Investasi

Begini Pentingnya UMKM untuk Kemajuan Nasional

Sebenarnya, perusahaan selalu mempunyai peran bagi perekonomian setempat maupun nasional, baik itu usaha dengan skala kecil maupun besar. Bahkan, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia pun berkontribusi terhadap PDB hingga mencapai 60,5%. Jadi, kita tidak bisa menyepelekan UMKM meskipun skalanya masih cenderung kecil dan menengah.

Belum lagi, bisnis-bisnis tersebut juga dapat menyerap tenaga kerja di Indonesia, sehingga otomatis mampu mengurangi tingkat pengangguran sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Agar Anda semakin mempunyai gambaran seputar pentingnya UMKM bagi kemajuan negara, simak penjelasan berikut!

1. Mendukung aksesibilitas masyarakat

UMKM menyediakan akses ke barang dan jasa yang penting bagi masyarakat, khususnya di daerah yang kurang terjangkau oleh bisnis besar. Mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, pakaian, dan layanan lainnya, menjadikannya sebagai sumber utama untuk kebutuhan dasar masyarakat.

Selain itu, faktor fleksibilitas juga menjadi poin plus dari pentingnya UMKM. Pasalnya, mereka lebih cepat berubah ketika harus memperluas cakupan produk dan layanan mereka. Semuanya dilakukan demi menjawab kebutuhan komunitas setempat akan produk atau layanan tertentu. Dengan begitu, kegiatan jual beli pada UMKM ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

2. Bantu memberantas kemiskinan

Salah satu masalah yang cukup menghambat kemajuan ekonomi sebuah negara adalah tingginya angka kemiskinan dan Indonesia merupakan contoh konkretnya. Meski persentase angka kemiskinan di tanah air sudah mengalami penurunan menjadi 9,36% pada Maret 2023 dibandingkan dengan bulan September 2022 yang mencapai 9,57%, tapi tetap saja Indonesia masih perlu terus memberantas hal ini.

Dalam hal ini, UMKM memainkan peran penting untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya untuk mengurangi kemiskinan. Unit-unit usaha tersebut membuka peluang kerja yang tidak hanya membantu individu beserta keluarganya, tetapi juga memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. Ketika UMKM berkembang, tentu akan tercipta lebih banyak peluang kerja yang tersedia bagi masyarakat sekitar, yang secara langsung membantu mengurangi tingkat kemiskinan.

3. Mendorong pemerataan ekonomi

Kehadiran UMKM di berbagai daerah memungkinkan adanya pemerataan ekonomi yang lebih luas. Bagaimana bisa? Ketika bisnis kecil hingga menengah tersebar di berbagai penjuru daerah, tentunya mereka bisa membantu mengurangi tingkat kekayaan yang biasanya hanya terdapat di area-area tertentu, misalnya seperti kota besar.

Pemerataan ekonomi ini penting untuk mengurangi kesenjangan finansial dan sosial yang sering kali terjadi antara daerah perkotaan dan pedesaan. Dengan begitu, tidak terdapat jurang pemisah yang dalam pada kualitas ekonomi di perkotaan maupun perdesaan. Hal semacam ini tentunya sangat baik bagi kualitas ekonomi sebuah negara.

4. Meningkatkan ketahanan ekonomi negara

Pentingnya UMKM juga bisa meningkatkan ketahanan finansial dari sebuah negara terhadap fluktuasi ekonomi global. Dengan adanya diversifikasi ekonomi yang ditawarkan oleh UMKM, perekonomian negara tidak terlalu bergantung pada satu sektor atau pasar tertentu, sehingga mengurangi risiko saat terjadi krisis ekonomi. Ini menciptakan struktur ekonomi yang lebih seimbang dan tangguh.

5. Meningkatkan kualitas SDM nasional

UMKM juga berkontribusi secara signifikan pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nasional. Sebuah bisnis yang berkembang mampu merekrut karyawan dari sumber daya di sekitarnya. Ditambah lagi, umumnya bisnis tersebut tak hanya melakukan rekrutmen, tapi juga pelatihan demi menunjang kualitas SDM.

Melalui pelatihan bisnis, para pelaku UMKM jadi bisa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang berharga, baik untuk kepentingan bisnis maupun demi mendukung perekonomian nasional secara umum. Keterampilan ini mencakup manajemen, keuangan, pemasaran, dan inovasi, yang semuanya penting untuk kemajuan ekonomi yang berkelanjutan.

Kini, Anda sudah mengerti, bukan, bagaimana pentingnya UMKM untuk perekonomian nasional? Dengan bisnis yang tersebar luas, aksesibilitas masyarakat jadi lebih baik, kemiskinan bisa diberantas, pembangunan ekonomi bisa lebih merata, ketahanan ekonomi lebih terjamin, dan kualitas SDM dapat ditingkatkan dengan adanya pelatihan-pelatihan.

Nah, apabila Anda juga merasa bahwa pentingnya UMKM perlu sentiasa didorong untuk mencapai kesuksesan, tidak ada salahnya bergabung menjadi pemodal bisnis di Modalku. Bersama kami, Anda dapat mewujudkan mimpi sebagai investor yang menghasilkan keuntungan sekaligus berdampak bagi ekonomi negara. Yuk, kunjungi website Modalku untuk memperoleh informasi lebih lengkap!

Danai Sekarang

Recent Posts

Tips Manajemen Stok Barang untuk Bisnis UKM Offline

Manajemen stok barang yang efektif tidak hanya menguntungkan toko online, tapi juga bisnis yang beroperasi…

4 hari ago

Seluk-beluk Modal Ventura untuk Kesuksesan UKM

Bagi UKM yang sedang membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis, modal ventura layak dipertimbangkan. Yuk, kenali…

1 minggu ago

Manfaat Transparansi Keuangan dan Cara Menerapkannya

Bagaimana cara menerapkan transparansi keuangan dalam bisnis agar meningkatkan kepercayaan pegawai hingga mendukung pengambilan keputusan?

2 minggu ago

6 Cara Mengurangi Beban Pajak Usaha untuk UKM

Mengurangi beban pajak usaha efektif untuk menekan pengeluaran UKM. Begini cara yang bisa Anda lakukan…

3 minggu ago

Manfaat dan Tips Pengembangan SDM dalam UKM

Tanpa SDM berkualitas, UKM Anda akan lebih sulit bertahan di tengah persaingan pasar. Simak bagaimana…

4 minggu ago

Cara Membuat Jadwal Kerja yang Efektif untuk Karyawan Anda

Bingung soal cara membuat jadwal kerja yang tepat untuk karyawan perusahaan Anda? Tenang, Anda bisa…

4 minggu ago