Ini 6 Investasi untuk Pemula yang Butuh Dana Menikah

investasi untuk pemula untuk menikah

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum melangsungkan pernikahan. Salah satu hal penting yang tidak boleh luput dalam persiapan adalah dana menikah. Tidak dapat dimungkiri kalau menikah membutuhkan dana yang besar. Itulah mengapa agar kebutuhan dana menikah terpenuhi, Anda dapat mengambil langkah untuk berinvestasi sebagai solusi. Sebelum mengenal lebih lanjut seputar investasi untuk menikah, Anda perlu tahu investasi untuk pemula yang cocok buat Anda.

Agar kegiatan investasi dapat membuahkan hasil, Anda tentu perlu proses perencanaan yang cermat dan teliti. Ingat, saat akan melakukan investasi untuk mengumpulkan dana pernikahan, terlebih dahulu Anda perlu menentukan berapa besar target dana yang ingin Anda kumpulkan sekaligus berapa lama waktu yang akan Anda habiskan untuk berinvestasi. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar Anda mampu memperoleh jenis investasi yang cocok.

Ingat, seperti yang tertera dalam artikel ini, Anda perlu persiapan berupa bekal agar proses investasi yang dilakukan dapat berjalan sesuai rencana dan target yang telah dibuat. Jadi, bagi Anda yang merupakan investor pemula dan berkeinginan untuk mengumpulkan dana menikah, simak enam rekomendasi investasi berikut ini!

1. Reksa dana

Salah satu rekomendasi investasi untuk pemula yang butuh dana menikah adalah reksa dana. Tergantung dari target menikah yang Anda tentukan, reksa dana dapat menjawab kebutuhan tersebut. Misalnya, bagi yang berencana menikah dalam waktu lima tahun, reksa dana saham dapat menjadi pilihan tepat karena cocok untuk investasi jangka panjang. Pasalnya, jika dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya, reksa dana saham memiliki fluktuasi yang cukup tinggi, tapi menawarkan potensi keuntungan cukup besar.

Namun, apabila berencana menikah dalam waktu 2-3 tahun mendatang, Anda bisa mempertimbangkan untuk investasi reksa dana pendapatan tetap atau campuran yang tingkat fluktuasinya tidak sebesar reksa dana saham, tapi potensi keuntungannya masih lebih tinggi daripada reksa dana pasar uang.

2. Deposito

Investasi untuk pemula yang juga dapat dijadikan pilihan sebagai bentuk investasi untuk dana menikah adalah deposito. Deposito sendiri menjadi pilihan cocok, terutama untuk Anda yang masih pemula, karena risiko yang ditawarkan relatif rendah. Selain itu, untuk return dari deposito sendiri terbilang cukup tinggi, terutama jika dibandingkan dengan bunga tabungan konvensional. Namun, karena merupakan tabungan berjangka, biasanya Anda tidak bisa leluasa mencairkan dana deposito dalam beberapa waktu tertentu.

3. Emas

Emas pun dapat menjadi pilihan investasi untuk pemula yang butuh dana menikah. Penting untuk Anda ketahui bahwa meskipun emas telah menjadi instrumen investasi yang dikenal oleh banyak orang dari berbagai kalangan, tapi jika ingin berinvestasi melalui emas untuk biaya pernikahan, setidaknya Anda perlu menunggu hingga llima tahun agar manfaat yang dirasakan dari investasi ini bisa maksimal.

4. Saham

investasi untuk menikah yang bisa Anda pilih berikutnya adalah saham. Sebagian besar dari Anda tentu sepertinya sudah tidak asing dengan jenis investasi satu ini. Popularitasnya yang kian tinggi membuat saham cukup dikenal di kalangan masyarakat.

Saham sendiri cocok untuk Anda yang membutuhkan biaya menikah dalam kurun waktu relatif lama, misalnya hingga lima tahun ke depan. Kabar baiknya, kini ada banyak perusahaan yang menawarkan proses pembelian saham dengan modal awal relatif minim. Hal ini dapat Anda jadikan peluang untuk memperoleh keuntungan dan menjadikan keuntungan tersebut sebagai dana pernikahan.

5. Surat berharga negara

investasi untuk menikah lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan surat berharga negara yang pada dasarnya termasuk ke dalam investasi berjangka. Surat berhagra ini biasanya dikeluarkan oleh pihak pemerintah maupun swasta. Contoh dari surat berharga negara ini di antaranya ORI, SBR, sukuk, dan seebagainya.

Jika Anda berencana untuk menjadikan instrumen satu ini sebagai biaya pernikahan, Anda perlu merogoh kocok yang cukup banyak, mengingat proses pembeliannya tidak dapat dilakukan per-bulan.

6. Jadi pemberi pinjaman di Modalku

Investasi untuk pemula yang juga cocok sebagai instrumen untuk mengumpulkan dana menikah adalah dengan menjadi pemberi pinjaman di Modalku. Dengan bekal sebagai pemberi pinjaman di Modalku, Anda tidak perlu khawatir karena investasi satu ini termasuk ke dalam jenis instrumen yang aman sekaligus menguntungkan mengingat tingkat risikonya yang terbilang cukup rendah.

Dana persiapan pernikahan yang besar ini membuat Anda perlu mempertimbangkan banyak hal, terutama tingkat keamanan dari kegiatan investasi yang dilakukan. Itulah mengapa, Anda tidak perlu khawatir karena pinjaman yang dilakukan ini sifatnya aman. Dana pinjaman di Modalku telah terproteksi atau terlindungi dengan baik, sehingga Anda akan terhindar dari risiko gagal bayar.

Selain dari tingkat keamanannya, instrumen investasi satu ini pun berpotensi untuk memberikan keuntungan dengan persentase mulai dari 8 hingga 12 persen setiap tahunnya. Sangat menguntungkan, bukan?

Menikah memang membutuhkan dana yang cukup besar. Menabung saja terkadang tidak cukup untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan. Menawarkan potensi keuntungan yang relatif lebih tinggi dari tabungan bank konvensional, investasi dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan dana menikah. Anda bisa memulainya dari keenam investasi untuk pemula di atas. Pastikan Anda mempelajari instrumen pilihan sebelum melakukan investasi. Semoga target dana menikah Anda bisa segera tercapai!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan