Investasi

6 Manfaat Investasi untuk Pemberi Dana UMKM

Di Indonesia, UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian, dibuktikan dengan kontribusinya terhadap PDB Nasional yang mencapai 60,5%, sesuai data dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Investasi terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan langkah strategis yang bisa Anda tiru. Pasalnya, hal ini tidak hanya akan menguntungkan para pelaku UMKM, tetapi juga para investor yang menanamkan modalnya di sana. Memangnya, apa saja manfaat investasi pada sektor ini? Simak penjelasannya pada artikel berikut!

1. Menciptakan Ekosistem Persaingan Bisnis yang Sehat

Salah satu manfaat investasi pada UMKM yang akan Anda peroleh adalah menciptakan ekosistem bisnis yang lebih kompetitif dan sehat. UMKM yang mendapatkan suntikan dana dapat meningkatkan kapasitas produksi, mengembangkan mutu produk atau layanan, dan sentiasa berinovasi. Hal ini membantu mereka untuk tidak sekadar bertahan, tetapi juga tumbuh dan bersaing di pasar yang dinamis.

Investasi ini tidak hanya menguntungkan UMKM, konsumen juga jadi bisa mendapatkan akses ke produk dan layanan yang lebih beragam dan inovatif. Ketika sebuah bisnis punya dana yang cukup untuk terus berkembang, artinya konsumen bisa memiliki pilihan yang lebih luas lagi dari sebelumnya. Hal ini tentu akan meningkatkan nilai kepuasan pelanggan dan pada akhirnya itu akan memberi dampak pada perkembangan bisnis.

2. Mendukung Perkembangan Ekonomi Nasional

Investasi pada UMKM juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional. Bagaimana tidak? UMKM adalah pendorong utama dalam penciptaan lapangan kerja, mengurangi tingkat pengangguran, dan meningkatkan pendapatan per kapita. Dengan mendukung UMKM, pemberi dana berperan langsung dalam proses mendorong roda perekonomian, yang pada akhirnya menguntungkan semua lapisan masyarakat.

3. Potensi Mendapatkan Keuntungan Lebih

Aspek finansial dari investasi UMKM tidak boleh diabaikan. UMKM yang sukses tentunya menawarkan potensi keuntungan yang lebih menggiurkan lagi bagi para investor. Terlebih lagi, bisnis seringkali harus fleksibel dan cepat beradaptasi, sehingga manfaat investasi yang diberikan kemungkinan akan lebih tinggi daripada ketika Anda berinvestasi pada perusahaan besar yang kaku.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat Kecil

Selain mementingkan aspek keuntungan, nyatanya manfaat investasi itu juga bisa dirasakan hingga ke lapisan masyarakat terkecil. Contohnya, dengan memberikan akses ke sumber daya finansial, pemberi dana membantu pemilik UMKM untuk mengembangkan usahanya. Pengembangan usaha semacam ini tentunya dapat meningkatkan standar hidup karyawan.

Di sisi lain, bisnis yang berkembang pastinya perlu lebih banyak Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menjalankan operasional usahanya. Itu tentunya membuat UMKM merekrut lebih banyak orang lagi. Maka, tidak heran bila bisnis pada akhirnya menarik lebih banyak lagi tenaga kerja dan hal ini berkontribusi pada pengurangan angka kemiskinan sekaligus meningkatkan kesejahteraan sosial.

5. Mendorong Inovasi Kreatif

UMKM sering kali menjadi pelopor dalam hal inovasi dan kreativitas. Dengan sumber daya yang lebih memadai, pemilik UMKM dapat bereksperimen dengan ide-ide baru hingga menciptakan produk atau layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Itu artinya, manfaat investasi pada UMKM dapat mendorong keberagaman dan kreativitas di bidang perekonomian.

Supaya Anda punya gambaran lebih jelas, bayangkan bisnis kuliner yang harus memperbarui atau menambahkan kreasi menu setiap beberapa periode sekali. Ketika bisnis tersebut punya cukup dana dan SDM, tentunya kebutuhan inovasi tersebut bisa tercapai. Bahkan, UMKM tersebut juga bisa menerapkan kemajuan teknologi untuk operasional bisnisnya.

6. Bantu Diversifikasi Portofolio

Investasi pada UMKM juga merupakan strategi cerdas untuk diversifikasi portofolio Anda. Dengan menanamkan modal pada sektor yang berbeda, investor dapat mengurangi risiko dan menyeimbangkan portofolionya. Ini membantu Anda mengatasi fluktuasi pasar saham sekaligus memastikan stabilitas finansial jangka panjang.

Kini Anda sudah tahu apa saja manfaat investasi pada UMKM di Indonesia, bukan? Tak hanya memberikan keuntungan lebih dengan keberagaman portofolio, hal ini juga bisa memajukan perekonomian negara karena UMKM berkontribusi pada 60,5% GDP nasional. Tapi, di mana platform yang memungkinkan Anda berinvestasi untuk bisnis?

Modalku bisa menjadi pilihan andalan ketika Anda ingin menjadi investor UMKM Indonesia. Platform ini juga diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya tak perlu diragukan lagi. Anda pun bisa memilih tenor investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Mari simak ketentuannya lebih lanjut di website Modalku!

Danai Sekarang

Recent Posts

Mengunggah dan Membagikan Dokumen Dengan Aman

Di dunia digital saat ini, berbagi dokumen secara online telah membuat komunikasi menjadi lebih mudah…

2 hari ago

Tips Manajemen Stok Barang untuk Bisnis UKM Offline

Manajemen stok barang yang efektif tidak hanya menguntungkan toko online, tapi juga bisnis yang beroperasi…

6 hari ago

Seluk-beluk Modal Ventura untuk Kesuksesan UKM

Bagi UKM yang sedang membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis, modal ventura layak dipertimbangkan. Yuk, kenali…

2 minggu ago

Manfaat Transparansi Keuangan dan Cara Menerapkannya

Bagaimana cara menerapkan transparansi keuangan dalam bisnis agar meningkatkan kepercayaan pegawai hingga mendukung pengambilan keputusan?

2 minggu ago

6 Cara Mengurangi Beban Pajak Usaha untuk UKM

Mengurangi beban pajak usaha efektif untuk menekan pengeluaran UKM. Begini cara yang bisa Anda lakukan…

3 minggu ago

Manfaat dan Tips Pengembangan SDM dalam UKM

Tanpa SDM berkualitas, UKM Anda akan lebih sulit bertahan di tengah persaingan pasar. Simak bagaimana…

4 minggu ago