Mengenal Startup Pendidikan, Apa Saja?

Seiring berkembangnya teknologi informasi, terutama di ranah digital di Era Revolusi Industri 4.0, dunia pendidikan mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah kemunculan perusahaan startup dalam bidang pendidikan.

Di Indonesia, startup pendidikan berkembang cukup pesat dan menjadi salah satu media bagi para guru dan siswa untuk saling berinteraksi dan mendapatkan bertukar materi. Berikut beberapa startup pendidikan di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Ruang Guru

Dalam hal perusahaan startup pendidikan terkemuka di Indonesia, nama Ruang Guru masih mendominasi dan banyak dikenal masyarakat luas. Sebagai sebuah marketplace, Ruang Guru setidaknya menghubungkan para guru privat dengan para pelajar. Uniknya, baik guru privat maupun pelajar ini bisa mengaksesnya di seluruh Indonesia dengan mudah.

Lalu, Ruang Guru menawarkan kemudahan lain kepada para siswa. Salah satunya adalah mereka dapat memilih pelajaran yang makin beragam. Selain pelajaran umum, siswa pun bisa memilih pelajaran khusus. Misalnya saja dalam ilmu komputer hingga olahraga. Para pengguna juga bisa memilih paket bimbingan ujian hingga teori musik.

Haruka Edu

Berikutnya adalah HarukaEdu. HarukaEdu sebenarnya telah terlebih dahulu menjadi bagian platform di bidang pendidikan yang digunakan oleh lembaga-lembaga pendidikan. Tercatat ada beberapa instansi pendidikan yang bekerjasama dengan startup pendidikan ini. Di antaranya adalah Universitas Wiraswasta Indonesia, London School of Public Relation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Institut Teknologi Harapan Bangsa, hingga ESQ Business School.

Tidak hanya menjadi startup pendidikan yang bergengsi saja, HarukaEdu juga mendapatkan pendanaan 2,2 juta US$ atau setara dengan Rp 29 miliar dari Pearson Affordable Learning Fund (PALF) dan Samator Education. Selain itu, HarukaEdu juga menjadi satu yang terpilih dalam program yang diluncurkan oleh Google Launchpad.

Lihat juga: “4 Tips Menghadapi Inflasi Biaya Pendidikan”

Squline

Bagi yang ingin fokus dalam mempelajari bahasa asing, Anda bisa dengan mengakses Squline di www.squline.com. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mendaftar saja dan ikuti tes penempatan kelas yang diselenggarakan. Setelah itu, peserta nantinya bisa ditempatkan dalam kelas virtual.

Kelas virtual ini biasanya disebut dengan Virtual Live Classroom yang tentunya bisa diakses lewat video conference. Bagi yang ingin mencobanya terlebih dahulu, tak perlu khawatir, Squline memiliki kelas gratis untuk uji coba. Beberapa kelas yang dibuka di Squline di antaranya adalah Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Jepang.

IndonesiaX

Konsep dari IndonesiaX sebenarnya sama dengan Ruang Guru. Yakni, para siswa dapat mengakses berbagai macam bidang pelajaran dengan mentor atau guru-guru terbaik. Bedanya, materi kursus di IndonesiaX diperuntukkan untuk orang dewasa dan profesional, bukan untuk siswa. Para mentor di platform ini berasal dari institusi pendidikan terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan IndonesiaX memiliki kerjasama dengan institusi tersebut.

Bahkan, perusahaan startup pendidikan ini menggandeng Harvard University dengan platform serupa. Menariknya, semua kursus di sini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Tujuannya adalah untuk memudahkan dan berusaha meningkatkan masyarakat terhadap akses pendidikan yang merata dan terbaik.

Lihat juga: “Tak Cuma untuk Main, Internet Juga Bisa Jadi Sarana Belajar Online”

Bahaso

Sama halnya seperti Squline, Bahaso lebih berfokus pada layanan belajar bahasa asing kepada masyarakat secara online. Lewat startup pendidikan ini, masyarakat pun dapat mengakses ragam pelajaran bahasa asing yang ingin dipelajari. Misalnya saja untuk pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.

Kedepannya, Bahaso pun ingin menambah beberapa bahasa asing lainnya seperti bahasa Jepang, bahasa Portugis, bahasa Korea, hingga bahasa Perancis. Kini, Bahaso memiliki ratusan ribu pengguna. Startup ini juga telah bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

MejaKita

MejaKita adalah startup bidang pendidikan yang didirikan oleh sepuluh anak SMA. Mereka ini memiliki minat dan antusias yang tinggi dalam hal memajukan pendidikan di Indonesia. Sebenarnya, ide pembentukannya muncul secara tidak sengaja saat mereka berkumpul. Itulah mengapa MejaKita memiliki taglineDari Siswa untuk Siswa’.

Beberapa layanan yang coba ditawarkan oleh MejaKita antata lain adalah belajar dan diskusi bersama, mendiskusikan PR, hingga belajar online. Nantinya, PR yang diajukan dibahas kontributor, seperti misalnya PR fisika, matematika, hingga biologi. Namun, saat ini MejaKita masih berfokus pada materi pelajaran SMP saja.

Kelase

Perusahaan startup dalam bidang pendidikan selanjutnya adalah Kelase. Anda bisa mengunjunginya di www.kelase.com. Ada banyak fitur yang ditawarkan pada startup pendidikan ini. Salah satunya adanya kemudahan dalam hal pembuatan kelas, khususnya bagi para pendidik untuk menyesuaikan jadwal mereka. Adanya kelas online tersebut para siswa pun bisa membuat jejaring sosialnya sendiri untuk berkomunikasi.

Komunikasi yang ada di Kelase dalam jaringan sosial tersebut memang hanya berfokus pada masalah pendidikan dan akademis saja. Begitu juga nantinya, para pendidik bisa dengan mudah untuk menentukan agenda akademik dalam fitur kalender yang sudah dtentukan. Dengan demikian bisa memantaunya dengan mudah.


Kemunculan banyak startup pendidikan di Indonesia diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dari 7 startup pendidikan di atas, manakah yang kira-kira paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply