5 Tips Agar Anggaran Belanja Harbolnas Tidak Bocor

Harbolnas atau yang sering disebut Hari Belanja Online Nasional merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Barang dengan promo-promo besar menjadi incaran banyak konsumen. Berbagai e-commerce yang berlomba-lomba menawarkan promo besar-besaran untuk menarik pembeli. Banyak pembeli yang menjadikan harbolnas untuk berburu barang-barang impian mereka dengan harga yang murah.

Karena banyaknya promo harbolnas yang bertebaran, tidak sedikit pula yang tanpa sadar membeli barang melebihi bujet belanja yang sudah dibuat. Selain itu, ada pula konsumen yang membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan tapi karena tergiur dengan promo besar ditawarkan. Hal ini tentunya akan menganggu keuangan.

Meskipun harbolnas merupakan hari dimana anda bisa membeli barang impian dengan promo dan harga yang murah tetapijangan sampai Anda mengeluarkan uang melebihi bujet ketika harbolnas. Anda harus tetap memperhatikan anggaran pengeluaran belanja agar bujet tetap aman. Di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga anggaran agar tak bocor saat Harbolnas.

Pastikan Barang yang Benar-Benar Anda Butuhkan

Anda  harus memastikan bahwa barang yang ingin anda beli merupakan barang yang benar-benar dibutuhkan. Terkadang ketika sedang ada banyak promo, banyak orang terbuai dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan hanya karena promo besar.  Memastikan barang yang akan dibeli juga membantu kita untuk mengatur bujet yang dikeluarkan.

Jangan sampai Anda menyesal karena mengeluarkan bujet yang terlalu besar untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Oleh karena itulah, penting untuk membuat daftar barang yang akan dibeli. Hal ini untuk menghindari apabila kita ingin membeli barang diluar daftar belanja yang sudah dibuat.

Sediakan Rekening Khusus

Ada baiknya untuk membuat rekening khusus untuk berbelanja di Harbolnas. Hal ini supaya uang yang dialokasikan untuk berbelanja tidak tercampur dengan uang pribadi. Akan lebih baik lagi jika anda menabung terlebih dahulu sebelum berbelanja di Harbolnas. Jangan sampai Anda tidak memiliki tabungan khusus untuk berbelanja.

Jika Anda tidak memiliki rekening tabungan khusus untuk berbelanja dan menggunakan uang pribadi untuk berbelanja maka hal ini bisa membuat anggaran keuangan anda menjadi tidak tertata dengan baik. Hal ini bisa menganggu anggaran pribadi.

Jangan Gunakan Kartu Kredit

Sebisa mungkin jangan menggunakan kartu kredit untuk belanja online saat Harbolnas. Kita cenderung akan berbelanja sepuasnya tanpa melihat jumlah bujet yang sudah dihabiskan dan baru menyesali ketika selesai berbelanja. Pastikan menggunakan tabungan yang memang sudah dibuat khusus untuk belanja online.

Kalau anda memang terpaksa menggunakan kartu kredit, pastikan anda mengecek terlebih dahulu total jumlah yang perlu Anda bayar sebelum proses pembayaran. Jangan sampai Anda tidak mengeceknya terlebih dahulu dan menyesali ketika membayar tagihan kartu kredit.

Teliti Pada Promo, Baca Syarat dan Ketentuan dengan Seksama

Jangan asal membeli barang hanya karena tergiur dengan promo yang besar. Pastikan membaca promo dengan seksama. Terkadang karena tergiur promo besar, kita cenderung kurang teliti membaca promo dan langsung membeli barangnya. Padahal tidak  sedikit promo yang memiliki ketentuan yang terkadang tidak sesuai dengan prioritas kita.

Membaca syarat dan ketentuan promo dengan teliti akan membantu kita untuk memilah promo yang benar-benar memberi keuntungan untuk kita. Selain itu kita juga lebih bisa mengetahui detail lainnya dari barang yang akan kita beli.

Disiplin pada Bujet

Hal ini sangat penting untuk dilakukan baik di harbolnas maupun di hari biasa. Pengeluaran untuk berbelanja harus dipertimbangkan dan diatur sebaik mungkin. Penting untuk membuat catatan batas bujet yang dikeluarkan untuk berbelanja. Jangan sampai kita berbelanja melebihi bujet yang sudah ditentukan. Hal ini untuk membantu disiplin dalam mengeluarkan bujet.

Mengatur bujet anggaran memiliki banyak manfaat untuk Anda. Dengan mengikuti bujet anggaran yang sudah dibuat maka bisa membantu saat terjadi keadaan darurat yang tiba-tiba terjadi. Selain itu bisa membantu anda terhindar dari pemborosan yang bisa saja anda lakukan tanpa adanya bujet anggaran.

Nah, itulah beberapa tips dalam menghadapi Harbolnas agar anggaran tidak bocor. Selamat berbelanja!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply