca juga: “Kenali Jenis Pajak Bisnis Online dan Cara Membayarnya”

Cara Daftar NPWP Online

Jika Anda sudah memiliki penghasilan tetap, menjalani usaha, atau berencana untuk mengajukan pinjaman modal usaha, ada baiknya untuk segera mengurus NPWP. Saat mendaftar NPWP online, Anda harus melewati beberapa tahapan, di antaranya adalah: aktivasi, login, pengisian, data, pernyataan, dan kirim permohonan.  Berikut tahapan dan cara daftar NPWP online yang bisa Anda lakukan dengan  praktis dan mudah!

  • Pertama, siapkan dokumen penting seperti Nomor Induk KTP (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), dan email aktif.
  • Langkah aktivasi: kunjungi laman resmi Direktorat Jenderal Pajak ereg.pajak.go.id pada browser. Klik daftar, isikan email dan kode captcha.
  • Periksa email, Anda akan menerima email berisi link verifikasi. 
  • Saat membuka email,  aktivasi Ereg dengan cara klik link verifikasi. 
  • Isikan identitas pada kolom yang tersedia. Tulis sesuai dengan identitas Anda  dengan benar. Klik daftar.
  • Akan muncul notifikasi di email bahwa Anda telah selesai melakukan pendaftaran akun. Klik ‘tutup’ dan buka kembali email Anda.
  • Buka email, aktivasi akun dengan cara klik aktivasi.

Baca  juga: “Ubah Bisnis Offline Jadi Online dengan Pinjaman Online Tanpa Jaminan”

  • Proses login: isikan email, password, dan kode captcha. 
  • Tahap pengisian data: isikan data sesuai pada kolom yang tersedia. 
  • Tahap pernyataan: beri centang pada kolom yang tersedia dan klik ‘next’. Tunggu hingga muncul pemberitahuan mengikuti Tarif Umum/PP23. Beri centang pada kolom yang tersedia dan klik ‘simpan’.
  • Tahap kirim permohonan: kik minta token, isikan kode captcha, dan klik submit.
  • Kode token dikirimkan ke email, segera buka email Anda.
  • Kirim permohonan dengan cara klik ‘Kirim Permohonan’, isi kolom token, dan klik kirim.
  • Selamat! Anda resmi memiliki NPWP, nomor akan tertera, dan bukti fisiknya berupa kartu akan dikirim ke alamat rumah Anda.

Itulah cara daftar NPWP online yang praktis dan mudah. Keperluan administrasi untuk melamar pekerjaan pun turut terbantu dengan adanya NPWP. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai NPWP dan perpajakan, Anda bisa menghubungi laman resmi https://pengaduan.pajak.go.id/.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply