Asuransi Jiwa Adalah: Ini Dia 5 Manfaatnya

asuransi jiwa adalah

Asuransi jiwa adalah salah satu produk asuransi yang populer di Indonesia. Sebab, produk asuransi yang satu ini menawarkan perlindungan menyeluruh, bukan hanya pada pihak peserta saja, tapi juga untuk keluarganya. Meski populer dan sudah banyak digunakan di tanah air, ternyata masih banyak yang belum memahami tentang manfaat asuransi jiwa. Padahal, mengetahui manfaat asuransi jiwa adalah hal yang penting sebagai persiapan dalam menghadapi risiko di masa depan.

Asuransi jiwa adalah

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang dirancang sebagai proteksi dalam menghadapi berbagai risiko di masa mendatang. Produk asuransi yang satu ini berupa kontrak antara perusahaan asuransi dan pemilik polis atau pihak yang membayar premi asuransi.

Polis asuransi jiwa menjamin perusahaan asuransi membayar sejumlah uang kepada penerima manfaat. Misalnya, terjadi hal yang tidak menyenangkan dan tertanggung meninggal dunia, maka pihak keluarga akan menerima ganti premi. Hal ini akan diberikan kepada keluarga pemegang polis karena sudah membayar premi selama masa hidup mereka.

Ketika mengajukan permohonan asuransi jiwa, calon pemilik polis harus secara akurat mengungkapkan kondisi kesehatan mereka di masa lalu dan di masa sekarang. Mereka juga harus mengungkapkan ada tidaknya aktivitas berisiko tinggi yang dilakukan agar kontrak asuransi dapat berjalan sebagaimana mestinya. Misalnya, kebiasaan merokok atau pekerjaan apa yang mereka lakukan sehari-hari.

Apa bedanya dari asuransi kesehatan?

Masih banyak yang menganggap bahwa asuransi jiwa adalah produk yang sama dengan asuransi kesehatan. Keduanya memang mengasuransikan seseorang terhadap kemungkinan peristiwa kehilangan nyawa atau komplikasi kesehatan yang tidak diinginkan. Namun, sebenarnya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan adalah dua hal yang sangat berbeda, terutama jika dilihat dari jenis polis asuransi yang ditawarkan.

Perbedaan utama antara asuransi kesehatan dengan asuransi jiwa adalah manfaatnya. Pada asuransi kesehatan, perusahaan asuransi kesehatan memberikan pembayaran untuk biaya pengobatan berdasarkan pembayaran premi tetap oleh tertanggung. Sedangkan, kontrak asuransi jiwa mengharuskan perusahaan asuransi membayarkan sejumlah uang sesuai premi yang telah dibayar pemilik polis kepada pihak penerima manfaat.

5 Manfaat asuransi jiwa

Asuransi jiwa dapat memberikan keyakinan finansial bahwa pihak yang ditinggalkan akan tetap memiliki stabilitas keuangan. Namun secara umum, semakin banyak asuransi jiwa yang Anda miliki, semakin banyak manfaat yang akan diberikan saat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa manfaat asuransi jiwa:

1. Menanggung biaya hidup ahli waris

Manfaat utama asuransi jiwa adalah untuk memberikan perlindungan kepada ahli waris, terutama dalam aspek finansial. Dengan begitu, ahli waris atau penerima asuransi tidak perlu repot memikirkan biaya hidup. Misalnya, biaya pendidikan untuk anak hingga mereka mencapai jenjang pendidikan tinggi atau bahkan biaya kebutuhan sehari-hari.

2. Membayar biaya kematian

Sering kali, prosedur pemulasaraan dan perawatan jenazah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Anda juga harus mengurus beberapa dokumen seperti surat kematian hingga tanah makam. Belum lagi jika penyebab meninggal adalah karena sakit atau kecelakaan lalu lintas.

Dengan adanya asuransi jiwa, maka pihak keluarga yang ditinggalkan tidak perlu memusingkan biaya untuk prosedur-prosedur tersebut. Bahkan tak jarang perusahaan asuransi juga memberikan dana khusus untuk prosedur pemulasaraan jenazah. Hanya saja, hal ini bergantung pada premi.

3. Bisa jadi tabungan pensiun

Asuransi jiwa adalah sebuah investasi untuk orang-orang terdekat Anda. Terlebih jika Anda memilih produk asuransi jiwa unit link atau dwiguna. Lewat produk asuransi tersebut, Anda dan keluarga bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu proteksi dan investasi. Jadi, asuransi jiwa pun dapat dijadikan tabungan untuk kehidupan setelah Anda pensiun bekerja nanti.

4. Ada biaya untuk penyakit kronis

Produk asuransi jiwa juga memberikan manfaat bagi pemegang polis yang memiliki penyakit kronis. Dengan catatan, di saat mengajukan asuransi, gejala penyakit kronis belum tampak.

Apabila pemegang asuransi menderita penyakit kronis atau terminal illness dengan perkiraan harapan hidup tak lebih dari 12 bulan, maka berhak untuk menerima biaya perawatan. Dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk berobat atau membayar keperluan lain terkait kesehatan.

5. Tidak ada pajak

Penting untuk Anda ketahui, manfaat yang diterima ahli waris dari asuransi jiwa adalah manfaat bebas pajak. Ini karena manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada ahli waris tidak bisa dikategorikan sebagai pendapatan.

Dengan kata lain, penerima manfaat atau ahli waris tidak diharuskan untuk melaporkan manfaat asuransi saat mereka melakukan pelaporan pajak tahunan (SPT). Ahli waris pun bisa menerima manfaat dengan maksimal.

Bisa disimpulkan bahwa asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan manfaat kepada ahli waris di saat pemegang polis meninggal dunia. Manfaat tersebut berupa sejumlah dana yang besarannya sesuai dengan kontrak antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi. Melihat banyaknya manfaat asuransi jiwa, rasanya sayang jika melewatkannya. Apakah Anda sudah menjadi pemegang polis asuransi jiwa?

Selain asuransi, Anda juga bisa mendapatkan perlindungan dari hasil bunga pendanaan di Modalku. Hasil tersebut bahkan bisa membuat Anda memperoleh passive income secara rutin. Segera mulai danai dengan klik tombol di bawah ini:

Danai Sekarang


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Reference:

https://www.allianz.co.id/explore/asuransi-jiwa-atau-asuransi-kesehatan-mana-yang-harus-didahulukan.html#:~:text=Asuransi%20kesehatan%20biasanya%20akan%20menanggung,kerugian%20finansial%20jika%20nasabah%20meninggal

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220112161448-83-745746/pengertian-dan-manfaat-asuransi-jiwa#:~:text=Selain%20untuk%20proteksi%20dari%20risiko,dalam%20mengakumulasi%20persiapan%20tabungan%20pensiun

https://katadata.co.id/redaksi/finansial/611609d483292/asuransi-jiwa-pengertian-manfaat-dan-daftar-perusahaan

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan