Harga Bitcoin Anjlok! Pertanda Kiamat Kripto?

harga bitcoin anjlok

Setelah kenaikan karena makin banyak orang peminat di awal tahun, kini pasar mata uang kripto atau cryptocurrency mengalami penurunan. Hal ini ditandai dengan turunnya harga bitcoin.yang mencapai US$ 19.000 pada Minggu (19/6 /2022). Sebagai pelopor mata uang kripto, anjloknya harga bitcoin menjadi pertanda turunnya cryptocurrency lainnya. Apakah ini pertanda berakhirnya masa kejayaan kripto? Apakah kiamat kripto akan segera terjadi?

Baca Juga: Cara Investasi yang Benar & Menguntungkan

Mengapa Pasar Cryptocurrency Anjlok?

Anjloknya pasar crytocurrency baru terjadi belakangan ini. Kapitalisasi pasar crytocurrency menyusut menjadi US$ 1,02 triliun dari US$10 yang tercatat sebelumnya. Pemicu penurunan ini adalah aksi jual besar-besaran yang dilakukan oleh para investor. Mereka khawatir dengan adanya peningkatan inflasi. Investor cenderung menghindari instrumen-instrumen berisiko, seperti cryptocurrency ini. Pasalnya, penurunan yang sama juga terjadi pada instrumen saham. 

Banyak ahli yang mengatakan bahwa harga mata uang kripto yang anjlok ini juga menunjukkan risk appetite yang menurun, sehingga mereka was-was pada aset yang berisiko. Kini, mata uang kripto dianggap sebagai instrumen yang punya volatilitas tinggi. 

Secercah Harapan

Meski sudah anjlok sedemikian ternyata masih ada harapan bahwa harga bitcoin dan koin sejenisnya akan naik kembali. Apalagi dengan adanya sentimen posiitif tentang regulasi aset digital. Sudah ada Rancangan Undang-Undang (RUU) Amerika Serikat yang akan mendukung dan melindungi para investor mata uang kripto. 

Aset kripto memang naik, tapi terbilang stagnan dan lamban, Analisis Two Prome, firma aset digital, melihat bahwa beberapa perusahaan manajemen investasi sengaja melakukan aksi beli, dengan harapan harga aset kripto akan kembali ke level resistenace-nya. 

Apa yang Harus Dilakukan? 

Jika sudah demikian, Apa yang harus dilakukan? Tentu para investor aset kripto harus terus memantau berita tentang perkembangan instrumen ini. Penurunan yang terjadi pun tidak dapat belum dapat dikatakan sebagai kiamat kripto, tapi harus disadari bahwa instrumen ini punya volatilitas tinggi. Sehingga, penurunan drastis seperti ini akan kembali terjadi di kemudian hari.

Baca juga: 5 Jenis Investasi untuk Pemula, Minim Kerugian

Karakter instrumen demikian tentu punya risiko yang tinggi juga. Jika demikian, Anda yang ingin mulai berinvestasi harus kembali pada prinsip high risk, high return. Keuntungan yang besar, juga mengandung risiko yang tak kalah besar. Jangan cuma tergoda oleh kenaikan harga koin kripto yang menggila, tapi selalu ingat juga risikonnya. Selalu ingat adanya kejadian anjloknya harga mata uang kripto seperti beberapa waktu belakangan. 

Diversifikasi Aset Anda

Anda juga perlu melakukan diversifikasi instrumen, yakni meletakkan dana Anda tidak cuma pada aset kripto. Cobalah memilih instrumen yang punya risiko lebih rendah. Dengan demikian, jika ada aset yang tidak bagus performanya, Anda dapat mengandalkan aset lainnya. Anda dapat mencoba pendanaan di Modalku. Dengan risiko yang terukur, Anda akan mendapatkan bunga yang menarik dari pinjaman yang Anda danai. Selain menguntungkan, Anda juga telah berkontribusi pada ekonomi Indonesia. Untuk coba mendanai, Anda dapat klik tombol di bawah ini: 

Danai Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Sumber: 

https://market.bisnis.com/read/20220619/94/1545295/terungkap-ini-penyebab-harga-bitcoin-anjlok-gila-gilaan

https://investor.id/market-and-corporate/293384/kenapa-harga-aset-kripto-turun-di-awal-mei-2022-ini-dia-sebabnyahellip

https://market.bisnis.com/read/20220608/94/1541236/harga-bitcoin-cs-lagi-naik-eits-jangan-senang-dulu

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan