Inilah 3 Cara Menjadi Pahlawan Masa Kini

Saat disebut kata pahlawan, apa yang terlintas di benak Anda? Orang yang rela berkorban? Orang yang berjuang untuk orang lain? Orang yang gagah berani? Orang yang selalu membantu? Semuanya benar. Intinya seorang pahlawan itu punya semangat untuk membantu kesulitan orang lain. Tak hanya berjuang, ia juga rela berkorban untuk orang lainnya. Pada hari pahlawan ini, kita memperingati jasa pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Para pahlawan rela mengorbankan nyawa agar kita semua bisa hidup dalam nafas kemerdekaan. Alangkah baiknya jika, semangat Hari Pahlawan 10 November terus menyala. Kita bisa memaknai hari pahlawan dengan menjadi pahlawan masa kini. Ada banyak cara untuk menjadi pahlawan masa kini. Apa saja caranya?

Menyelamatkan Lingkungan

Pahlawan masa kini memang tak mengangkat senjata, tapi semangatnya dapat memberikan dampak positif. Tidak hanya bagi orang lain, tapi lebih luas lagi yakni bagi lingkungan alam, hingga bangsa dan negara. Ada 3 kriteria pahlawan masa kini, yakni punya The Giving Mindset, Best Creation, dan Impactful. Ketiga hal ini bisa diterapkan dalam berbagai bidang. Misalnya, dalam penyelamatan lingkungan.

Selama ini, alam telah memberikan kehidupan bagi kita semua. Mulai dari oksigen, air, cuaca hangat dan stabil, hingga keindahan alam. Namun, dengan terjadinya perubahan iklim, semuanya sulit didapatkan. Cuaca jadi tidak menentu, terjadi bencana alam, hingga kerusakan lingkungan yang akut. Tentu semua peristiwa tersebut tidak lepas dari ulah manusia. Meski demikian, masih belum terlambat. Kita masih bisa memperbaiki kerusakan lingkungan dan ikut mengurangi perubahan iklim.

Mengurangi sampah plastik, mendaur ulang sampah, hingga menanam pohon merupakan beberapa upaya heroik yang dapat mengurangi dampak perubahan iklim. Ini adalah cara untuk memberi yang terbaik untuk alam dan lingkungan (The Giving Mindset and Best Creation). Nah, jika upaya penyelamatan lingkungan ini berhasil maka dampak positif akan didapatkan oleh banyak orang. Kerusakan lingkungan bisa diperbaiki, sehingga kita semua bisa hidup jauh dari bencana.

Tidak hanya itu, ada juga cara lain untuk menyelamatkan lingkungan. Yakni dengan membeli Sukuk Tabungan ST006. Mengapa? Berbeda dengan instrumen Sukuk Tabungan sebelumnya, ST006 merupakan Green Sukuk Ritel atau instrumen investasi hijau. Sukuk Tabungan ini menjadi yang pertama ditawarkan di Indonesia.

Ingin tahu apa itu Sukuk dan instrumen lain, klik artikel ini: “Reksadana, Sukuk, atau Deposito, Pilih yang Mana?”

Dengan membeli ST006, Anda tidak hanya mengurangi perubahan iklim, tapi juga ikut mewujudkan pembangunan negara melalui berbagai green project. Seluruh dana hasil penjualan Green Sukuk Ritel ini digunakan untuk mendanai Eligible Green Project milik pemerintah. Tentu membantu membiayai green project, Anda sudah menjadi pahlawan masa kini, karena telah memberikan dampak (impactful) bagi banyak orang.

Membantu UMKM

Membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga merupakan tindakan heroik. Anda telah ikut memperkuat ekonomi negara. Lantas bagaimana cara konkretnya? Mudah. Dengan memberi pinjaman pada UMKM potensial melalui Modalku, Anda turut mengembangkan bisnis UMKM tersebut. Menjadi pemberi pinjaman di Modalku bukan sekedar alternatif investasi, tapi juga membantu memperkuat bisnis-bisnis UMKM di Indonesia. Tidak berlebihan jika pemberi pinjaman juga pahlawan bagi UMKM.

Hal ini diamini oleh salah satu pemberi pinjaman di Modalku, Aga Sebastian. Menurutnya, pahlawan itu adalah orang yang membantu kesulitan orang lain. UMKM punya potensi, mereka punya pelanggan dan punya bisnis. Namun, mereka sulit berkembang karena keterbatasan modal. Pada titik inilah, pemberi pinjaman bisa ikut turun tangan mendanai UMKM-UMKM tersebut. Alternatif Investasi itu bukan cuman sekedar terkait dapet untung, tapi disitu juga lu ngebantu bisnis-bisnis yang ada di baliknya, untuk bisa jalan dan berkembang lebih lebih lagi,” imbuhnya.  

Hanya dengan Rp 100 ribu, Anda sudah bisa menjadi pemberi pinjaman di Modalku. Sebuah langkah kecil untuk memajukan ekonomi Indonesia. Langkah kecil yang akan menjadi besar seiring dengan membesarnya skala bisnis UMKM. Mulai danai UMKM sekarang juga!

Mendanai pinjaman UMKM sudah termasuk wujud The Giving Mindset dan Impactful. Selalu memberi pertolongan bagi yang membutuhkan merupakan bagian dari kepahlawanan yang sangat penting. Impact yang diberikan juga sangat besar. Dengan memberi pinjaman pada UMKM, Anda sudah berkontribusi dalam memperkuat ekonomi nasional.  

“Menjadi” UMKM

Selain membantu UMKM, Anda juga bisa “menjadi” UMKM. Tahukah Anda? Bahwa UMKM adalah pahlawan ekonomi. Saat terjadi krisis ekonomi dan resesi, UMKM tetap kuat bertahan. Krisis 1998 adalah bukti nyata kekuatan UMKM. Saat sektor lain lesu, UMKM terus tumbuh dan berkembang. Karakter UMKM inilah yang dibutuhkan untuk menghadapi resesi global dan ketidakpastian ekonomi yang tengah terjadi saat ini. Karena skalanya yang kecil, jangkauan dan barangnya lokal, dampak resesi menjadi sangat minim.

Lihat juga: “Mengapa UMKM Layak Disebut Pahlawan?” dan “Menyusun Rencana Bisnis: Langkah Perdana Membangun Sebuah UMKM”

“Menjadi” UMKM sama artinya berwirausaha. Dengan “menjadi” UMKM, Anda juga turut menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Hal ini bisa dibuktikan dengan kontribusi UMKM pada Produk Domestik Bruto (PDB) yang mencapai 60%.

Sebagai pelaku UMKM, tentu Anda tidak bisa menjalankan bisnis sendirian bukan? Maka Anda perlu merekrut karyawan. Pada titik ini Anda sudah membantu mengurangi jumlah pengangguran. Secara nasional, UMKM berhasil menyerap 97% pekerja Indonesia. Tidak berlebihan bukan, jika kita menyebut UMKM sebagai pahlawan masa kini.

Dengan “menjadi” UMKM, Anda sudah menerapkan The Giving Mindset, Best Creation, dan Impactful. The giving mindset dan best creation diwujudkan dalam memberikan layanan terbaik pada konsumen. Memberi kesempatan kerja untuk karyawan juga termasuk di dalamnya. Secara langsung, bisnis Anda juga telah berdampak positif (impactful) pada PDB nasional. Jadi, selamat Anda telah menjadi pahlawan masa kini!


Pada Hari Pahlawan 10 November ini, kita tidak perlu bingung memaknai hari. Menjadi pahlawan masa kini adalah salah satunya. Menyelamatkan lingkungan, membantu UMKM, dan “menjadi” UMKM. Selama seseorang bisa membantu kesulitan orang lain, maka Anda adalah pahlawan.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply